Ayo Kenali Penyakit Kanker Lebih Dekat

Scroll down to content

Kanker adalah penyakit kronis yang saat ini menjadi mesin pembunuh yang paling ditakuti di dunia kesehatan. Semakin banyak orang terkena kanker diakibatkan oleh gaya hidup yang semakin kurang sehat. Dari banyaknya pasien tersebut, hampir setengah diantaranya sampai meninggal dunia karena kanker terdeteksi saat sudah mencapai stadium akhir. Sulitnya penanganan sel ganas tersebut membuat upaya pencegahan harus menjadi cara utama untuk menghindari semakin banyaknya pasien kanker. Untuk mengetahui pencegahan yang bisa dilakukan, maka Anda juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis kanker terlebih dahulu.

Berikut ini adalah jenis-jenis kanker yang paling memakan banyak korban di Indonesia beserta upaya untuk mencegahnya menjangkiti tubuh Anda:

1. Kanker Paru-paru.

Kanker paru adalah jenis kanker yang banyak memakan korban di Indonesia. Terdapat sel abnormal yang berkembang di paru-paru dan bisa menjalar hingga ke saluran pernafasan atas. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, penyebab pertama kanker jenis ini adalah asap rokok. Baik perokok aktif, maupun pasif sama-sama memiliki risiko terkena kanker paru-paru akibat terhirupnya radikal bebas menuju paru. Bahkan perokok pasif bisa memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan perokok aktif karena organ parunya yang sebetulnya tidak terbiasa dengan asap rokok.

2. Kanker Payudara.

Jenis kanker lain yang juga memakan banyak korban adalah kanker payudara. Jenis kanker ini menyerang wanita berusia dewasa yang lebih dari 30 tahun. Benjolan kanker di bagian payudara bisa dari yang belum terasa hingga yang sudah teraba. Untuk menanganinya, payudara bisa diangkat agar tidak menjalar ke organ lainnya. Kanker jenis ini lebih disebabkan oleh faktor hormonal, seperti bagi mereka yang sudah mendapatkan menstruasi sejak usia kurang dari 11 tahun akan memiliki risiko lebih besar. Selain itu wanita yang melahirkan di usia yang lebih dari 35 tahun juga bisa memiliki risiko lebih besar.

3. Kanker Usus.

Jenis kanker yang menyerang saluran pencernaan salah satunya adalah kanker usus. Kanker usus memiliki gejala buang air besar yang selalu lembek hingga sakit di bagian perut bawah. Penyebab yang sering ditemukan dari penyakit ini adalah kebiasaan konsumsi alkohol hingga penggunaan obat diet yang salah. Untuk itu, jauhilah alkohol dan lebih baik melakukan olahraga teratur untuk menurunkan berat badan dibandingkan menggunakan pil diet yang kurang sehat.

4. Kanker Serviks.

Kanker serviks menjadi jenis kanker yang paling banyak membunuh wanita di dunia. Jenis kanker ini menyerang mulut rahim dan sangat cepat menjalar di bagian rahim lainnya. Kanker serviks bisa terdeteksi dengan melakukan tes papsmear. Namun sayangnya, sosialisasi tes ini masih kurang di masyarakat sehingga kebanyakan pasien penyakit ini baru terdeteksi setelah ada di stadium 3 atau bahkan 4. Cara terbaik untuk mencegah kanker serviks adalah dengan tidak bergonta-ganti pasangan, tidak menikah di usia yang terlalu muda dan memberi jarak antar kelahiran.

Selain jenis-jenis kanker di atas, masih banyak lagi jenis kanker lainnya yang juga berbahaya. Meski pencegahan bisa dilihat dari masing-masing jenis kanker, namun pada dasarnya penyakit kronis ini bisa diturunkan risikonya dengan cara menghindari gaya hidup yang tidak sehat. Jauhi berbagai kebiasaan yang mengundang terbentuknya radikal bebas, seperti asap rokok, alkohol, begadang, serta makanan dan minuman cepat saji. Perbanyak asupan makanan yang mengandung zat anti oksidan untuk mengikat radikal bebas dan melemahkannya, sehingga tidak menjadi penyebab gangguan kesehatan.

%d blogger menyukai ini: