12 Jenis Penyakit Kronis Pengganggu Paru-paru Manusia

Scroll down to content

Paru-paru merupakan salah satu organ dalam manusia yangsangatberperan penting dalam sistem pernapasan. Disinilah respirasi terjadi. Respirasi adalah proses pergantian antara oksigen dari luar tubuh dengan karbondioksida dari dalam darah. Jika paru-paru terganggu, maka sistem pernapasan manusia bisa dipastikan akan terganggu juga.

Ada beberapa penyakit kronis yang membuat paru-paru manusia terganggu. Penyakit-penyakit ini adalah Pneumonia, Efusi Pleura, Pneumotoraks, Obstruktif Kronis, Emfisema, Silikosis, Legionnaries, Tuberkulosis (TBC), Asma, Bronkitis, Asbestosis, dan Penyakit Paru karena Kondisi Lingkungan Kerja.

  1. Pneumonia

Penyakit yang bisa diistilahkan dengan radang paru-paru/paru-paru basah ini sangat mengganggu paru-paru manusia. Bahkan bisa dibilang, penyakit ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian dan menular. Pneumonia bisa diidap anak-anak dan orang dewasa. Penyebabnya adalah virus atau bakteri Streptococcus pneumonia.

  1. Efusi Pleura

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit paru-paru yang sangat mengganggu. Karena akan merendam dua membran (pleura) yang mengelilingi paru-paru kanan dan kiri. Pleura bertugas melumasi paru-paru agar dapat mengembang dan berkontraksi di dalam dada. Orang yang mengidap TBC dan jantung juga berpotensi mengidap efusi pleura.

  1. Pneumotoraks

Penyakit ini mirip dengan penyakit efusi pleura, karena sama-sama mengganggu pleura. Disebabkan oleh rusaknya pembuluh darah alveolus. Hal ini membuat pleura bisa menerima udara dari luar, tapi takbisa mengeluarkannya. Penyakit ini jelas sangat berbahaya. Asma dan patah tulang bagian rusuk juga bisa memicu penyakit ini.

  1. Obstruktif Kronis

Penyakit ini masuk dalam kategori bronkitis kronis dan emfisema. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, akan membuat rusaknya jaringan di dalam paru-paru. Ciri-ciri penyakit ini mirip benar dengan asma. Orang yang mengidapnya akan mengalami sesak napas yang makin lama makin berat.

  1. Emfisema

Penyakit ini membuat alveoli pengidapnya menjadi rusak. Sehingga tubuhnya tidak mendapat asupan oksigen yang cukup. Pada umumnya, pengidap penyakit ini adalah para perokok.

  1. Silikosis

Penyakit ini muncul dari pengaruh lingkungan kerja, khusus pekerjaan yang berhubungan dengan konstruksi. Bahan silika disebut-sebut sebagai biang kerok atas munculnya penyakitnya. Walaupun bentuk silika tidak berbahaya, tetapi debu-debu silika yang terhirup akan menempel di bagian paru-paru, dari situlah penyakit ini muncul.

  1. Legionnaries

Penyakit ini disebabkan bakteri Legionella pneumophilia. Cara bakteri menginfeksi pada penyakit ini mirip dengan penyakit pneumonia.

  1. Tuberkulosis (TBC)

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycrobacterium tuberculosis, dan sering menjangkiti masyarakat. Dalam kasus kronis, penyakit ini sangat berbahaya (menyebabkan kematian) dan menular. Bisa menjangkiti orang dewasa dan anak-anak, dengan catatan sistem kekebalan tubuhnya sedang menurun.Karena bakteri Mycrobacterium tuberculosissebenarnya sudah ada di dalam tubuh manusia.

  1. Asma

Asma merupakan salah satu penyakit paru-paru yang juga sering menjangkiti manusia. Bisa dibilang, asma termasuk radang paru-paru yang memicu sesak napas bagi pengidapnya. Ciri khas orang yang mengidap asma adalah napas yang berbunyi,jika sedang kambuh. Asma dapat diturunkan secara genetik.

  1. Bronkitis Kronis

Penyakit ini merupakan penyakit radang di saluran udara paru-paru. Zat-zat yang terkandung didalam rokok ditengarai sebagai penyebabnya. Gejala penyakit ini ditandai dengan munculnya batuk berdahak yang takkunjung sembuh.

  1. Asbestosis

Penyakit ini merupakan penyakit rusaknya paru-paru akibat paparan zat asbes. Dalam beberapa kasus, penyakit ini bisa mengganas ketika berubah menjadi kanker. Jelas, penyakit ini tidak hanya mengganggu,tetapi juga berbahaya karena mengakibatkan kematian.

  1. Penyakit Paru-paru Akibat Kondisi Kerja

Selain disebabkan oleh zat-zat berbahaya, faktor lingkungan kerja juga memiliki peran besar terhadap sehat atau sakitnya paru-paru. Beberapa penyakit paru-paru, seperti asbestosis, silicosis, dan pneunoma, bisa muncul setiap saat. Penyebabnya adalah partikel-partikel kimia di lingkungan kerja yang taksengaja terhirup, dan membuat radang di paru-paru.

Nah, itulah 12 jenis penyakit kronis yang bisa menyerang paru-paru kita semua, baik itu masih anak-anak, mupun sudah tua. Oleh karena itu, selalu jaga kesehatan Anda agar terhindar dari penyakit-penyakit kronis yang bisa mengganggu paru-paru Anda. Semuanya itu dimulai dengan hidup sehat.

%d blogger menyukai ini: