Banyak Dengarkan Musik, Membuat Kesehatan lebih Baik

Scroll down to content

Banyak orang yang menyebutkan bahwa musik adalah bahasa universal. Musik tidak hanya hasil dari karya seni yang bisa menghibur, tetapi baik juga untuk kesehatan jiwa dan raga kita. Musik bisa dijadikan sebagai terapi untuk penyembuhan, meningkatkan konsentrasi, menenangkan, dan bahkan membangkitkan mood kita.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mendengarkan musik, yaitu:

  1. Menghilangkan Stres & Rasa Sakit

Dengan rutin mendengarkan musik pada sore hari atau saat berangkat kerja, membuat kondisi psikologis kita menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres. Selain itu, mendengarkan musik juga dapat mengurangi rasa sakit melalui pelepasan endorphin (hormon penghilang rasa sakit). Dengarkan lagu kesukaan kita, akan membuat perhatia teralihkan sehingga kita bisa melupakan rasa sakit yang dirasakan.

  1. Meningkatkan Sistem Imun & Stamina Tubuh

Para peneliti mengatakan bahwa setiap jenis musik tertentu bisa meningkatkan emosi positif kita yang bisa menstimulasi agar hormon-hormon peningkat imunitas tubuh terproduksi. Hal ini tentunya bisa mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit. Selain itu, karena musik bisa memengaruhi mood kita, maka musik bisa kita gunakan untuk menemani saat berolahraga. Pilihlah jenis musik dengan tempo yang agak cepat dan bersemangat, maka tubuh kita akan otomatis akan bergerak sesuai dengan tempo musik sehingga bisa jadi semakin banyak kalori yang terbakar.

  1. Memperkuat Daya Ingat

Berdasarkan penelitian yang banyak dilakukan, salah satunya pernah dilakukan di Hong Kong, musik bisa meningkatkan kemampuan otak kita, daya ingat bisa semakin tajam. Orang yang terkait dengan musik, misalnya bermain musik, mendengarkan musik, atau anak yang mengikuti kursus bermain musik, mereka akan memiliki otak yang lebih awet dan mudah mengingat, dibandingkan dengan mereka yang tidak menyentuh atau jarang sekali berhubungan dengan musik.

  1. Mengurangi Tekanan Darah

Dengarkanlah rekaman musik yang lembut secara rutin setiap pagi dan malam, maka orang-orang dengan tekanan darah yang agak tinggi bisa lebih mengontrol dirinya untuk menurunkan tekanan darahnya. Menurut penelitian dalam acara pertemuan American Society of Hypertension di New Orleans, mendengarkan musik klasik selama 30 menit setiap harinya, bisa mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Kebanyakan orang akan berpikir musik tidak akan ada hubungannya dengan kesehatan jantung manusia, namun penelitian dari University Maryland Medical Center menyebutkan kaitan antara jantung sehat dengan mendengarkan musik. Penelitinya mengungkap bahwa orang-orang yang mendengarkan musik dengan beat cepat dan ceria, akan memiliki aliran darah yang lebih lancar 26%. Sedangkan mereka yang mendengarkan musik yang sedih, aliran darahnya akan menurun hingga 6%.

  1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Saat kita ingin beristirahat, dengarkanlah musik dengan dengan ritme slow yang lembut, dengan begitu kita akan lebih tenang dan rileks, dan tanpa sadar tidur kita bisa jadi lebih nyenyak, pastinya lebih berkualitas juga.

Itulah 6 manfaat yang bisa kita peroleh dengan mendengarkan musik. Meskipun musik akan sangat memengaruhi mood kita, tetapi sebaiknya jangan dengarkan musik favorit dengan volume yang kencang. Karena bisa saja kita malah terkena gangguan pendengaran. Jadi, dengarkanlah musik dengan volume sewajarnya dan nggak ada salahnya kita mendengarkannya setiap hari, karena musik memang sangat banyak manfaat bagi kesehatan kita. Jaga selalu kesehatan kita!

%d blogger menyukai ini: