Diabetes menjadi penyakit yang banyak menyerang orang tua, bahkan anak muda hingga anak kecil sekalipun yang disebabkan oleh banyak factor, dimana salah satunya adalah faktor keturunan dari orang tua. Penyakit diabetes yang satu in,i juga memiliki jenis yang berbeda yang tentu saja perbedaan dari jenis penyakit diabetes ini akan menjadi pembeda untuk waktu atau cara pengobatan orang tersebut nantinya. Ada 2 jenis penyakit diabetes yang harus Anda tahu sejak dini agar nantinya bisa menjadi satu pedoman hidup untuk bisa lebih menyayangi tubuh dan kesehatan Anda sendiri dengan mulai memerhatikan apa yang Anda makan, dan apa yang Anda jalani agar tidak menjadi penyebab munculnya penyakit diabetes yang juga menjadi salah satu penyakit yang berbahaya di dunia.

Ketika seseorang sudah terkena penyakit diabetes, maka orang tersebut harus tahu bahwa ia berada dalam kondisi atau jenis diabetes yang mana agar bisa mengikuti anjuran dokter yang menanganinya nanti. Diabetes jenis tipe 1 dan juga tipe 2 tentu saja memiliki perbedaan, terutama dari sisi faktor yang menjadi penyebab penyakit tersebut. Untuk tipe 1 sendiri memang penyakit yang dikarenakan kurangnya daya tahan imun di dalam tubuh, yang bisa menyerang pada saat usia anak-anak. Dan, orang yang menderita penyakit dengan tipe 1 ini membutuhkan yang namanya suntik insulin yang harus dilakukan secara teratur agar bisa tetap sehat dan beraktivitas seperti biasa. 

Untuk jenis atau tipe 2 dari penyakit diabetes memang biasa dikarenakan faktor berat badan yang berlebih, yang mana hal ini sudah banyak menimpa anak muda yang memiliki pola makan yang berlebih, sehingga berat badan tidak terkendali. Hal tersebut tentu saja menjadi satu hal yang berbahaya yang mana orang tersebut membutuhkan obat dan penanganan yang tepat, sehingga harus memiliki pola makan yang lebih baik. Karena dengan berat badan yang terlalu berlebih memang lebih rentan untuk terkena penyakit, seperti diabetes.

Menghindari penyakit diabetes yang bisa disebabkan oleh adanya faktor keturunan dari orang tua, tentu saja bisa dilakukan dengan cara menjaga gaya hidup Anda. Jangan terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsi minuman dingin dan minuman manis secara berlebihan. Mengonsumsi makanan sehat dan tidak mengandung banyak minyak serta gula. Dan yang paling penting adalah rutin dan rajin berolahraga agar tubuh sehat dari dalam.

Diabetes memang penyakit yang berbahaya, yang mana ketika seseorang sudah menderita penyakit ini bisa memicu timbulnya penyakit berbahaya lainnya, biasanya disebut sebagai komplikasi Hal tersebut biasanya terjadi karena memang kurangnya kesadaran untuk berubah sehingga kadar gula yang ada di dalam tubuh pun semakin bertambah dan tidak bisa dikontrol kembali. Hal tersebut biasanya terjadi pada orang tua yang sudah berumur, yang mana kondisi tubuh yang semakin menurun sehingga membuat penyakit lain mudah masuk ke tubuh.

Untuk orang-orang yang memiliki penyakit diabetes, tentu saja harus memiliki alat khusus yang bisa melakukan pengecekan sendiri terhadap kadar gula yang ada di dalam tubuh mereka setiap harinya. Hal tersebut untuk membuat tubuh menjadi lebih aware dengan makanan yang dikonsumsi sehingga tidak akan membuat gula terlalu tinggi dan terlalu rendah yang bisa membuat tubuh menjadi lemah sampai harus di bawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih serius.

%d blogger menyukai ini: