Tahun baru selalu membawa pengharapan baru yang lebih baik. Bukan hanya dalam hal ekonomi ataupun kehidupan sosial, namun pengharapan bisa juga dalam bidang kesehatan. Bagi Anda yang di tahun 2018 lalu sering mengalami masalah kesehatan, maka di tahun 2019 ini haruslah berupaya maksimal agar lebih baik. Untuk meningkatkan taraf kesehatan, takselalu dilakukan dengan biaya yang mahal. Kecuali, Anda sudah memiliki penyakit kronis yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus, Anda bisa menjaga kualitas hidup dengan mencegah berbagai penyakit untuk datang. Cara mencegah jauh lebih mudah dan murah, dibandingkan dengan mengobati penyakit.

Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan yang bisa Anda lakukan dari hal-hal kecil yang kadang kurang disadari:

1. Mulai Bangun Pagi

Bangun pagi selalu menjadi anjuran untuk mendapatkan rezeki yang lebih. Namun selain rezeki, bangun pagi juga sangat baik untuk kesehatan. Dengan bangun pagi kemudian melakukan kegiatan fisik, baik olahraga hingga mengerjakan kegiatan rumah tangga, akan membuat tubuh Anda lebih bugar. Selain itu, sinar matahari pagi juga kaya akan vitamin D yang baik untuk mengikat kalsium.

2. Rajinlah Mencuci Tangan

Cucilah tangan Anda sesering mungkin, terutama saat sebelum makan. Tangan adalah bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda-benda. Benda yang Anda sentuh takselalu bersih atau higienis, bahkan banyak yang mengandung kuman penyakit. Contohnya, adalah ketika Anda menyentuh uang untuk membeli sesuatu atau menerima kembalian, uang tersebut sudah beredar dari satu orang ke orang lainnya, dan beberapa di antara mereka mungkin memiliki sakit infeksi yang bisa ditularkan pada orang lain. Untuk itu, semakin sering Anda mencuci tangan setelah menyentuh benda asing dan sebelum makan, akan semakin baik untuk menjaga kesehatan.

3. Lebih Banyak Makan Buah-buahan

Buah mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Dengan asupan vitamin cukup, metabolisme tubuh akan bisa dilakukan dengan lebih baik dan cepat. Selain vitamin, beberapa buah juga mengandung anti oksidan tinggi yang sangat dibutuhkan untuk menangkal radikal bebas.

4. Rutin Berolahraga

Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, olahraga juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga bentuk tubuh agar lebih berisi dan bugar. Untuk melakukan olahraga yang benar, Anda harus memulainya dari porsi yang kecil sesuai dengan kemampuan. Secara bertahap tambahlah porsi olahraga yang dilakukan hingga bisa menanggulangi masalah kesehatan yang saat ini dimiliki.

5. Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup juga sangat menentukan taraf kesehatan Anda. Pergaulan terkadang membuat Anda larut dalam kebiasaan buruk, seperti merokok, minum minuman keras, hingga begadang. Kebiasaan buruk tersebut menimbulkan efek radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit kronis yang berbahaya.

6. Jauhi Stres

Penyebab penyakit yang sering tidak disadari adalah tekanan pikiran. Stres mampu meningkatkan kadar racun dalam tubuh termasuk memacu reaksi hormonal yang bisa mengakibatkan berbagai penyakit. Jauhi stres dengan cara mendekatkan diri dengan keluarga dan Sang Pencipta, serta jangan lupa untuk meluangkan waktu berekreasi atau liburan bersama orang-orang terdekat.

7. Banyak Berdonasi

Menolong sesama tidak selalu dilakukan dengan perbuatan secara langsung, namun bisa juga dilakukan secara tidak langsung. Di saat Anda sudah terlalu sibuk dengan pekerjaan dan urusan pribadi, Anda akan sulit membantu orang lain atau berbuat baik. Tidak perlu khawatir, karena sekarang Anda sudah bisa membatu orang lain dengan memberikan donasi secara online melalui platform pedulisehat.id. Anda bisa membantu sesama yang membutuhkan biaya perawatan dan pengobatan untuk menyembuhkan penyakit kronis yang dialaminya.

Beberapa tips di atas memang sepele, namun bisa memberi dampak besar untuk kesehatan. Dengan menerapkan pola hidup sehat Anda akan terhindar dari berbagai penyakit ringan hingga kronis. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda tidak hanya harus menerapkan tips di atas beberapa hari saja, namun harus dilakukan sebagai kebiasaan bahkan ditularkan kepada orang sekitar.

Selamat mencoba dan Selamat Tahun Baru 2019! 🙂

%d blogger menyukai ini: