Terapkan Gaya Hidup Sehat bersama Keluarga

Scroll down to content

Kesehatan adalah harta yang sangat berharga bagi kehidupan. Sekaya apapun seseorang jika dihadapkan pada penyakit apalagi penyakit kronis, pastinya akan mengganggu kehidupan, serta pikirannya. Karena itulah untuk menjadi sehat, berapapun biayanya akan dikeluarkan sehingga bisa berkumpul bersama keluarga dalam keadaan yang bahagia. Padahal untuk bisa sehat, takselalu harus mengeluarkan harta yang banyak, jika Anda bisa melakukan pencegahan sebelum terjadinya penyakit. Usaha pencegahan tersebut bisa dilakukan sejak dini dengan menerapkan kebiasaan atau gaya hidup yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan.

Gaya hidup adalah kebiasaan yang sehari-hari dilakukan oleh manusia. Dari kebiasaan yang dilakukan tersebut dapat memberi dampak positif, maupun negatif untuk kesehatan. Kebiasaan yang baik perlu dibina sedari dini sehingga apa yang dilakukan hingga dewasa kelak bisa menjadi pelindung untuk kesehatan. Menerapkan gaya hidup sehat untuk keluarga juga bisa dilakukan dengan hal-hal yang menyenangkan sehingga tanpa disadari semua anggota keluarga telah melakukan pondasi dasar untuk kesehatannya.

Berikut ini adalah beberapa hal dan kegiatan yang bisa Anda lakukan dengan keluarga untuk mengupayakan kesehatan yang maksimal:

1. Bangun Lebih Awal

Memulai aktivitas di pagi hari adalah kebiasaan baik yang harus diajarkan sedari dini. Anak sekolah mau takmau harus bangun pagi untuk melakukan persiapan. Namun, kebiasaan bisa mulai Anda lakukan sejak ia kecil atau balita dengan menggendong atau membangunkan anak di pagi hari. Dengan mandi sinar matahari pagi dan melakukan aktivitas fisik, Anda akan menyerap vitamin D yang baik untuk mengikat kalsium untuk pertumbuhan tulang. Selain manfaat kesehatan, bangun pagi juga bermanfaat untuk memberi waktu lebih dalam mempersiapkan segala sesuatu untuk kegiatan hari ini.

2. Pola Makan Teratur

Menjaga pola makan teratur juga memberikan pondasi yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Selain keteraturan jadwal makan, pastikan Anda juga mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang untuk asupan nutrisi dan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Olahraga Sejak Dini

Beraktivitas fisik merupakan kunci utama untuk menjadi sehat. Seseorang yang terlalu lama berdiam diri akan membuat metabolisme tubuh menjadi tidak lancar. Salah satu cara beraktivitas yang dianjurkan adalah melakukan olahraga sesuai dengan porsi kemampuan dan minat. Olahraga juga bisa menjadi hobi yang menyenangkan seperti bermain bola atau berenang sehingga bukan hanya tubuh yang menjadi sehat namun juga pikiran menjadi senang.

4. Hindari Begadang

Terapkan jam malam untuk anak-anak. Hal ini akan membuat kebiasaan tidur menjadi lebih terpola hingga dewasa. Dengan istirahat cukup, tubuh akan memiliki waktu untuk regenerasi sel sehingga sel baru akan terbentuk menghasilkan sel mati dan ketika bangun badan akan terasa lebih bugar.

5. Berpikir Positif

Memiliki pikiran yang selalu melihat sesuatu dari segi yang positif akan menjauhkan Anda dari stres dan memberi kesempatan untuk bersyukur pada Sang Pencipta. Hal ini dalam segi kesehatan juga sangat penting karena pikiran yang positif akan memengaruhi tubuh untuk menjadi lebih baik.

6. Menolong Sesama

Tidak ada salahnya Anda menerapkan aktivitas menolong sesama di keluarga Anda. Sejak dini Anda pun sudah harus mengajarkan hal ini kepada anak-anak. Anda harus mengenalkan cara-cara untuk menolong sesama, dan dengan berbuat baik seperti ini Anda tentu menerapkan gaya hidup yang sehat bersama keluarga karena Anda pasti akan memiliki rasa kepuasan dan kebanggaan tersendiri, jika sering-sering membantu orang lain. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menolong sesama kita, salah satunya dengan memberikan donasi yang sekarang bisa Anda lakukan secara online. Donasikan sebagian kecil dari kepunyaan Anda untuk orang-orang sakit yang membutuhkan. Anda bisa melakukannya melalui platform pedulisehat.id.

Itulah beberapa gaya hidup yang bisa Anda terapkan dalam keluarga sedari dini. Jangan menganggap sebuah kebiasaan baik terlalu cepat diajarkan pada anak-anak karena semakin dini diajarkan, maka kebiasaan tersebut akan semakin mudah diterima. Ajaklah keluarga untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama untuk menghilangkan letih dan penat akibat rutinitas sehari-hari. Lakukan kebiasaan dengan saling memberi contoh, agar tercipta keteladanan sehingga kebiasaan ini bisa berlangsung secara kontinu.

%d blogger menyukai ini: