Hidung Anda Tersumbat? Ini Triknya supaya Tidur tetap Nyenyak!

Scroll down to content

Tidur yang nyenyak sangat memengaruhi kualitas tidur Anda. Dan pastinya, tidur yang nyenyak juga menjamin tubuh Anda segar dan bugar, ketika terbangun keesokan harinya. Akan tetapi, bagaimana kalau Anda sedang pilek sehingga hidung tersumbat dan mengganggu kenyamanan saat tidur sepanjang malam?

Bagi Anda yang sedang mencari cara untuk bisa tidur dengan nyaman dan tenang walau hidung sedang tersumbat, berikut ini ada berbagai trik ampuh dan aman yang bisa langsung Anda terapkan. Selamat mencoba!

Tidur tetap Nyenyak walau Hidung Tersumbat

  1. Minum Banyak Air Putih

Ingus atau lendir hidung yang kelewat lengket dan tebal bisa tertahan di dalam rongga hidung Anda, sehingga jalan napas pun terhambat. Untuk mengatasinya, Anda cukup minum banyak air sepanjang hari, baik itu saat minum obat, sesudah makan, atau kapan saja Anda merasa Anda butuh minum. Takperlu khawatir soal sering buang air kecil atau perut kembung. Sebab, ketika hidung Anda tersumbat, konsumsi banyak cairan bisa membantu cairkan lendir di dalam rongga hidung sehingga nantinya pernapasan Anda pun menjadi lancar.

  1. Saat Tidur, Posisikan Kepala Anda lebih Tinggi

Anda bisa melancarkan saluran hidung yang tersumbat karena ingus selama pilek untuk tidur nyenyak sepanjang malam dengan memposisikan kepala Anda lebih tinggi daripada tubuh. Karena itu, sebaiknya Anda tidur dengan menggunakan satu bantal tebal, atau tumpuk beberapa bantal tipis agar posisi kepala Anda pun lebih tinggi. Hindari tidur dengan posisi kepala dan tubuh rata atau lurus, yang justru malah membuat saluran hidung Anda tetap tersumbat.

  1. Gunakan Alat Pelembap Udara (Humidifier)

Humidifier atau alat pelembap udara berfungsi untuk melegakan tenggorokan dan pernapasan Anda. Dengan begitu, hidung tersumbat pun tidak perlu mengganggu tidur nyenyak Anda di malam hari. Selain itu, humidifier juga memberikan efek lembap yang membuat tidur jauh lebih nyenyak, meskipun Anda sedang tidak pilek sekalipun. Sekaligus mengembalikan kelembapan pada bibir dan kulit yang hilang saat Anda terlelap.

  1. Konsumsi Obat-obatan Antihistamine

Jangan lupa minum obat agar pilek Anda cepat sembuh. Dan sebelum tidur, pastikan Anda tidak melewatkan obat dengan kandungan antihistamine yang sudah diresepkan oleh dokter Anda. Jenis obat yang satu ini berfungsi untuk mengatasi radang karena alergi, sehingga lendir atau ingus yang menumpuk dan menyumbat rongga hidung Anda pun dapat berkurang. Apalagi, obat antihistamin memang memiliki efek mengantuk, sehingga Anda pun bisa terlelap dengan lebih cepat dan tidur nyenyak di malam hari.

  1. Atur Ulang Interior Kamar Anda dan Rapikan agar Kondisinya Nyaman

Membuat suasana kamar yang nyaman dan kondusif untuk tidur nyenyak bukan hanya wajib dilakukan jika hidung Anda sedang tersumbat. Bahkan, dalam kondisi tubuh yang sedang normal pun Anda perlu selalu mengatur isi kamar Anda agar 100% ideal untuk beristirahat dengan nyaman dan tenang. Misalnya, matikan lampu saat akan tidur, yang memang lebih bermanfaat untuk tubuh dibandingkan tidur dengan lampu menyala. Kalau Anda tidak suka kegelapan, Anda bisa gunakan lampu meja atau dimmer agar nyala lampu di kamar tidak terlalu terang dan tetap ideal untuk tidur. Dan jika Anda memiliki hewan peliharaan, jangan biasakan mereka untuk tidur atau bermain di kamar Anda, terutama di malam hari. Sebab, debu dan bulu yang dibawa oleh hewan peliharaan Anda justru akan memperparah kondisi pilek, flu, serta hidung tersumbat yang tengah Anda alami.

Sumber Foto: HelloSehat.com

%d blogger menyukai ini: