Perlu Lakukan Stretching di Kantor, ini dia Tahapannya!

Scroll down to content

Anda yang seharian berhadapan dengan meja dan kursi kantor memang melelahkan, khususnya area punggung dan pinggang. Kedua area tersebut rentan sekali dengan sakit sendi karena kurangnya gerakan stretching, gerakan itu sama dengan olahraga yang simple, namun menyehatkan. Saat melakukan gerakan ini, terkadang akan berbunyi “krek” pada tulang Anda dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Bunyi “krek” itu menandakan bahwa tulang sedang mengalami masa jenuh dari posisi awal.

  1. Posisi Cat-Cow

Pada posisi ini Anda cukup duduk tegap di kursi yang nyaman, tangan lurus ke paha, serta busungkan dada Anda semaksimal mungkin selama 2 menit. Setelah itu, kembali ke posisi tegap dan bungkukkan punggung Anda perlahan diiringi leher dan kepala yang menunduk melihat paha Anda sendiri. Lakukan hal itu berulang-ulang selama 5 menit. Aktivitas cat-cowini bisa mengencangkan otot perut Anda dan mengurangi tegang di tulang punggung. Jangan lupa mengatur napas agar syaraf tidak kaget.

  1. Posisi Arm and Shoulder Stretch

Anda bisa tetap duduk tegap di kursi nyaman dengan merapatkan kedua tangan dan jari-jarinya lurus ke depan hidung Anda. Balikkan tangkupkan jari tangan dan lakukan selama 2 menit saja, kemudian tarik ke atas 90 derajat hingga lengan menempel pada telinga Anda. Sekarang posisinya adalah tangkupkan jari tangan berada tepat di atas kepala Anda. Lakukan aktivitas ini selama 5 menit saja berulang-ulang.

  1. Posisi Leg Stretch

Bagian tangan sudah dilakukan maka saatnya ganti bagian kaki, Anda masih tetap duduk tegap, tetapi kaki kanan diluruskan selama 1 menit, bergantian dengan kaki kiri diluruskan, juga selama 1 menit. Lakukanlah selama 20 hitungan agar aliran darah tidak berhenti di area pantat.

  1. Posisi Seated Twist

Perut buncit salah satu penyebab Anda tidak percaya diri mengenakan pakaian, hal itu bisa dikurangi dengan melakukan gerakan stretchingSeated Twist. Posisi ini Anda cukup memiringkan tubuh ke kanan dengan kaki rapat, tangan kanan memegang bagian bawah kursi dan tangan kiri memegang lutut kaki kanan. Lakukan dengan posisi berkebalikan, agar otot perut tertarik dan lebih ramping. Lakukan agak sering selama 10 menit, jika memang Anda memiliki perut buncit.

  1. Reversed Warrior

Regangkan kedua kaki Anda, tetapi masih duduk tegap, kemudian tariklah kaki kanan lebih pendek dari kaki kiri dengan posisi paha di bagian tempat duduk. Kemudian, kaki kiri diluruskan ke samping, sembari melakukan olahraga kaki, Anda buat sudut 180 derajat tangan kanan ke atas dan tangan kiri memegang bagian paha bawah kaki kiri. Lakukan dengan posisi yang sama untuk kaki kiri lebih pendek. Aktivitas ini membuat organ intim Anda lebih kencang.

  1. Back and Harmstring Stretch

Posisi ini Anda bisa sedikit lega karena harus meninggalkan kursi nyaman Anda sementara waktu. Anda berdiri di belakang kursi dan membungkuklah dengan sudut 90 derajat dengan tangan memegang sandaran kursi. Usahakan posisi lengan tangan melekat di telinga dan kepala selaras dengan posisi tangan. Aktivitas ini membuat tulang punggung Anda menjadi rileks dan aliran darah lancar kembali.

  1. Turn Away

Gerakan ini sangat sering Anda lakukan tanpa sadar, memutar kepala ke kiri dan ke kanan hingga membentuk sudut 360 derajat. Namun, Anda jangan lakukan menarik paksa kepala ke arah kiri atau kanan hingga berbunyi “krek”, hal ini malahan membuat cedera area leher. Tidak dibenarkan sama sekali dalam hal demikian tanpa panduan dari instruktur yang profesional.

Itu dia 7 tahapan gerakan stretchingdi kursi nyaman Anda, yang bisa dipraktikkan setiap hari tanpa mengeluarkan ongkos, namun kesehatan Anda bisa tetap terjaga. Selamat mencoba, ya!

%d blogger menyukai ini: