Coba Ikuti Gaya Hidup Sehat ala Penderita Diabetes

Scroll down to content

Diabetes menjadi penyakit yang cukup menakutkan. Pasalnya, diabetes menjadi sumber penyakit lainnya. Maka dari itu, pencegahan secara dini menjadi kunci utamanya. Salah satunya adalah mengontrol kadar gula darah Anda. Nah, bagi Anda yang ingin terhindar dari diabetes atau sekalian mau hidup lebih sehat, coba ikuti gaya hidup sehat ala penderita diabetes berikut ini.

Jaga Pola Makan Sehat

Pola makan sehat menjadi gaya hidup wajib untuk penderita diabetes. Mungkin bagi kita, menjaga pola makan sehat cukup sulit. Terlebih bagi anak perantauan yang mungkin sering mengonsumsi makanan siap saji. Namun sebenarnya, bukan berarti Anda tidak bisa makan enak. Justru, Anda bisa mengonsumsi makanan enak, tetapi sehat dan seimbang.

Salah satu pola makan yang harus dijalani oleh penderita diabetes adalah makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi, seperti madu, makanan manis, atau susu kental manis. Namun, bukan berarti Anda sepenuhnya menghindari mengonsumsi karbohidrat dan gula.

Pasalnya, tubuh manusia membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Anda bisa memiliki jenis karbohidrat kompleks yang lebih sehat. Pasalnya, jenis tersebut memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, contohnya gandum atau nasi merah.

Selain itu, Anda masih boleh mengonsumsi makanan manis, tetapi juga harus dibatasi. Jadi, cukup mengonsumsi makanan manis seperlunya saja. Bukan hanya itu saja, Anda juga membutuhkan asupan lemak. Maka dari itu, hindari makanan dengan kandungan lemak trans dan lemak jenuh, seperti fast food atau gorengan.

Tidak ketinggalan pula, makan banyak sayur dan buah yang memiliki kandungan serat tinggi di dalamnya. Kurangi juga mengonsumsi makanan dengan kandungan natrium atau garam, seperti makanan kemasan.

Makan dengan Porsi Seimbang

Setiap orang memiliki kebutuhan makanan dengan jumlah yang berbeda-beda. Kebutuhan makanan tersebut tergantung akan kebutuhan kalori yang diperlukan. Kebanyakan kebutuhan kalori seseorang tergantung akan tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan. Maka dari itu, kenali asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Ngemil boleh, Asalkan Indeks Glikemik Rendah

Siapa bilang kita tidak boleh ngemil untuk mengontrol kadar gula? Bahkan, penderita diabetes pun boleh ngemil. Walaupun memang memilih camilan untuk penderita diabetes cukup sulit, karena harus menghindari garam dan makanan manis. Nah, camilan untuk penderita diabetes yang tepat adalah buah-buahan.

Bukan hanya buah-buahan saja, kacang kedelai bisa menjadi camilan sehat untuk terhindar dari diabetes. Pasalnya, kacang kedelai memiliki kandungan glikemik yang rendah. Dengan begitu, gula darah akan lebih terkendali. Bahkan menurut penelitian, kacang kedelai merupakan makanan diet untuk mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan produksi insulin.

Jangan Lupa untuk Berolahraga

Olahraga menjadi bagian penting untuk menjalani hidup sehat dan terhindar dari diabetes. Anda tidak perlu bergabung pada klub olahraga atau gym. Ada beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan, seperti bersepeda, berjalan kaki, atau berlari. Asalkan olahraga yang dilakukan rutin, setidaknya satu minggu dua kali.

Selain itu, tidak perlu lama melakukannya. Cukup 30 hingga 45 menit saja. Dengan banyak bergerak, Anda bisa mengontrol kadar gula darah Anda. Selain itu juga, menurunkan berbagai risiko penyakit lainnya.

Kelola Stres

Mungkin Anda tidak tahu bahwa stres bisa meningkatkan kadar gula darah, serta tekanan darah. Maka dari itu, menghindari stres menjadi gaya hidup yang harus dilakukan. Anda bisa melakukan berbagai cara untuk menenangkan pikiran dan tidak stres. Salah satunya adalah dengan berlibur. Selain itu, menjaga pola tidur akan menghindarkan Anda dari stres.

%d blogger menyukai ini: