Kenapa harus Berlibur di Akhir Tahun?

Scroll down to content

Menuju berakhirnya tahun 2018 ini, pasti sebagian dari Anda sudah berpikir mau melakukan apa untuk mengisi liburan di akhir tahun. Lalu, ada juga yang sudah mulai tidak fokus bekerja, bersekolah, atau beraktivitas apapun itu.

Namun, takjarang juga ada yang berpikir, buat apa berlibur di akhir tahun. Orang-orang seperti ini memandang akhir tahun dan memasuki tahun yang baru itu biasa-biasa saja. Mereka cenderung melalui akhir tahun tanpa membuat rencana apapun. Bahkan, bisa jadi mereka melewati akhir tahun dan memasuki hari pertama di tahun yang baru seperti menjalani hari-hari pada umumnya.

Di artikel ini, kami akan menjelaskan kepada Anda, mengapa liburan akhir tahun itu penting untuk dilakukan, khususnya bagi kesehatan kita.

  • Akhir Tahun Biasanya Banyak Promo & Diskon Menarik

Siapa bilang hari-hari menuju akhir tahun harga tiket pesawat dan hotel menjulang tinggi? Karena sebenarnya, banyak maskapai dan e-retail menyelenggarakan promo dan diskon menarik untuk merayakan akhir tahun. Coba saja Anda cek di website atau aplikasi mereka, Anda bisa saja terkejut dengan penawaran yang mereka berikan untuk pelanggan setianya.

  • Cuti Bersama & Liburan Panjang di Sekolah

Pengalaman liburan atau jalan-jalan Anda bisa lebih maksimal karena di akhir tahun biasanya ada cuti bersama dari pemerintah, ditambah lagi Anda sendiri bisa mengambil cuti tahunan. Dan, lebih melegakannya lagi, anak-anak sekolah dan kuliah pasti libur panjang karena di akhir tahun adalah waktu liburan akhir semester, liburannya bisa sampai satu bulan malah. Makanya, selalu sisakan beberapa hari cuti tahunan Anda untuk melakukan liburan akhir tahun bersama keluarga.

  • Liburan Baik untuk Kesehatan

Masih ada yang belum percaya dengan berlibur kamu bisa selalu sehat? Lebih santai dan mengistirahatkan diri kita sejenak dari pikiran, masalah, pekerjaan, dan tugas di kantor, bisa membantu menurunkan tingkat kecemasan, denyut jantung, dan tekanan darah. Tiga hal ini bisa bantu mengurangi risiko penyakit jantung, hipertensi, dan penyakit kronis lainnya yang disebabkan oleh stres.

  • Bantu Lebih Rileks

Setelah melalui kurang lebih 11 bulan mengisi hari-hari dengan bekerja dan mencari sesuap nasi, Anda tetap butuh memberikan hadiah kepada diri Anda sendiri, misalnya dengan liburan dengan keluarga atau teman di akhir tahun. Meskipun hanya beberapa hari saja, liburan pasti bisa banget membuat Anda jadi lebih rileks, baik secara pikiran juga fisik. Dengan begitu, Anda juga bisa beristirahat sejenak dari padatnya aktivitas di setiap harinya.

  • Jadi Lebih ‘Open Minded

Berlibur atau traveling juga bisa membuka mata kita untuk melihat dunia dengan lebih jelas lagi, jadi kita tidak akan terpaku terus dengan hal-hal yang ada di sekitar kita. Jika Anda melakukan perjalanan dengan keluarga, teman, atau orang terdekat lainnya, momen ini bisa membantu Anda mengeluarkan perasaan positif terhadap mereka, serta Anda bisa jadi lebih kenal dan dekat lagi dengan mereka. Menurut salah satu studi, efek ini akan berlanjut setelah kembali ke rumah, yang secara keseluruhan dapat mempererat hubungan dalan waktu jangka panjang.

  • Dapat Banyak Inspirasi

Saat kamu menikmati waktu yang lebih santai, pikiran Anda akan kembali fresh. Dan bisa saja, dengan berlibur Anda menemukan banyak inpirasi yang inovatif dan ide-ide kreatif yang selama ini mungkin saja tidak Anda dapatkan di tempat kerja atau sekolah karena sudah terlalu lelah dan stres.

  • Bisa Meningkatkan Produktivitas

Kebanyakan orang-orang yang bekerja kantoran, jika terlalu di-push untuk bekerja lebih keras, bisa jadi malah kontraproduktif. Karena setiap orang punya batas kemampuannya masing-masing, tidak semua sama. Dilansir dari salah satu penelitian, dari hampir 500 manajer sumber daya manusia, 90% percaya bahwa karyawan mereka jadi lebih produktif setelah mengambil cuti.

Sekarang Anda jadi tahu alasan penting Anda berlibur di akhir tahun, karena kami sudah menjelaskan 7 alasan di atas. Satu lagi yang bisa kami bagikan, liburan akhir tahun juga merupakan salah satu cara bagi Anda untuk menyambut tahun yang baru dengan fresh. Jadi, belum terlambat bagi Anda untuk merencanakan liburan akhir tahun sekarang! Atau, jika Anda berpikir sudah tidak sempat melakukannya di tahun ini, Anda masih punya kesempatan untuk mewujudkannya di akhir tahun depan. Oleh karena itu, jagalah selalu kesehatan Anda agar di akhir tahun berikut-berikutnya Anda bisa melakukan perjalanan dengan keluarga, teman, atau orang terdekat lainnya.

%d blogger menyukai ini: