Jangan Sepelekan Penyakit Gangguan Pencernaan!

Scroll down to content

Kesehatan tubuh Anda merupakan sebuah aset masa depan yang sangat vital, sedikit saja tubuh Anda terserang penyakit, maka seluruh bagian tubuh lainnya juga akan merasakan kesakitan. Ada yang bilang bahwa semua penyakit bersumber dari organ pencernaan, bisa dibenarkan memang demikian. Namun, perlu Anda ketahui lebih dekat, apa saja penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Yuk, simak daftar di bawah ini:

  1. Diare

Perut mulas dan bolak balik ke kamar mandi merupakan gejala diare (mencret), yang disebabkan oleh bakteri tertentu, efek memakan yang bersifat asam, atau efek obat lain. Penyakit diare terlihat sepele, tetapi jika terus dibiarkan akan berakibat fatal. Anda bisa terserang dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh, cairan yang telah keluar banyak tersebut tidak bisa digantikan jika Anda tidak segera mengonsumsi air mineral yang banyak. Ada beberapa pemicu diare, yaitu:

  • Mengonsumsi makanan basi (tidak memerhatikan tanggal kedaluwarsa);
  • Makanan asam tinggi dan pedas;
  • Pola makan yang salah;
  • Masuk angina;
  • Efek samping penggunaan obat lainnya.

Pertolongan pertama jika Anda diare adalah segera minum teh pahit hangat, dan biarkan perut Anda diolesi dengan minyak angin, kemudian disusul minum larutan oralit (campuran gula dan garam secukupnya) satu gelas terlebih dahulu. Jangan buru-buru minum obat kimia karena tubuh akan kecanduan dengan zat aktif yang ada di obat kimia tersebut.

  1. Konstipasi atau Sembelit

Konstipasi kebalikan dari diare, jika diare sangat mudah sekali buang air besar, maka konstipasi sangat susah sekali, bahkan sakit ketika hendak buang air besar. Penyebabnya sangat sepele sekali, Anda kekurangan zat serat (fiber) yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi sayuran hijau. Pada orang normal, frekuensi buang air besar sehari sekali saja, tetapi ada beberapa orang yang dua hari sekali dan tanpa masalah sembelit saat buang air besar.

  1. Radang Usus Buntu (Apendiksitis)

Usus buntu sering disalahartikan sebagai penyakit yang ada di usus halus, hal itu salah besar. Usus buntu menempel di bagian kiri bawah usus besar, atau bisa disebut dengan umbai cacing. Penyebabnya adalah penyumbatan di lubang penghubung usus buntu dengan usus besar. Materi penyumbatnya sangat banyak sekali, bisa karena lendir yang mengupil, atau benda asing yang tidak bisa keluar bersamaan dengan feses. Gejalanya rasa sakit yang mencekat di perut bawah sebelah kanan.

  1. Maag

Penyakit maag tentunya sering menyerang Anda yang sedang dalam pekerjaan dengan tekanan tinggi, namun penyakit radang pada lapisan mukosa dinding lambung ini sebenarnya bisa diatasi dan sembuh total. Anda bisa mencari tahu asal mula penyebabnya dan segera menanggulanginya. Jika organ pencernaan lambung terasa panas, perih, dan sedikit begah setelah Anda memakan pedas, tentunya lain kali Anda hindari mengonsumsi makanan demikian. Anda juga harus disiplin menjaga pola makan, sedikit tetapi sering akan jauh lebih baik, ketimbang banyak dan tidak teratur. Kondisi lambung yang demikian mengakibatkan stres lambung dan asam HCl naik dari kadar yang seharusnya.

  1. Gastrointestinal

Istilah itu sama dengan pendarahan lambung karena beberapa faktor kronis pemicunya. Pendarahan yang keluar terjadi melalui mutah darah, berak darah dengan feses yang bercampur darah hitam atau feses yang berlendir. Penyebabnya antara lain:

  • Lapisan lambung yang terluka;
  • Radang kronis di area usus;
  • Kanker pencernaan.

Mengenal penyakit yang berhubungan dengan organ pencernaan sangat berguna buat Anda agar bisa menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta tidak mengganggu pencernaan Anda.

Sumber Foto: Kaskus

%d blogger menyukai ini: