Bangun lebih Pagi, Yuk! Ini Dia Caranya!

Scroll down to content

Banyak sekali orang yang membenci bangun pagi, apalagi ketika hal itu merupakan momen yang bukan menjadi kebiasaan Anda. Memang ada beberapa waktu yang mengharuskan Anda untuk bangun lebih pagi karena acara ataupun beberapa agenda. Dengan begitu, yang ada dalam bayangan adalah waktu tidur yang terpotong banyak. Tidak heran jika saat itu terjadi banyak sekali orang yang mengeluhkan, mungkin karena sulit ataupun masalah yang lain. Namun terlepas dari itu semua, pada kenyataannya membiasakan diri untuk bisa bangun pagi itu ternyata menyenangkan.

Sebelumnya Anda perlu paham terlebih dahulu bahwa setiap kali seseorang beristirahat, tubuhnya akan melalui yang namanya siklus tidur, ini terdiri dari beberapa tingkatan. Umumnya pada tingkat 1 sampai dengan tingkat 4 atau 5, yang mana Anda sudah sangat nyenyak sekali atau bermimpi. Jika Anda melalui tahapan pada siklus 4 atau 5, tentu saja akan lebih sulit untuk bangun. Bahkan tubuh seakan menolak sekali pada bagian tersebut. Kepulasan akan terganggu ketika diharuskan untuk bangun pagi, makanya memicu kejengkelan.

Bagi Anda yang ingin membiasakan untuk bisa bangun pagi sebenarnya mudah saja. Makanya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan seperti berikut ini:

1. Pahami Alasan Bangun Pagi

Ini merupakan salah satu hal yang perlu Anda siapkan sebelum membiasakan diri untuk bangun pagi. Dengan alasan yang jelas secara otomatis akan memberikan motivasi pada diri sendiri untuk mengubah kebiasaan bangun siang. Dengan motivasi itu pula Anda tidak perlu lagi untuk meminta bantuan orang lain membangunkan.

2. Ketahui Jam Istirahat Tubuh

Lalu yang kedua, Anda harus mengetahui jam istirahat tubuh Anda, ini penting sekali untuk mematok kapan Anda harus bangun. Misalnya saja, dengan 7 jam Anda bisa langsung melewati 4 siklus sekaligus. Dengan begitu Anda bisa bangun pagi jam 7 dengan waktu tidur malam maksimal jam 11 malam. Secara awam ini sering sekali disebut dengan kebiasaan, tetapi secara medis ini merupakan pemahaman mengenai jam istirahat tubuh.

3. Matikan Lampu saat Tidur

Adanya lampu, televisi, dan beberapa barang elektronik lainnya yang masih menyala saat Anda tertidur ini merupakan salah satu masalah. Karena beberapa benda tersebut membuat Anda tidak segera pergi tidur pada malam hari. Setting diri Anda untuk lebih teratur lagi dalam istirahat malam agar bisa membiasakan diri cepat bangun pada keesokan harinya.

4. Nyalakan Lampu saat Bangun

Adanya lampu atau cahaya yang menyala pada pagi hari dapat menjadi stimulasi bagi tubuh Anda, jika waktu tersebut saatnya untuk bangun. Cahaya tersebut bisa datang dari lampu ataupun matahari pagi, ini merupakan salah satu cara yang cukup ampuh. Untuk membangunkan mood Anda bisa berjalan di pagi hari dengan udara segar.

5. Atur Kegiatan Malam

Inilah yang sering sekali menjadi kendala ketika bangun di pagi hari, kegiatan malam yang tidak terkontrol dengan baik membuat Anda harus bangun lebih siang. Jika Anda mempunyai keinginan untuk membiasakan diri bangun lebih pagi, tentu saja harus mengatur dengan baik kegiatan apa saja yang bisa dilakukan dan tidak bisa dilakukan.

Nah, itulah beberapa cara atau tips yang dapat Anda gunakan untuk membiasakan diri bangun lebih pagi lagi. Jika Anda sudah mempunyai kebiasaan tersebut dengan baik, percayalah ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bangun lebih awal. Kesehatan tentunya menjadi yang utama, kesegaran tubuh, lalu semangat baru yang lebih tinggi lagi untuk dapat melakukan berbagai aktivitas. Jadi, semoga 5 tips di atas bermanfaat.

%d blogger menyukai ini: