Cara Cepat Obati Luka agar tidak Infeksi

Scroll down to content

Tergores benda tajam atau juga tangan yang teriris pisau pastinya akan mengalami dan mendapati luka yang ada di bagian tubuh Anda yang terkena benda tajam tersebut. Luka yang ada di bagian tubuh, seperti tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya sudah pasti harus diobati dengan cepat, agar nantinya tidak akan menimbulkan masalah baru, yaitu infeksi. Untuk luka ringan sekalipun, tentu saja harus mendapatkan perawatan atau tindak lanjut pertama yang tepat dan juga cepat yang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke dokter ataupun klinik untuk membersihkan atau membuat luka tersebut menjadi bersih dan tidak akan ada kuman atau bakteri dari luar yang masuk ke dalam luka yang ada di tubuh Anda nantinya.

Pada dasarnya, luka ringan yang bisa untuk dilakukan perawatan serta langkah pertama untuk mengobatinya bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan juga cepat yang pastinya dengan hasil yang maksimal, seperti halnya dengan melakukan cara pembersihan terlebih dahulu atas luka yang Anda miliki yang bisa dilakukan dengan menggunakan air bersih atau air hangat, jika memang Anda tidak memiliki alkohol yang bisa digunakan dalam membersihkan luka ringan. Hal tersebut untuk membuat luka di tubuh menjadi bersih, dan setelah itu bisa dilakukan tindak pengobatan lainnya.

Untuk mencegah terjadinya luka ringan di tubuh anggota keluarga Anda terkena infeksi atau nantinya semakin bertambah parah, usahakan bahwa di dalam rumah telah tersedia peralatan, serta obat-obatan yang memang dibutuhkan untuk bantuan atau pertolongan pertama pada luka seperti kebutuhan P3K yang memang biasanya selalu ada di dalam setiap rumah. Hal tersebut tentu saja sebagai cara untuk memberikan pertolongan pada saat ada anggota keluarga yang luka ataupun sakit.

Melakukan perawatan terhadap luka yang bisa dilakukan sendiri di rumah memang ada baiknya, jika luka yang akan Anda obati atau tangani nantinya luka yang terbilang ringan, atau tidak membutuhkan tangan dokter di sana. Karena, jika memang luka yang dialami lebih berat dan juga berbahaya, tentu saja cara yang paling tepat adalah dengan membawanya ke dokter terdekat, agar bisa diobati dengan cara yang tepat dan di tangan yang tepat pula.

Luka ringan yang ada di anggota tubuh Anda tentu saja tidak bisa untuk dilihat dan dianggap ringan karena nantinya dari luka tersebut bisa bermunculan masalah baru, seperti halnya infeksi di daerah sekitar luka yang akan membuat tubuh menjadi lemas, bahkan bisa menimbulkan jenis penyakit lainnya, jika luka tersebut diakibatkan oleh benda yang memiliki bakteri atau kuman jahat di dalamnya. Oleh sebab itu, luka ringan atau juga luka kecil sekalipun harus bisa segera diobati dan jangan ditunda untuk segera dibersihkan dan dibalut menggunakan alat balut yang sudah tersedia di dalam kotak P3K yang sudah Anda siapkan di rumah.

Mengobati luka sendiri di rumah juga harus dipastikan bahwa alat yang Anda gunakan memang merupakan alat kesehatan yang tidak dicampur dengan alat rumah tangga lainnya. Seperti, alat gunting yang memang merupakan alat yang hanya dipakai untuk mengobati luka saja dan tidak dipakai untuk kebutuhan rumah tangga lainnya yang harus dalam keadaan steril.

Nah, itu dia tadi tips dan trik yang bisa kami bagikan untuk Anda sekalian supaya ketika Anda atau anggota keluarga atau orang di sekitar Anda ada yang terkenal luka, dapat langsung ditolong dengan cara yang tepat dan cepat. Namun, alangkah lebih baik lagi jika Anda lebih hati-hati supaya jangan sampai terkena luka atau goresan yang bisa saja mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

%d blogger menyukai ini: