Salah satu hal yang sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh adalah perihal pola makan. Kebanyakan orang seringkali mengabaikan hal ini dan melakukan pola makan yang salah dengan seenaknya. Sebelum Anda melangkah lebih jauh tentang kesalahan pola makan yang bisa membahayakan, ada baiknya Anda memerhatikan beberapa tips atau cara dari pola makan yang benar dan sehat berikut, yang bisa diterapkan pada kehidupan Anda dengan mudah.

  1. Waktu Makan yang Teratur

Seringkali masyarakat tidak menerapkan waktu makan yang teratur. Biasanya, sebagian orang menerapkan waktu makan sesuai dengan ingatannya atau ketika mulai merasa lapar. Nyatanya, waktu makan yang seperti ini tidak baik untuk tubuh Anda. Sebaiknya Anda membuat waktu makan Anda lebih teratur dan tertata di setiap harinya. Jadwalkan waktu makan Anda, misalnya pagi hari, siang hari, dan malam hari pada waktu yang Anda tentukan. Pola makan yang seperti ini lebih bisa mengurangi risiko permasalahan pada sistem pencernaan Anda.

  1. Pilih Jenis Makanan yang Dimakan

Untuk menerapkan pola makan yang benar dan sehat, maka Anda pun harus memerhatikan makanan yang Anda makan di setiap waktunya. Untuk sarapan misalnya, lebih baik Anda mengonsumsi makanan yang tidak mengandung karbohidrat tinggi. Sarapan memang sangat penting, namun jika terlalu banyak konsumsi karbohidrat, bisa membuat Anda cepat lapar kembali dan merasa ngantuk ketika beraktivitas. Solusinya, Anda bisa sarapan dengan sereal, susu, atau roti dibandingkan nasi.

Waktu yang tepat untuk menghabiskan lebih banyak karbohidrat, bisa dilakukan saat makan siang tiba. Penuhi asupan nutrisi Anda dengan karbohidrat, protein, juga sayur mayur. Hal ini dikarenakan banyak energi yang terkuras dengan beragam kegiatan yang sudah Anda lakukan. Sedangkan malam hari, lebih baik konsumsi buah dengan kandungan nutrisi lengkap seperti apel, pisang, atau alpukat. Saat malam, tubuh akan berhenti bekerja, jika makanan yang Anda makan saat makan malam adalah makanan berat, maka makanan tidak akan langsung dicerna, bahkan bisa menumpuk dan menaikkan berat badan Anda.

  1. Kurangi Makan Camilan

Mengemil atau makan camilan memang enak dan menyenangkan, kebiasaan ini seringkali dilakukan oleh anak-anak, remaja, bahkan dewasa sekalipun. Ternyata, memakan camilan yang terlalu banyak tidak baik bagi tubuh. Apalagi banyak camilan atau makanan ringan seringkali dimodifikasi dengan pewarna, penyedap rasa berlebih, hingga kandungan-kandungan lain yang kurang menyehatkan. Lebih baik, ganti camilan Anda dengan buah-buahan segar.

  1. Hindari Minum Soda dan Makanan Banyak Garam

Seperti yang kebanyakan diketahui, soda ini memang kurang baik untuk tubuh meskipun bebas gula sekalipun, yang katanya bisa membantu proses diet. Malah, sering meminum soda akan membuat energi Anda berkurang dan membuat Anda lebih banyak membutuhkan kalori. Minuman soda pun bisa meningkatkan penyakit demensia, hingga pengeroposan tulang, dan gigi.

Sama halnya dengan soda, makanan yang terlalu banyak mengandung garam pun tidak baik untuk kesehatan. Kelebihan sodium yang ada pada garam bisa meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi, hingga stroke dan penyakit jantung.

  1. Kunyah Makanan dengan Benar

Salah satu hal yang paling sering diabaikan adalah perihal mengunyah makanan. Ternyata, cara mengunyah pun menentukan pola makan Anda sehat atau tidak.  Sebaiknya mulailah proses mengunyah Anda secara perlahan agar kalori yang masuk jadi lebih rendah. Kebiasaan mengunyah makanan dengan cepat bisa membuat Anda lebih mudah lapar dan makan berlebihan, karena fluktuasi glukosanya lebih besar sehingga rawan resistensi inulin. Untuk itu, kunyahlah makanan Anda secara perlahan.

Nah, bagaimana? Mudah bukan? Yuk, segera terapkan pola makan yang benar agar tubuh Anda pun lebih sehat dan minim terkena penyakit.

%d blogger menyukai ini: