Wajib Lakukan 5 Gaya Hidup Sehat ini secara Rutin

Scroll down to content

Harta yang paling berharga setelah keluarga adalah kesehatan. Kesehatan diri Anda sendiri, kesehatan pasangan Anda, kesehatan keluarga, kesehatan teman-teman, dan kesehatan seluruh umat manusia yang ada di muka bumi ini. Bayangkan saja jika setengah dari manusia di dunia sudah terjangkit penyakit berbahaya, risiko Anda untuk tertular pun bakalan semakin besar.

Oleh karena itu, Anda harus menjaga kesehatan Anda, dimulai dengan melakukan gaya hidup sehat tentunya. Anda akan berpikir, melakukan gaya hidup sehat itu tidak gampang, harus berkomitmen dan konsisten melakukannya, bahkan bisa jadi Anda harus mengeluarkan duit lebih untuk ikut ini dan itu.

Namun, jangan menyerah dulu sebelum Anda mencobanya. Gaya hidup sehat itu banyak jenisnya, dan kali ini kami akan membagikan 5 gaya hidup sehat yang wajib Anda lakukan setiap hari tanpa harus merogoh kocek. Anda hanya perlu berkomitmen dan konsisten melakukannya, karena gaya hidup ini amat sangat mudah dilakukan rutin kapan pun dan di mana pun Anda berada. Yuk, disimak ke-5 gaya hidup sehat yang wajib Anda lakukan setiap hari:

  1. Banyak Konsumsi Air Putih

Memperbanyak konsumsi air putih dalam sehari itu sangatlah mudah dilakukan.  Namun sayangnya, sebagian orang terkadang lupa untuk minum air putih, apalagi kalau sudah sangat sibuk melakukan pekerjaan atau aktivitasnya. Tidak cukupnya  mengonsumsi air putih bisa menyebabkan kita kekurangan cairan di dalam tubuh. Kekurangan cairan di tubuh akan menyebabkan timbulnya penyakit-penyakit yang bisa mengganggu aktivitas kita. Nah, sebaiknya Anda rutin mengonsumsi air putih, setidaknya 8 gelas dalam sehari. Jangan sampai kurang, ya! Sedikit tips, sediakan botol air minum setidaknya 1,5 liter yang berisi air putih dan letakkan di hadapan Anda di meja kantor. Dijamin Anda akan selalu ingat untuk minum air putih. Jika Anda sering bepergian, bawalah botol air minum setidaknya 500 ml di dalan tas Anda.

  1. Tidurlah Setidaknya 8 Jam Sehari

Kurang dari 8 jam istirahat kita di malam hari akan membuat kita bisa cepat lelah pada keesokan harinya. Cara ini tentunya sangat mudah untuk dilakukan, karena siapa sih yang tidak suka dengan tidur? Anda hanya perlu menghindari tidur larut malam, karena tubuh kita harus diistirahatkan juga setelah melakukan berbagai aktivitas seharian. Ternyata tidur tidak sesederhana yang kita pikirkan, menurut penelitian Harvard Health Publication, jika manusia kekurangan waktu untuk tidur memiliki korelasi langsung terhadap risiko terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung. Namun, kelebihan tidur juga tidak bagus karena bisa menurunkan tingkat konsenstrasi Anda. Jadi, setidaknya Anda butuh tidur sekitar 8 jam dalam sehari.

  1. Rutin Menggosok Gigi

Biasanya anak-anak yang dianjurkan untuk rutin menggosok giginya, tetapi orang dewasa juga perlu rajin melakukan kegiatan ini. Kalau Anda tidak ingin sering-sering berkunjung ke dokter gigi, makanya rajinlah menyikat gigi. Sikatlah gigi Anda minimal 3 kali sehari, setelah dan sebelum tidur, serta setelah makan. Anda bisa mengutamakan setelah makan siang tentunya, karena sehabis ini pasti Anda akan melanjutkan aktivitas Anda di kantor atau di mana pun itu, yang mana Anda akan berinteraksi dengan orang lain. Sisa-sisa makanan yang terselip di gigi itu bisa menimbulkan bau mulut yang tidak sedap, lho. Satu tips juga nih, setidaknya 6 bulan sekali Anda harus mengunjungi dokter gigi untuk memeriksakan gigi Anda. Jadi, jagalah selalu kesehatan mulut Anda juga, ya!

  1. Olahraga Teratur

Mungkin olahraga adalah salah satu kegiatan dari gaya hidup sehat yang agak sulit untuk dilakukan rutin secara konsisten. Kebanyakan oran sudah tidak punya waktu untuk melakukan kegiatan ini. Padahal dengan olahraga teratur memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh kita. Bahkan, ada penelitian yang menyebutkan bahwa berolahraga setiap hari bisa meningkatkan rentang hidup, menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi, dan bisa menurunkan berat badan. Olahraga tidak selalu harus dilakukan di pusat kebugaran, karena Anda bisa jogging di taman-taman, banyak berjalan kaki, atau memilih menggunakan tangga dibanding lift. Kegiatan-kegiatan olahraga ini bisa dilakukan tanpa mengeluarkan uang lagi. Olahragalah minimal 2 kali dalam seminggu, maka tubuh kita akan semakin sehat dan bugar.

  1. Perbanyak Makan Buah & Sayuran

Semakin bertambahnya usia manusia, maka semakin tua juga usia tubuhnya. Semakin tua, semakin rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, di usia sedini mungkin, Anda harus memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Jangan terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, hindari makanan yang digoreng, kurangi makanan yang mengandung banyak gula, dan jauhkan diri dari fast food. Namun, Anda wajib banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Karena dua jenis makanan ini sangat penting untuk kesehatan kita. Para ahli menyarankan bahwa setidaknya kita mengonsumsi 5-9 porsi buah-buahan atau sayur-sayuran setiap harinya. Sayangnya, kebanyakan orang kurang senang mengonsumsi sayuran, tetapi tidak perlu khawatir. Anda bisa memperbanyak porsi buah-buahan dibanding porsi sayurannya.

Selain dari 5 gaya hidup sehat  yang sudah dijelaskan, kami berikan bonus satu tips hidup sehat yang bisa Anda lakukan, paling tidak seminggu sekali. Memberikan donasi kepada orang-orang yang membutuhkan pastinya bisa membuat kita jadi lebih sehat. Mengapa? Karena dengan meonolong orang lain, pikiran dan emosi kita akan lebih baik. Kita akan merasa bahagia dan terhindar dari stres setelah melakukan banyak aktivitas. Meskipun donasi  membuat Anda harus merogoh kantong, tetapi berdonasi online melalui website dan/atau aplikasi pedulisehat.id sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan, Anda sudah bisa berdonasi mulai dari Rp10.000,- saja. Tidak hanya berdonasi, Anda juga bisa menolong mereka dengan membagikan kampanye yang ada di website dan/atau aplikasi pedulisehat.id melalui media sosial.

Lakukanlah cara-cara gaya hidup sehat ini, maka Anda akan sehat dan bugar secara jasmani juga rohani. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!

%d blogger menyukai ini: