Saatnya Atasi Sakit Kepala Anda tanpa Obat

Scroll down to content

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang pernah dialami semua orang yang ada di muka bumi ini. Meskipun bukanlah jenis penyakit yang serius, tetapi takayal penyakit ini bisa mengganggu aktivitas yang sedang dijalani. Tidak hanya mengganggu konsentrasi, rasa berdenyut pada kepala juga cukup membuat tubuh malas untuk beraktivitas. Biasanya untuk meredakannya, sebagian orang meminum obat sakit kepala. Untuk penggunaan sekali dua kali tentu tidak akan terlihat dampaknya pada tubuh. Namun, jika mengonsumsi obat menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap kali terserang sakit kepala, tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh jangka panjang.

Pasalnya obat-obatan yang dijual terbuat dari bahan kimia, yang jika masuk ke tubuh terus-menerus akan berdampak buruk pada kesehatan di kemudian hari. Daripada mengambil risiko besar untuk kesehatan tubuh, ada baiknya mencari alternatif lainnya dalam menangani sakit kepala yang sering mendera. Tentunya penanganan yang dimaksud di sini tanpa mengandalkan obat-obatan kimia. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit kepala tanpa meminum obat, yaitu:

1. Memijat bagian pelipis dan melakukan peregangan

Agar sakit kepala semakin berkurang, lakukan pijatan kecil pada bagian pelipis selama beberapa menit. Lakukan juga peregangan kecil agar otot-otot menjadi rileks, terutama pada bagian leher dan tangan.

2. Beristirahat di ruangan yang gelap dan sunyi

Saat sakit kepala menyerang sebaiknya lakukan istirahat sejenak. Anda bisa beristirahat di tempat yang gelap dan sunyi, karena umumnya sakit kepala sangat peka dengan cahaya dan suara. Biarkan otot-otot Anda yang tegang agar rileks kembali. Anda juga bisa mendengarkan musik-musik lembut agar semakin rileks.

3. Mengompres kepala dengan es batu atau air panas

Cara ini mungkin cukup sering dilakukan oleh orang-orang dalam mengatasi sakit kepala dan terbilang cukup manjur. Daripada menggunakan obat-obatan kimia, Anda bisa mengatasi sakit kepala dengan metode ini. Anda cukup mengompres bagian di sekitar bahu dan leher agar lebih rileks. Hal ini nantinya akan membuat sakit kepala yang dialami mereda. Untuk sakit kepala yang disertai rasa berdenyut-denyut, Anda bisa menggunakan es batu untuk mengompresnya. Caranya, dengan membalut es batu tersebut dengan handuk, kemudian menempelkannya pada pelipis dan dahi.

4. Minum air putih

Sakit kepala bisa menjadi indikasi tubuh Anda mengalami dehidrasi. Karena saat tubuh dehidrasi, pembuluh darah pada otak mengalami kesulitan dalam mengatur kadar cairan tubuh, sehingga menyebabkan terjadinya sakit kepala. Oleh karena itu, salah satu penanganan sakit kepala yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminum air putih. Untuk menghindari hal yang sama terjadi, konsumsi air putih yang cukup setiap harinya.

5. Minum air jahe

Minuman air jahe sangat berkhasiat untuk meredakan rasa nyeri pada kepala. Anda bisa menambahkan madu dan lemon ke dalamnya. Minum selagi masih hangat. Namun, perlu diwaspadai pada penderita hipertensi dan mengalami sakit kepala tegang, karena minuman jahe ini jika dikonsumsi bisa menaikkan tekanan darah dalam tubuh.

6. Makan kentang rebus

Menurut salah satu ahli vitamin, kalium bisa menjadi salah satu pereda nyeri yang alami. Selain itu, kekurangan kalium juga diketahui bisa menyebabkan sakit kepala. Salah satu bahan makanan alami yang mengandung kalium tinggi adalah kentang. Sehingga saat Anda terserang sakit kepala, Anda bisa memanfaatkan bahan makanan ini untuk meredakannya. Caranya, dengan mengonsumsi kentang yang sudah direbus. Cara ini tentunya terbilang cukup menarik untuk dilakukan ketika sakit kepala dan pastinya juga mengenyangkan.

Mulai sekarang, kurangilah penggunaan obat-obatan saat Anda mengalami sakit kepala. Kembali lagi, mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia tidak akan baik bagi tubuh kita untuk jangka Panjang. Silakan mencoba 6 tips di atas dan semoga bermanfaat, ya!

%d blogger menyukai ini: