Ayo Lakukan Aktivitas Sehat ini Saat Perut Kosong!

Scroll down to content

Kondisi perut kosong biasanya akan Anda hindari karena akan membuat tubuh lemas untuk melakukan berbagai kegiatan. Namun, ada kalanya Anda terpaksa membuat perut Anda kosong karena sedang diet, misalnya. Kondisi perut kosong juga selalu terjadi setelah bangun pagi.

Pada kondisi ini, aktivitas berat memang tidak disarankan. Tubuh membutuhkan banyak energi untuk melakukan berbagai pekerjaan. Kondisi perut kosong berarti pasokan energi ke tubuh menjadi terbatas. Daripada menyerah pada rasa malas, ada beberapa aktivitas sehat yang bisa Anda lakukan. Ayo disimak di bawah ini!

Latihan Kardio

Latihan kardio umumnya dilakukan dengan kegiatan berat, seperti zumba atau aerobik. Namun, bisa juga Anda melakukan aktivitas kardio yang tidak membutuhkan banyak energi. Selain itu, kegiatan ini juga membantu melatih fungsi paru-paru Anda. Anda bisa berjalan-jalan santai  atau joggingringan di sekitar rumah. Kegiatan sederhana ini berguna untuk memperbaiki metabolisme tubuh dan bisa mengurangi stres. Setelah melakukan kegiatan ini, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein untuk  mengembalikan kondisi tubuh Anda.

Berlatih Yoga

Yoga adalah salah satu kegiatan yang menyehatkan dan melatih kelenturan sendi-sendi tubuh. Ada beberapa gerakan yoga yang bisa Anda terapkan pada saat perut dalam kondisi kosong. Gerakan-gerakan yoga yang ringan, yang tidak membutuhkan banyak energi. Saat perut kosong adalah waktu ideal untuk melakukan yoga. Banyak gerakan yoga yang rumit, akan lebih mudah dilakukan saat perut Anda kosong. Selain itu, kondisi ini juga membuat perut Anda tidak mudah keram saat melakukan gerakan-gerakan tertentu.Anda juga bisa melakukan yoga meditasi untuk merelaksasi diri Anda. Selain itu, posisi meditasi yang tepat membantu memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh Anda.

Mendengarkan Musik

Aktivitas menyehatkan tidak melulu seputar kegiatan fisik. Mendengarkan musik-musik relaksasi atau musik dengan irama menyenangkan bisa menjadi pilihan terbaik untuk kesehatan otak Anda. Jika Anda menyukai musik dengan irama yang menyenangkan, pilihlah playlistfavorit Anda dan ikuti iramanya. Anda akan bergoyang mengikuti lagu-lagu kegemaran Anda. Bahkan tanpa Anda sadari, kegiatan ringan ini bisa membantu metabolisme tubuh Anda. Selain menyenangkan diri Anda, mendengarkan lagu favorit juga menjadi hal yang menyehatkan di saat perut Anda kosong. Hal ini juga membantu Anda melupakan bahwa Anda sedang menjalani diet.

Minum Air Putih

Minum air putih sebenarnya adalah kebiasaan yang wajib diterapkan sehari-hari. Namun pada kondisi tertentu, seperti bangun tidur dan perut masih kosong, meminum 2 gelas air putih memberikan manfaat lebih. Air putih tidak hanya memberi asupan cairan ke dalam tubuh. Pada kondisi perut kosong, mengonsumsi air putih akan membantu Anda meluruhkan racun-racun tubuh. Di samping itu juga, membantu mempersiapkan ginjal Anda untuk bekerja, sebelum Anda mengonsumsi makanan lainnya. Air putih juga membantu memperlancar saluran pencernaan dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga organ-organ tubuh dapat bekerja dengan maksimal sebelum Anda gunakan untuk aktivitas harian.

Empat aktivitas menyehatkan di atas bisa Anda biasakan dalam kegiatan rutin setiap hari. Selain mudah, kegiatan-kegiatan kecil di atas sangat berguna bagi tubuh Anda. Jadi, meskipun perut sedang kosong, ada baiknya Anda tidak langsung mengonsumsi makanan atau justru bermalas-malasan.

%d blogger menyukai ini: