Cegah Penuaan Dini dengan Mengonsumsi Makanan ini

Scroll down to content

Tidak pernah ada kata terlalu dini untuk mencegah proses penuaan, bahkan jika umur Anda masih di awal 30-an, atau menjelang akhir 20-an. Sebab, dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan yang semakin tercemar oleh polusi dan radikal bebas, proses penuaan bisa terjadi lebih cepat. Dan begitu terjadi, bukan hanya kulit saja yang terpengaruh, tetapi kondisi tubuh Anda secara keseluruhan dari dalam.

Untungnya, ada berbagai jenis makanan sehat yang dapat membantu Anda mencegah proses penuaan dini sehingga Anda bisa tetap tampak muda lebih lama, sesuai dengan usia Anda. Ini dia jenis-jenis makanan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan, alias anti-aging!

  1. Alpukat

Adanya kandungan lemak takjenuh dan serat yang banyak terdapat di dalam alpukat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda serta mencegah risiko kanker. Dengan mengonsumsi alpukat yang rutin dalam jumlah yang tepat, maka Anda yang mengidap kolesterol pun dapat merasakan manfaat dari turunnya kadar kolesterol Anda. Alpukat pun diperkaya dengan kandungan vitamin E alami yang dapat merangsang produksi kolagen. Dengan begitu, kulit Anda pun senantiasa cerah, kenyal, dan tidak menunjukkan tanda keriput terlalu dini.

  1. Pomegranate (Delima Merah)

Jika Anda mulai rajin mengonsumsi buah pome alias pomegranate alias delima merah, masalah garis-garis halus pada wajah dan keriput takperlu Anda khawatirkan lagi. Sebab, buah ini memiliki kandungan polifenol, serta vitamin C dalam jumlah tinggi. Polifenol akan membantu tubuh Anda menangkal radikal bebas, dan vitamin C akan bantu melindungi kulit Anda dari sengatan sinar matahari yang tidak hanya bisa membuat kulit kusam, tetapi juga meningkatkan risiko kanker kulit. Di samping itu, buah ini juga memiliki kandungan senyawa pulicanagin yang membantu tubuh Anda menyimpan kolagen, sehingga jaringan kulit pun senantiasa terjaga kesehatannya.

  1. Beragam Jenis Buah Beri

Beragam jenis buah beri, termasuk blackberry, raspberry, strawberry, dan blueberry bukan hanya lezat, tetapi juga kaya akan kandungan antioksidan yang bisa membantu proses peremajaan tubuh. Antioksidan yang banyak terkandung di dalam beragam buah beri akan membantu tubuh menangkis dan melawan radikal bebas yang menyerang lewat bahan kimia berbahaya, terpaan sinar matahari, maupun polusi. Apalagi, buah beri juga kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh Anda.

  1. Semangka

Bukan hanya lezat dan segar, semangka juga mampu mencegah keriput pada kulit Anda berkat kandungan vitamin A, C, dan E dalam jumlah yang tinggi. Selain membantu merawat kulit, buah semangka juga berkhasiat untuk membantu para pasangan yang memiliki masalah seksual karena proses penuaan. Sebab, kandungan asam amino di dalam semangka yang dapat memperlancar peredaran darah dan melebarkan pembuluh darah bisa membantu beberapa masalah seksual, termasuk masalah ejakulasi atau ereksi yang dipengaruhi oleh usia.

  1. Kacang-kacangan

Beragam jenis kacang, seperti kacang merah, kacang tanah, kacang mete, dan kacang almond merupakan pilihan sumber makanan dan camilan sehat untuk mencegah proses penuaan dini. Kandungan serat, protein, dan omega-3 di dalam beragam jenis kacang-kacangan mampu menjaga kinerja otak, menangkal radikal bebas, dan berbagai manfaat kesehatan lainnya. Apalagi, kacang-kacangan juga bebas dari kandungan lemak jenuh. Dan untuk menikmati khasiat terbaik dari jenis makanan yang satu ini, Anda dianjurkan untuk tidak menambahkan garam, sehingga makanan ini bisa jadi alternatif yang jauh lebih sehat dibandingkan camilan asin tinggi kalori dan sodium serta mengandung bahan pengawet yang banyak dijual di pasaran.

%d blogger menyukai ini: