4 Jenis Penyakit Kronis yang Banyak Menyerang pada Usia Muda & Cara Pencegahannya

Scroll down to content

Jika dahulu, kondisi kesehatan seseorang akan mulai menurun seiring bertambahnya usia. Pastinya hal tersebut dirasa wajar, mengingat daya tahan tubuh dan juga proses sistem metabolisme yang terus mengalami penurunan, dikarenakan faktor usia. Namun, tidak dengan beberapa tahun belakangan ini. Beberapa penyakit kronis yang biasanya menyerang seseorang di usia tua, kini mudah menyerang orang-orang yang usianya masih muda, atau bahkan masih dalam usia produktif. Berikut ini, adalah beberapa jenis penyakit kronis yang dimaksud:

  1. Melanoma

Jenis penyakit pertama yang akan dibahas adalah kanker kulit yang bernama Melanoma. Biasanya penyakit ini, menyerang seseorang yang usianya sekitar 50 tahun ke atas. Namun kini, seseorang yang berusia 20 tahunan, atau bahkan lebih awal, dapat terkena penyakit tersebut. Penyakit ini sendiri terjadi karena gangguan pertahanan pada kulit, yang biasanya terjadi karena beberapa faktor. Untuk mengatasi dan mencegah penyakit yang satu ini, mudah saja. Anda hanya perlu menghindari terik matahari langsung, atau bahkan berjemur, pada rentan waktu jam 10 pagi hingga 2 siang. Jika ingin berjemur, selalu gunakan tabir surya atau sun protector. Akan lebih baik, jika menggunakan SPF 30, jika tidak ada SPF 15 pun sudah cukup.

  1. Asam Urat

Penyakit kedua yang paling banyak menyerang mereka yang usianya masih muda adalah Asam Urat. Penyakit ini sendiri biasanya menyerang seseorang yang usianya 50 hingga 60 tahun. Namun kini, penyakit tersebut, dapat menyerang seseorang yang usianya 20 tahunan. Asam Urat sendiri adalah penyakit yang terjadi karena pengkristalan asam urat yang ada di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah gaya hidup, terutama faktor makanan. Seseorang yang menderita obesitas, sering mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak, juga mempunyai risiko yang lebih tinggi.Untuk mengatasi penyakit seperti ini mudah saja, yang harus Anda lakukan hanyalah menjaga pola makan, dan pola hidup yang lebih sehat. Mengonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga secara teratur, dan tidak lupa melakukan diet sehat, adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah penyakit Asam Urat.

  1. Diabetes tipe 2

Jenis penyakit berikutnya yang banyak menyerang para kawula muda adalah Diabetes tipe 2. Penyakit Diabetes sendiri biasanya menyerang seseorang yang berusia 40 hingga 50 tahun ke atas. Namun kini, penyakit Diabetes tipe 2 banyak diidap sejak anak-anak. Penyakit Diabetes tipe 1, terjadi karena gangguan atau tidak maksimalnya kinerja hormon insulin yang berfungsi menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Sedangkan Diabetes tipe 2, terjadi karena hormon insulin tidak bekerja dengan baik. Ini yang menyebabkan anak-anak jadi tidak dapat beraktivitas secara normal dan leluasa. Untuk mengatasinya mudah saja, yang harus Anda lakukan adalah menjaga pola makan seimbang, dan melakukan olahraga fisik secara berkala dan seimbang. Pastikan untuk memperoleh asupan insulin secara berkala, agar tubuh senantiasa sehat.

  1. Stroke

Penyakit kronis lainnya yang banyak menyerang mereka yang usianya masih sangat muda adalah Stroke. Ini adalah salah satu jenis penyakit yang biasanya menyerang pada usia sekitar 65 tahun ke atas. Namun kini, penyakit tersebut dapat menyerang mereka yang berusia sekitar 20 hingga 30 tahun. Stroke sendiri adalah penyakit yang terjadi karena kurang maksimalnya kinerja pembuluh darah dan saraf ke otak. Hal ini biasanya terjadi karena pembuluh darah mengalami penyempitan akibat lemak yang menumpuk, dan membuat kinerja jantung jadi tidak maksimal. Rokok, makanan berlemak, adalah beberapa hal yang mampu meningkatkan risiko terkena Stroke. Untuk menghindari dan mencegahnya, maka Anda harus berolahraga secara teratur, menjaga pola hidup, dan pola makan yang sehat.

%d blogger menyukai ini: