Penyakit kanker adalah salah satu jenis penyakit yang banyak sekali menyerang penduduk dunia, dan kebanyakan dari penyakit itu merupakan penyakit yang berbahaya, jika sudah memasuki tahap akhir. Apabila Anda menjaga gaya hidup yang sehat, serta rajin mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, maka Anda bisa membantu tubuh Anda untuk menghindarkan diri dari penyakit kanker. Bagi wanita, penyakit kanker yang paling sering diderita adalah kanker serviks, yang tentu saja menyerang rahimnya. Menurut penelitian di dunia, ada sekitar satu juta wanita yang memiliki penyakit kanker serviks. Jadi, sebaiknya Anda bisa kenali lebih dekat kanker serviks sejak dini agar bisa menanggulanginya dengan lebih cepat dan menjadi tetap sehat.

Sekilas tentang Kanker Serviks

Kanker berasal dari pertumbuhan sel yang tidak normal yang menyerang satu bagian tubuh atau sistem dalam tubuh. Untuk jenis kanker serviks ini adalah kanker yang menyerang bagian rahim atau lebih tepatnya bagian leher rahim wanita. Pada saat wanita terkena kanker serviks,maka pada bagian leher rahimnya akan tumbuh sel tidak normal yang sebenarnya memiliki banyak gejala awal yang bisa dideteksi. Namun,terkadang wanita yang mengalami gejala awal kanker serviks itu tidak tahu atau tidak mau tahu dengan keadaan kesehatannya,sehingga dengan demikian gejala awal itu terlewati. Oleh karena itu,sebaiknya kenali lebih dekat kanker serviksini dan gejalanya seperti di bawah ini:

  1. Mengeluarkan Darah yang tidak Normal dari Organ Intim Wanita

Tentunya setiap bulannya wanita memang normalnya akan mengeluarkan darah dari organ intimnya atau dari vaginanya, hal tersebut adalah bagian dari sistem reproduksi wanita yang sering disebut sebagai haid. Namun, apabila tiba-tiba Anda mengeluarkan darah dari bagian vagina di luar siklus haid Anda, maka Anda perlu khawatir dengan keadaan itu. Sebab, tentunya itu adalah suatu gejala yang tidak wajar dan merupakan salah satu tanda awal kanker serviks. Apabila Anda mengalaminya lebih dari sekali, maka Anda wajib memeriksakan diri Anda ke rumah sakit agar mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

  1. Keputihan yang tidak Biasa

Keputihan yang tidak biasa atau tidak normal memang sering kali menjadi tanda-tanda bahwa kesehatan alat reproduksi sedang tidak normal. Hal ini bukan hanya menjadi gejala awal kanker serviks saja, namun ada juga beberapa penyakit lainnya yang berhubungan dengan alat reproduksi wanita yang tanda-tanda awalnya adalah mengalami keputihan yang tidak biasa. Sebenarnya setiap wanita pasti mengalami keputihan, tetapi keputihan tidak biasa terjadi apabila cairan yang keluar itu berbau menyengat dan juga memiliki warna. Apabila Anda mengalami keputihan yang demikian, segera periksa diri Anda ke dokter untuk mengetahui apakah itu tandanya Anda mengalami kanker serviks atau penyakit lainnya.

  1. Rasa Nyeri di Bagian Panggul

Ketika Anda mengalami haid setiap bulannya, maka wajar saja jika Anda mengalami rasa nyeri di bagian panggul Anda. Namun, tidak semua wanita merasakan rasa nyeri di bagian panggul saat sedang haid, ada juga yang tidak merasakan apapun dan tetap sehat. Jikas uatu saat tiba-tiba Anda merasakan rasa nyeri pada bagian panggul Anda padahal Anda sedang tidak dalam keadaan haid, maka Anda bisa merasa curiga dengan apa yang sebenarnya terjadi pada Anda. Jangan malas untuk memeriksakan diri Anda ketika Anda mengalami beberapa hal di atas karena kanker serviks bisa menyebar dengan cepat.

Jadi, mulai sekarang para wanita harus lebih mewaspadai penyakit ini. Samakin cepat Anda mengetahui bahwa Anda mengidap penyakit berbahaya ini, maka semakin cepat Anda ditolong, dan kemungkinan untuk sembuh pun masih ada. Dan, jika Anda sudah terbukti terkena kanker serviks, jangan pernah menyerah untuk melakukan pengobatan demi kesembuhan Anda.

%d blogger menyukai ini: