Mau Tidur Anda lebih Nyenyak di Malam Hari? Baca ini!

Scroll down to content

Selain kebutuhan untuk makan dan minum, tubuh seseorang juga membutuhkan untuk tidur. Ini merupakan salah satu hal yang paling mendasar untuk memberikan kesempatan pada tubuh agar melakukan perbaikan. Sel-sel atau jaringan tubuh yang rusak akan kembali diperbaiki dan membangun yang baru pada saat manusia beristirahat atau tidur. Tidak heran jika banyak sekali penelitian yang mengatakan bahwa orang yang dapat tidur nyenyak itu mempunyai kemungkinan terserang penyakit yang lebih kecil, baik itu penyakit biasa ataupun kronis.

Bagi anak mungkin melakukan tidur siang, itu merupakan sesuatu yang sangat menyebalkan, tetapi tidak untuk orang dewasa. Orang dewasa kebanyakan hanya dapat menikmati istirahat dengan baik pada saat malam hari. Nah, jika hanya satu kesempatan saja untuk memperbaiki sel dari dalam tubuh, jangan pernah sia-siakan. Artinya, Anda harus menjaga kualitas dari tidur malam agar memberikan semangat baru ketika pagi hari, yang paling penting kualitas bukan kuantitas. Namun dari itu semua, banyak orang dewasa yang mengeluhkan penyakit insomnia atau tidak bisa tidur malam dengan baik.

Banyak sekali hal-hal sederhana yang dapat memberikan kesempatan Anda tidur pada malam hari itu lebih nyenyak, di antaranya:

1. Bangun di Waktu yang sama

Hal ini merupakan salah satu hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan tidur yang nikmat dan nyenyak pada malam hari. Karena dengan bangun pagi pada waktu yang sama secara langsung, akan mengatur jam biologis dari tubuh untuk lebih berenergi lagi. Dengan memperlama waktu bangun tidur akan memberikan efek buruk yang kurang segar dan lemas saat beraktivitas.

2. Olahraga dan Berjemur

Melakukan kegiatan olahraga menjadi salah satu hal rutin yang bisa menjaga kesegaran atau kebugaran dari tubuh Anda. Bukan hanya itu saja, berjemur di pagi hari juga dapat memberikan kesempatan tubuh untuk lebih dapat meningkatkan hormon positif dalam tubuh. Tidak perlu keras, hanya dengan melakukan olahraga kecil, seperti jalan ataupun berlari 20 menit saja akan memberikan efek baik pada tubuh Anda.

3. Hindari Kafein

Kopi atau teh memang merupakan jenis minuman yang mengandung cukup banyak kafein di dalamnya. Nah, jika Anda ingin menjaga kualitas tidur nyenyak di malam hari, ada baiknya menghindari untuk mengonsumsi minuman sejenis tersebut. Bisa saja mengonsumsi hanya dalam batasan waktu tertentu. Misalnya, pada bagi hari ataupun siang hari, jangan mendekati waktu tidur Anda konsumsi sejenis tersebut.

4. Tidur Siang

Ternyata dalam tubuh seseorang itu akan mengalami dua puncak kelelahan antara siang hari dan pagi hari. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda meluangkan sedikit waktu pada siang hari untuk beristirahat dengan baik. Jangan terlalu lama, sekitar 20 sampai dengan 30 menit saja akan memberikan kualitas tidur malam yang lebih baik.

5. Hindari Makan Saat akan Tidur

Ini merupakan tips yang terakhir, jangan biasakan makan mendekati waktu tidur karena akan memberikan efek buruk. Apalagi ketika Anda langsung tidur setelah makan, asam lambung akan meningkat dan mudah sekali terbangun pada malam hari.

Dengan melakukan beberapa cara yang telah dibagikan di atas bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik lagi. Meskipun tidur malam sebuah keharusan, tetapi jangan sembarangan. Kualitas yang baik akan berimbas pada kesehatan, kebugaran, dan kesegaran Anda saat beraktivitas di pagi hari. Setelah tidur nyenyak pada malam hari, potensi lebih semangat menjalankan aktivitas pagi itu lebih tinggi lagi. Jadi bagaimana, masih ingin membiasakan tidur yang sembarangan pada saat malam hari?

%d blogger menyukai ini: