Yuk, Masak Sendiri Menu Diet Anda di Rumah!

Scroll down to content

Kebanyakan orang selalu punya program dietnya masing-masing. Pasalnya, diet ini selain bisa menyehatkan tubuh, bisa juga membantu Anda untuk menurunkan kelebihan berat badan dan membuat tubuh Anda jadi lebih ideal sesuai keinginan. Meskipun punya manfaat yang menggiurkan, tetapi melakukan diet pun terkadang dianggap sulit oleh masyarakat.

Jika Anda mau lebih berusaha, ternyata melakukan diet ini mudah. Apalagi jika Anda telaten dalam mempersiapkan segalanya termasuk punya tekad dan kemauan yang tinggi. Nah, agar Anda bisa menjalankan program diet Anda lebih mudah, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut untuk mengolah menu diet Anda sendiri di rumah.

Pilih Jenis Diet dan Persiapkan Bahannya

Sebelum Anda mengolah atau memasak menu diet Anda, tentunya yang harus pertama kali dilakukan adalah menentukan jenis diet apa yang Anda inginkan. Diet yang umum dilakukan adalah diet  sayuran atau diet mediterania. Diet ini mengharuskan Anda untuk mengonsumi lebih banyak sayur mayur, buah, sereal, dan mengurangi asupan daging. Setelah Anda menentukan jenis diet Anda, barulah Anda mencari dan mempersiapkan bahan yang Anda perlukan.

Gunakan Minyak Pilihan

Karena proses memasak Anda adalah untuk menu diet, maka Anda pun harus perhatikan penggunaan minyak. Jika biasanya Anda memasak menggunakan minyak goreng pada umumnya, tetapi pada saat diet, sebaiknya pilihlah minyak yang rendah kolesterol.  Atau, jika diet yang Anda terapkan seperti diet mediterania, Anda bisa gunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng Anda. Hindari menggunakan minyak sayur, sebab minyak jenis ini diklaim menambah risiko penambahan berat badan. Hindari juga penggunaan minyak berlebih dan minyak yang sudah berulangkali digunakan.

Atur Kombinasi Makanan

Kebanyakan masyarakat selalu mengombinasikan karbohidrat dengan protein. Kombinasi makanan yang seperti inilah yang memicu penambahan berat badan dan kolesterol Anda naik. Untuk program diet Anda, sebaiknya pilih dan atur kombinasi makanan Anda. Anda bisa mengombinasikan sayuran dengan protein atau karbohidrat dengan sayuran. Untuk membuat selera bertambah, hiasi dengan warna-warna menarik, misalnya buah-buahan segar atau lakukan plating yang unik.

Hindari MSG

Biasanya, ibu-ibu atau masyarakat senang menggunakan MSG atau Monosodium glutamat untuk menambah citarasa dari masakan. Namun jika Anda sedang melakukan diet, hindarilah penggunaan bahan tersebut. Untuk memberikan citarasa yang sama lezat dan gurihnya, Anda bisa padukan beberapa bumbu seperti unsalted butter, garam, merica, dan gula pada masakan diet Anda.

Waktu Memasak

Selanjutnya hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan adalah perihal penentuan waktu dalam memasak menu makanan diet. Untuk memudahkan Anda, bisa membeli berbagai buku resep yang sesuai dengan program diet dan tata cara memasak sayuran. Namun pada dasarnya, dalam memasak sayuran tidak boleh overcooked atau terlalu lama karena bisa menghilangkan kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Masaklah dalam waktu yang cepat dan dengan api yang tidak terlalu besar.

Tambahkan Lemak Secukupnya

Meskipun Anda sedang melakukan program diet, tetapi Anda juga tidak boleh melewatkan diri untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Solusinya, Anda bisa ganti asupan lemak Anda dengan jenis makanan lain yang lebih sedikit risikonya, seperti alpukat atau minyak zaitun, dan jenis lainnya sesuai dengan kebutuhan harian tubuh Anda.

Nah, itulah beberapa tips mudah yang bisa Anda terapkan ketika mengolah masakan untuk menu program diet Anda. Jika Anda melakukannya dengan senang hati dan tepat, tidak menutup kemungkinan keinginan Anda untuk diet pun akan terlaksana dengan mudah.

%d blogger menyukai ini: