Penyakit sering timbul karena faktor sederhana namun dampaknya dapat mematikan. Pola hidup tidak sehat adalah salah satu timbulnya suatu penyakit. Salah satu penyakit yang sering dialami adalah otot kaku, ini disebabkan  kurangnya berolahraga, biasanya otot kaku ini akan timbul karena terlalu lama duduk di depan komputer atau terlalu lama berdiri. Otot kaku ini sangat mengganggu aktivitas Anda salah satunya badan Anda akan merasakan sakit. Banyak risiko yang ditimbulkan ketika otot menjadi kaku, Anda bisa mengalami cedera otot atau sendi, maka dari itu simak ulasan mengenai cara meredakan otot yang kaku berikut ini.

  1. Perbanyak Jalan Kaki

Melakukan jalan kaki adalah salah satu cara yang mudah dan lebih efektif dari pada mengonsumsi obat-obatan yang bisa membahayakan tubuh Anda. Banyak orang yang lebih percaya dengan mengonsumsi obat agar bisa langsung meredakan, bahkan menyembuhkan. Namun, Anda tidak tahu jika di dalam obat tersebut banyak senyawa kimia yang bisa merusak jaringan saraf Anda. Dengan memperbanyak jalan kaki, Anda bisa memperlancar jalannya sirkulasi darah. Lakukan hal ini di ruang terbuka dengan keadaan udara yang segar, jadi akan memberikan efek pada tubuh menjadi segar. Setelah melakukan jalan kaki, Anda juga perlu memerhatikan kesehatan, seperti tidur yang cukup dan memperbanyak minum air putih. Selain itu, Anda harus menjaga moodAnda agar tidak stres. Hal ini tentu akan membantu menyembuhkan  otot Anda yang kaku.

  1. Pergerakan Otot (Stretching)

Untuk menghindari otot kaku, Anda bisa melakukan stretching. Hal ini dilakukan untuk  meningkatkan serkulasi darah yang akan membantu melenturkan otot Anda kembali. Anda bisa melakukan pergerakan otot dengan yang mudah terlebih dahulu, seperti menarik kedua tangan ke atas dan memutar pinggang, hal ini memang tergolong simple, tetapi Anda bisa merasakan manfaatnya bagi tubuh nantinya.

  1. Kompres dengan Menggunakan Air Hangat pada bagian Otot yang Nyeri

Salah satu cara meredakan otot kaku adalah dengan mengompres menggunakan air hangat. Hal ini dilakukan untuk memperlancar aliran darah. Anda bisa melakukan hal ini pada bagian otot yang sakit atau kaku. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya tinggal menyiapkan air hangat, usahakan jangan teralu panas airnya. Celupkan handuk ke dalam air hangat tersebut, kemudian kompres pada bagian yang sakit. Jangan terlalu lama melakukannya karena efeknya dapat menghentikan sirkulasi darah yang mengalir dalam tubuh.

  1. Pijat

Cara untuk meredakan otot kaku yang sederhana adalah dengan melakukan pijatan secara lembut. Hal ini dilakukan untuk membantu memperlancar aliran darah dan meredakan nyeri otot. Bagi Anda yang ingin melakukan pijat, usahakan Anda mendatangkan tukang pijat yang sudah ahli dalam bidangnya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar cedera pada otot Anda tidak semakin parah. Bisa Anda bayangkan, jika Anda memijat sembarangan pada bagian otot yang sakit hal ini bisa menambah kondisi Anda menjadi buruk.

  1. Berendam dengan Garam

Mengalami otot kaku? Anda bisa memanfaatkan bahan dapur ini untuk menyembuhkannya. Garam dapur memang sangat dipercaya untuk menyembuhkan otot kaku, karena di dalam garam mengandung kandungan magnesium. Hal ini bisa membantu mencegah pengumpalan darah. Anda juga bisa merendam bagian tubuh Anda yang nyeri, untuk mengatasi otot-otot tubuh Anda yang kaku.

Demikianlah ulasan mengenai cara meredakan otot yang kaku semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan Anda, ya!

%d blogger menyukai ini: