Inilah Alasan Mengapa Anda harus Hindari Junk Food

Scroll down to content

Makanan cepat saji atau yang biasa disebut dengan istilah junk food, saat ini telah mendapatkan tempat tersendiri di sebagian kalangan masyarakat di Indonesia. Selain memiliki tingkat kepraktisan yang tinggi dalam penyajiannya, junk food juga kerap kali dijadikan sebagai dasar dalam penilaian strata kehidupan bagi sebagian kalangan tersebut. Namun tahukah Anda, meskipun akan terlihat keren dan kekinian ketika Anda menikmati berbagai jenis junk food, efek bagi kesehatan tubuh yang ditimbulkan oleh junk food yang dikonsumsi secara berlebihan pun, akan membawa dampak yang negatif. Oleh karenanya bagi Anda para penggemar junk food, mulailah untuk mengubah kebiasaan dan gaya hidup yang Anda miliki saat ini.

Makanan cepat saji yang pada umumnya banyak beredar dikalangan masyarakat Indonesia, merupakan makanan yang mengandung banyak kalori, zat gula, serta kandungan lemak di dalamnya. Zat-zat inilah yang dapat menyebabkan para penggemar junk food dapat mengalami penumpukan kalori dan lemak, yang kemudian dapat membawa dampak berat badan yang berlebih. Obesitas serta kandungan zat gula dalam tubuh yang tidak dapat terurai dengan baik inilah, yang dapat mengakibatkan seseorang terserang penyakit diabetes melitus. Semakin sering Anda mengonsumsi junk food, terlebih jika tidak diimbangi dengan berolahraga secara teratur, maka selain obesitas penyakit penyertaan obesitas pun dapat mengancam kesehatan Anda.

Efek lain yang mungkin dapat disebabkan oleh tingkat konsumsi junk food secara berlebihan, antara lain:

1. Timbulnya Permasalahan pada Pencernaan

Kandungan serat yang minim pada makanan cepat saji yang saat ini banyak beredar di masyarakat Indonesia, memang dapat mengakibatkan penumpukan berbagai zat yang tidak bermanfaat pada dinding lambung. Penumpukan zat inilah yang dapat mengakibatkan produksi asam lambung menjadi lebih meningkat, akibatnya keluhan sakit perut pun terus menghinggapi pada penggemar berat junk food. Selain keluhan pada sakit perut, biasanya para penggemar junk food akut juga akan sering mengalami masalah sembelit, karena kurangnya serat dalam sistem pencernaan mereka.

2. Menjadi Pemicu Timbulnya dan Berkembangnya Sel Kanker dalam Tubuh

Berbagai kandungan zat kimia dalam junk food yang terlalu sering dikonsumsi, secara umum dapat merusak fungsi normal dari hormon yang ada dalam tubuh, dimana hormon inilah yang dapat menekan timbul dan berkembangnya sel kanker dalam tubuh manusia. Secara umum dapat diartikan bahwa semakin sering kita mengonsumsi junk food, maka akan semakin tinggi risiko tumbuh dan berkembangnya sel kanker dalam tubuh kita.

Selain dampak di atas, para junk food holic, biasanya juga akan mengalami berbagai keluhan dalam tubuh, seperti badan tidak fit dan lebih rentan terhadap berbagai virus penyakit. Hal tersebut dapat terjadi, karena memang pada umumnya junk food tidak memenuhi kandungan nilai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia setiap harinya. Selain dampak bagi kesehatan tubuh, dampak finansial pun biasanya akan lebih dirasakan, karena memang junk food biasanya hanya dapat dimakan sekali dengan nilai pembelian yang memang tergolong tinggi.

Bagi Anda para junk food holic, alangkah lebih baik jika Anda mulai mengubah gaya hidup Anda, dengan mengurangi makanan cepat saji tersebut untuk dikonsumsi. Dampak negatif bagi kesehatan yang telah dipaparkan di ataslah, yang menjadi alasan utama, mengapa junk food harus Anda hindari sedapat mungkin. Konsumsilah makanan sehat yang mengandung banyak serat, dan jalanilah olahraga secara teratur, agar tidak hanya kesehatan dapat terjaga dengan baik, namun tubuh pun dapat terasa lebih bugar sehingga aktivitas pekerjaan pun dapat berjalan dengan lancar.

%d blogger menyukai ini: