Kisah Driver Ojek Online yang Menjadi Campaigner Pertama Penggalangan Dananya Terkumpul

Scroll down to content

Inilah kisah seorang driver ojek online yang ingin menolong istrinya agar segera sembuh dari penyakit kanker serviks. Perkenalkan nama driver ojek onlinei ni adalah Abdul Gopur Julianto, sedangkan istrinya yang mengidap kanker bernama Meta. Mereka berdua telah dikaruniai 4 orang anak yang sehat-sehat. Kisah sang driver ojek online ini telah menjadi campaigner pertama di pedulisehat.id yang berhasil penggalangan dananya terkumpul. Bahkan, tidak sampai satu minggu sejak kampanyenya live di platform pedulisehat.id, penggalangan dana yang dibuat berhasil terkumpul.

Kisah ini berawal ketika istri Abdul Gopur Julianto, Meta, sedang hamil anak ke-4. Mereka melakukan pemeriksaan saat usia kandungannya menginjak 8 bulan. Dari pemeriksaan disebutkan bahwa ada kelainan di bagian mulut rahim Meta. Oleh karenanya, Meta tidak bisa melahirkan normal sebab adanya Condiloma yang bersarang pada mulut rahimnya. Akhirnya proses persalinan pun dilakukan secara Caesar di Rumah Sakit Thamrin, Jakarta. Dan, dokter menyarankan untuk kembali kontrol setelah 40 hari. Abdul Gopur dan istrinya mengabaikan saran dokter tersebut, karena dokter tidak menyampaikan adanya bahaya jika tidak kontrol lagi.

Setahun kemudian, anak ke-4 mereka pun tumbuh dengan sehat, syukurnya tidak terjadi masalah apa-apa padanya. Namun, berbeda dengan Meta, pada bulan Oktober 2017, ia mengalami pendarahan yang hebat, hingga akhirnya harus mendapatkan perawatan selama 7 hari di rumah sakit. Pada saat itulah Abdul Gopur dan Meta menerima kabar yang sangat memilukan hati, karena sang istri didiagnosis mengidap Kanker Serviks atau Kanker Mulut Rahim stadium 2B. Meta pun dirujuk agar mendapatkan perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, karena alat-alat yang lebih memadai di rumah sakit tersebut.

Pada awal bulan November 2017, Abdul Gopur bertemu dengan dr. Toto Imam, Sp.OG (K) di RSPAD Gatot Soebroto. Dokter yang menangani istri driver ojek online ini mengatakan bahwa Meta belum perlu untuk dikemoterapi, sebab masih bisa dilakukan pengangkatan rahim sebagai pertolongan pertama. Akhirnya pada 21 November 2017, Meta dioperasi untuk mengangkat rahimnya. Operasinya berjalan dengan lancar dan Meta rutin melakukan check-up ke dr. Toto Imam, Sp.OG (K) seminggu sekali.

Setahun kemudian berlalu pasca pengangkatan rahim Meta, ia kembali mengalami pendarahan yang hebat. Ia langsung dibawa oleh suaminya ke RSUK Dwi Warna, Sawah Besar, Jakarta, untuk pertolongan mengenai pendarahannya. Lalu Meta pun dirujuk ke RSUD Tarakan, Jakarta, dan di sana sempat dirawat selama 3 hari dengan pertolongan transfusi darah sebanyak 2 kantong. Singkat cerita, tanggal 11 Desember 2018, Abdul Gopur dan istrinya berkunjung ke RSPAD dan bertemu dengan dr. Toto. Dokter pun memprediksi bahwa kemungkinan ada jaringan kanker yang kembali aktif di tubuh Meta, dan diambil sampleuntuk diperiksakan ke laboratorium Pathology Anatomy. Beberapa hari kemudian, istri driver ojek online  ini mengalami pendarahan yang hebat lagi dengan darah yang keluar dari tubuhnya tebalnya seperti jeli. Hal ini menyebabkan Meta harus diberi transfusi darah sebanyak 12 kantong.

Sampai detik ini, kanker ganas ini masih aktif di tubuh Meta dan malah sudah menjalar ke batu empedu. Kata dokter pun, jika ingin mengambil tindakan cepat, maka harus menggunakan jalur berbayar. Namun apa daya, Abdul Gopur hanyalah seorang driver ojek online, dan bahkan ia sempat mengabaikan pembayaran cicilan kendaraan bermotor roda dua yang ia gunakan untuk mencari nafkah, demi membiayai pengobatan istrinya, Meta. Sebab, beberapa obat ada yang tidak di-cover oleh BPJS Kesehatan.

Melalui platform pedulisehat.id, Abdul Gopur dan Meta bisa tertolong dan telah berhasil terkumpul donasi sebesar Rp50.100.000,-. Mereka berdua sangat berterima kasih atas kebaikan dan kedermawanan dari para #InsanPeduli yang telah menyumbangkan dana sebagai donasi demi memenuhi biaya pengobatan dan perawatan istri Abdul Gopur. Kampanye ini juga telah mengambil bagian dalam sejarah pedulisehat.id karena kampanye sang driver ojek online ini menjadi kampanye pertama yang penggalangan dananya berhasil terkumpul. Tidak hanya itu saja, penggalangan dana kampanye ini berhasil terkumpul dalam kurun waktu kurang lebih 8 hari saja. Bagi pedulisehat.id, ini adalah salah satu pencapaian yang cukup luar biasa di awal tahun 2019 ini.

Terima kasih kepada Abdul Gopur dan Meta yang telah mempercayakan penggalangan dananya di platform pedulisehat.id. Mereka telah percaya bahwa pedulisehat.id adalah platform penggalangan dana dan donasi kesehatan yang transparan di Indonesia. Dan kepada para #InsanPeduli yang telah berdonasi untuk kampanye ini, pedulisehat.id ingin berterima kasih juga karena sudah percaya kepada kami untuk menyalurkan dana kesehatan bagi mereka yang membutuhkan bantuan.

%d blogger menyukai ini: