Empat Tips Olahraga untuk Bakar Lemak Anda

Scroll down to content

Berat badan yang ideal akan memberikan penampilan yang lebih menarik dan enak dilihat, dibandingkan mereka yang memiliki berat badan kurang atau kurus dan berat badan berlebihan atau obesitas. Cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal memang bisa dilakukan dengan mengatur pola makan. Untuk berat badan yang kurus, misalnya bisa dengan menambah porsi makanan yang berkalori. Sebaliknya, untuk yang memiliki obesitas, porsi makanan harus dikurangi terutama makanan yang mengandung lemak dan kolesterol.

Namun, meski sudah melakukan pengontrolan pola makan, masih diperlukan cara lain agar bentuk tubuh menjadi takmudah naik atau turun. Cara tersebut adalah dengan berolahraga, terutama bagi Anda yang memiliki bentuk tubuh dengan kelebihan lemak. Dengan berolahraga, lemak yang sudah ada di dalam tubuh akan terbakar sehingga kelebihan lemak bisa dikurangi. Dengan kolaborasi antara menjaga pola makan dan berolahraga, lemak tidak akan bertambah dari makanan dan lemak yang sudah ada di tubuh akan terbakar saat berolahraga. Kedua usaha ini akan memberikan hasil yang maksimal dan lebih cepat dibandingkan jika Anda hanya melakukan satu jenis usaha saja.

Olahraga yang dilakukan untuk membakar lemak juga harus diperhatikan agar Anda tidak salah dalam melakukannya. Biasanya orang yang ingin berat badannya turun akan melakukan olahraga dengan jor-joran di awal latihan saja. Semakin ke belakang akan semakin berkurang jadwalnya dikarenakan merasa semakin berat. Padahal untuk mengurangi lemak tubuh, olahraga perlu dilakukan secara rutin di bagian-bagian tertentu yang memiliki kelebihan berat badan.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cara berolahraga, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar cara olahraga yang Anda lakukan tepat dan tidak membahayakan bagi tubuh.

1. Pemanasan

Sebelum melakukan olahraga inti, jangan lupa untuk melakukan pemanasan agar otot-otot tidak kaget, terutama bagi Anda yang jarang melakukan olahraga atau kegiatan fisik. Pemanasan bisa dilakukan dengan meregangkan otot atau sesuai dengan petunjuk, jika Anda berolahraga dengan panduan.

2. Lakukan dari Gerakan yang Ringan

Untuk pemula, jangan langsung melakukan porsi olahraga yang berat. Lakukan porsi olahraga ringan terlebih dahulu dan tanpa alat bantu. Anda bisa melakukan gerakan olahraga di lantai dengan matras sambil menggerakkan bagian alat gerak tubuh yang memiliki lemak berlebihan.

3. Referensi

Carilah referensi sebanyak mungkin gerakan olahraga mana yang sebaiknya dilakukan untuk mengurangi lemak tubuh. Akan lebih baik jika Anda melihat secara langsung gerakan yang akan dilakukan, misalnya dengan cara mencari referensi dari internet dengan menggunakan media video.

4. Kontinu

Jangan hanya menggebu-gebu di awal saja dan mengendor di belakang. Untuk membakar lemak dan menjaga agar berat badan tetap ideal, Anda harus melakukan olahraga secara kontinu dan dengan porsi latihan yang bertambah.

Ada banyak cara untuk bisa berolahraga mengurangi lemak tubuh. Dari yang dilakukan di rumah sendiri dengan gerakan sederhana hingga yang mengikuti kursus atau pelatihan di gym profesional. Dengan melakukan olahraga yang dipraktikkan dengan cara-cara di atas, Anda akan memiliki kesempatan mengurangi berat badan dengan cara yang benar dan bertahap. Untuk hasil yang maksimal, jangan lupa mengontrol pola makan dan mengurangi asupan lemak tubuh. Olahraga dengan cara yang benar juga bisa digunakan untuk mereka yang memiliki berat badan kurang agar bisa lebih berotot yang dikombinasikan dengan pola makan tepat.

%d blogger menyukai ini: