Pulang Kantor tetap bisa Olahraga, dong!

Scroll down to content

Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Olahraga pada dasarnya adalah menggerakkan tubuh agar anggota tubuh menjadi berfungsi dengan baik dan mampu mengusir zat-zat racun dari dalam. Olahraga selain memiliki manfaat kesehatan, juga memiliki manfaat dari segi penampilan. Membentuk tubuh menjadi ideal dengan berolahraga, Anda akan memiliki penampilan yang lebih baik dibandingkan mereka yang memiliki kelebihan berat badan, maupun mereka yang memiliki berat badan kurang berisi.

Meskipun besar sekali manfaat yang bisa diberikan oleh olahraga, namun tidak semua orang memiliki jadwal olahraga dalam kehidupannya sehari-hari. Umumnya hanya orang yang memang memiliki passion atau hobi berolahraga dan mengolah tubuh saja yang memiliki jadwal olahraga rutin, baik di rumah, maupun di gym profesional. Selebihnya, olahraga hanya dilakukan jika ada event tertentu saja atau bahkan tidak pernah melakukan olahraga. Penyebab minimnya orang yang berolahraga secara kontinu dan teratur adalah padatnya jadwal kesibukan dan masih kurangnya pengetahuan tentang manfaat berolahraga.

Seorang yang sudah bekerja akan bangun pagi untuk mempersiapkan dirinya berangkat ke tempat kerja dan pulang sore atau malam hari dalam kondisi yang lelah. Hal tersebut terus diulang setiap hari dan hanya memiliki waktu luang di hari libur saja. Pada hari libur, jarang juga orang yang menyempatkan diri berolahraga karena hari libur dianggap hari untuk beristirahat di rumah bersama keluarga. Padatnya jadwal bekerja inilah yang membuat kurangnya minat untuk berolahraga, apalagi bagi mereka yang memang tidak memiliki hobi tersebut.

Bagi Anda yang tidak pernah berolahraga dengan alasan kesibukan, maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap bisa berolahraga setelah pulang dari kantor:

  1. Mempercepat Selesainya Pekerjaan

Menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang lebih cepat dari jam pulang kerja akan memberikan Anda waktu untuk melakukan olahraga di ruangan.

  1. Melakukan Olahraga Ringan di Tempat Kerja

Anda bisa berolahraga di kantor setelah menyelesaikan pekerjaan. Caranya adalah dengan melakukan gerakan-gerakan stretching yang ringan di ruangan kantor. Selain untuk mendapatkan manfaat berolahraga, melakukan gerakan stretching setelah bekerja juga bisa merelaksasi otot yang tegang selama melakukan pekerjaan dengan duduk dalam waktu yang lama di depan komputer.

  1. Jalan Kaki atau Naik Sepeda dari Kantor

Jalan kaki sepulang kerja atau menggunakan sepeda juga bisa dianggap sebagai olahraga. Jika jarak antara tempat kerja dan rumah Anda jauh, Anda bisa berjalan dari kantor hingga shelter bus kemudian naik bus. Dengan berjalan kaki, Anda sudah bisa membakar lemak atau melakukan olahraga dengan menggerakkan kaki.

  1. Langsung ke Lokasi Olahraga

Anda juga bisa melakukan olahraga setelah pulang dari tempat bekerja. Aturlah jadwal dengan baik, agar selepas melakukan aktivitas pekerjaan, Anda dapat secara langsung menuju tempat untuk melakukan olahraga. Arena futsal, badminton, ataupun fitness dapat menjadi tempat melakukan aktivitas olahraga selepas melakukan pekerjaan, dimana olahraga ini dapat Anda lakukan bersama dengan kelompok ataupun rekan Anda yang memiliki persamaan hobi olahraga dengan diri Anda.

  1. Berolahraga di Akhir Pekan bersama Keluarga

Selain dapat menjadi tips yang tepat untuk Anda yang memiliki aktivitas pekerjaan yang padat, olahraga di akhir pekan bersama keluarga juga dapat menjadi solusi menambah keakraban dengan anggota keluarga lainnya. Anda dapat memanfaatkan waktu minggu pagi Anda untuk bersepeda, jalan-jalan, ataupun berlari mengitari lingkungan rumah Anda bersama keluarga. Selain nilai kesehatan akan bertambah, Anda pun dapat menikmati kesegaran udara pagi bersama keluarga Anda, tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

%d blogger menyukai ini: