Waspadai 4 Virus Penyebab Penyakit Kronis

Scroll down to content

Virus merupakan parasit yang ukurannya hanya dapat dilihat di bawah mikroskop. Virus dapat berkembang biak secara cepat dalam sel-sel tubuh tertentu. Infeksi dan penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus berlangsung cepat hingga sel-sel yang diserang hingga mati. Penyakit akibat virus bisa menjadi kronis, bila tidak ditangani dengan tepat. Berikut ini 4 penyakit berbahaya akibat virus yang harus Anda waspadai:

  1. Hepatitis B dan C

Hepatitis B dan C adalah tipe hepatitis yang paling berbahaya bagi manusia. Infeksi virus ini menyerang sel-sel hati sehingga fungsi hati terganggu. Penyebaran virus ini umumnya terjadi melalui adanya kontak darah.Infeksi kedua virus ini bisa mengakibatkan penyakit hati yang kronis. Gejala penyakit ini umumnya ditandai dengan kulit dan kuku berwarna kekuningan, nyeri sendi, hilang nafsu makan, nyeri di area hati, dan muntah-muntah.Penanganan penyakit hepatitis perlu dilakukan secepat mungkin. Pengobatan yang tepat akan mencegah kerusakan hati semakin parah. Keterlambatan penanganan juga bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit yang lebih kronis, misalnya kanker hati.Pengobatan baik secara medis maupun tradisional, selain menyembuhkan, juga mampu memperbaiki sel-sel hati yang rusak akibat serangan virus. Dalam masa penyembuhan, penderita wajib sering berkunjung ke dokter untuk memastikan bahwa virus telah benar-benar hilang.

  1. Rubella

Rubella atau campak Jerman merupakan salah satu yang dapat menyerang segala kalangan umur. Virus ini juga berbahaya bagi ibu hamil karena dapat mengakibatkan cacat bawaan pada bayi. Virus rubella menular melalui air liur penderitanya. Persebaran ini bisa terjadi saat penderita bersin atau batuk. Virus ini juga berpotensi menyebabkan bayi terlahir dengan sindrom rubella kongenital, bahkan meningkatkan kemungkinan kematian janin.Pada awal masa infeksi, virus ini tidak menunjukkan gejala apapun pada penderitanya. Gejala infeksi rubella ditandai dengan demam, sakit kepala, mata merah, pembengkakan kelenjar limfa, serta ruam-ruam di kulit.

  1. Zika Virus

Zika virus adalah salah satu virus yang dibawa oleh nyamuk yang sama dengan demam berdarah dan chikungunya. Virus ini juga bisa menyebar melalui hubungan intim dan bisa juga diturunkan kepada janin ibu hamil. Gejala infeksi Zika virus antara lain demam, ruam, gatal-gatal di seluruh tubuh, nyeri sendi, dan konjungtivitis. Belum ada obat untuk menyembuhkan infeksi Zika virus. Pengobatan umumnya dilakukan untuk mengurangi gejala dan nyeri akibat infeksi virus ini.Umumnya penderita akan pulih dalam waktu 1-2 minggu, namun ada beberapa kasus serius hingga menyebabkan kematian akibat virus ini. Gejala penyakit ini akan menjadi kronis apabila tidak ditangani secara tepat.

  1. HIV/AIDS

Human Immunodeficiency Virus atau HIV merupakan virus yang mengincar sel-sel sistem kekebalan tubuh manusia. Infeksi HIV mengakibatkan penyakit AIDS yang membuat penderitanya lemah terhadap serangan berbagai penyebab penyakit lainnya. Infeksi HIV menjadi salah satu penyakit kronis yang paling ditakuti, sebab menghancurkan antibodi yang berguna melawan berbagai penyakit. Penyebaran virus ini bisa terjadi bertahun-tahun, lambat laun tubuh penderita akan semakin lemah, dan mudah terjangkit bermacam penyakit. HIV umumnya ditularkan melalui kontak darah dengan penderita, seperti penggunaan jarum suntik bergantian, hubungan intim, dan transfusi darah. HIV juga bisa menular melalui ASI. Hingga saat ini, masih belum ada obat yang menyembuhkan penyakit ini. Beberapa obat mampu mengurangi dan mencegah perkembangbiakan HIV, tetapi tidak mengobati.

Itu tadi 4 virus yang dapat menyebabkan penyakit kronis. Apabila Anda atau keluarga menunjukkan gejala-gejala di atas, segeralah berobat ke dokter untuk memastikan kondisi Anda. Infeksi virus umumnya hanya bisa dipastikan melalui pemeriksaan darah.

%d blogger menyukai ini: