Penuaan memang proses alami tubuh yang akan dialami oleh semua orang. Tapi terkadang penuaan bisa terjadi lebih cepat dari yang seharusnya. Dan tentunya ini akan berdampak beberapa hal.

Penuaan itu Pasti, tapi Penuaan Dini Patut Diwaspadai

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa semua orang pasti akan mengalami penuaan tubuh. Penuaan pada tubuh ini bisa terlihat dari beberapa hal, seperti rambut yang memutih, organ tubuh yang mengalami penurunan fungsi, maupun kulit yang nampak keriput. Penuaan itu pasti terjadi, tetapi tahukah Anda bahwa ternyata penuaan juga bisa terjadi lebih dini.

Meskipun semua orang akan tua, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua orang ingin terlihat awet mudah. Hal ini bisa dibuktikan dengan semakin banyaknya orang yang melakukan berbagai cara untuk mencegah terjadinya penuaan tersebut.

Kebiasaan Buruk yang Memicu Penuaan Terjadi lebih Cepat

Disadari atau tidak sebenarnya berbagai masalah dalam tubuh termasuk dengan penuaan dini dipicu oleh kebiasaan orang itu sendiri. Ada beberapa hal kebiasaan atau gaya hidup yang terjadi bisa menyebabkan penuaan terjadi lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Kurang Istirahat

Perlu diketahui bahwa tubuh memang membutuhkan istirahat yang cukup agar tubuh juga bisa beristirahat dengan baik. Jika tubuh kekurangan waktu untuk beristirahat, akan memicu berbagai masalah terutama terjadinya penuaan dini yang biasanya terlihat dari kondisi kulit yang kusam, muncul keriput, dan juga kendur.

  • Stres

Stres memang kondisi yang dialami oleh siapapun. Meskipun wajar, tetapi juga perlu diperhatikan karena ternyata stres dapat menyebabkan penuaan dini. Sehingga ada baiknya Anda mampu mengelola stres agar terhindar dari penuaan dini.

  • Asupan Tubuh yang Kurang

Agar tubuh terlihat sehat dan tidak cepat mengalami penuaan, maka Anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kebutuhan asupan sayur, buah, air putih, dan berbagai asupan sehat lainnya.

  • Alkohol

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa alkohol memang berdampak buruk bagi tubuh. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan mampu memicu berbagai dampak buruk pada tubuh dimana salah satunya proses penuaan yang terjadi lebih cepat.

  • Kurang Gerak

Jika ingin memiliki tubuh yang bugar, sangat dianjurkan untuk membiasakan diri berolahraga. Atau setidaknya melakukan berbagai aktivitas tubuh. Karena ternyata tubuh yang kurang gerak juga dapat memicu penuaan dini.

  • Menyepelekan¬†Sunblock

Paparan sinar UV memang tidak boleh dianggap sepele. Meskipun terdengar sederhana, namun sebaiknya memang perlu diperhatikan. Banyak yang menyepelekan fungsi dari sunblock. Pada sunblock ini bisa menjadi salah satu cara termudah untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Efek dari paparan sinar UV ini mampu memicu berbagai penuaan dini seperti terjadinya pigmentasi kulit, keriput halus dan yang paling serius adalah kanker kulit. Sangat disarankan untuk mengaplikasikan sunblock sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Penuaan dini memang menjadi hal yang paling ditakuti oleh semua orang. Karena penuaan yang terjadi lebih dini akan membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda sebenarnya. Selain itu, penuaan dini juga menyebabkan seseorang yang mengalami terlihat kusam, tidak segar, dan kurang enak dipandang. Sehingga sebelum Anda mengalami penuaan dini tersebut, ada baiknya Anda melakukan berbagai upaya pencegah untuk mengantisipasinya. Apalagi saat berbagai upaya pencegahan tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah kesadaran menjaga tubuh, serta ketelatenan dalam melakukan upaya pencegahan terhadap penuaan dini itu sendiri.

%d blogger menyukai ini: