Gerakan Stretching ini Bikin Tidurmu jadi lebih Nyenyak

Scroll down to content

Susah tidur, atau tidak bisa tidur nyenyak, mungkin hal ini disebabkan oleh kondisi tubuh yang tidak stabil. Baik itu otot tubuh yang terasa kaku, banyaknya hal yang mengganggu pikiran, atau hal lainnya. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, akan lebih baik jika melakukan beberapa gerakan peregangan atau stretching berikut, tepat sebelum tidur.

  1. Seated Forward

Ini adalah gerakan yang membuat otot kaki, paha, punggung, dan bahu jadi rileks. Caranya adalah duduk dengan posisi kedua kaki lurus ke depan dan kedua tangan terangkat ke atas. Kemudian ayunkan tubuh ke arah depan, dengan posisi tangan, masih di atas. Gerakan ini membuat Anda seolah-olah mencium lutut. Apabila punggung terasa sakit, tekuk lutut sedikit ke arah atas, atau Anda dapat memberi penyangga tepat di bagian bawah lutut. Tahan posisi ini selama 5 menit.

  1. Bear Hug

Gerakan lainnya yang dapat Anda lakukan agar tidur lebih nyenyak adalah teknik bear hug. Gerakan ini akan membantu Anda melemaskan otot-otot bagian punggung dan bahu. Terutama Anda yang sering duduk lama, atau sering membawa beban berat. Cara melakukan gerakan stretching yang satu ini adalah dengan berdiri tegak, posisi tangan terbuka lebar ke arah samping kiri dan kanan. Tarik nafas dalam-dalam, dan buang secara perlahan. Sambil menyilangkan kedua tangan hingga ke bagian punggung, atau seperti gerakan memeluk. Tahan posisi tersebut selama 30 detik, dan ulangi gerakan ini selama 7 kali.

  1. Child’s Pose

Gerakan yang ketiga adalah child’s pose. Posisi yang satu ini akan membuat tubuh Anda jadi lebih rileks, mampu mengatur pernafasan dengan baik, serta mengurangi stres. Tidak hanya itu, kelebihan lain dari posisi yang satu ini, mampu mengusir rasa sakit, dan kaku pada beberapa bagian otot, seperti otot bahu, leher, dan juga punggung. Cara untuk melakukan gerakan ini adalah duduk bersimpuh di atas lantai, dengan posisi kaki ditekuk ke dalam. Pastikan bokong bertumpu di bagian tumit. Lemaskan lutut dan juga kaki di atas lantai. Kemudian, luruskan tubuh ke arah depan, seperti posisi telungkup, dengan wajah ke arah lantai. Posisi tangan lurus ke depan, dan tarik napas dalam-dalam, dan buang secara perlahan. Lakukan posisi tersebut selama 3 hingga 5 menit.

  1. Legs Up the Wall

Tujuan dari gerakan peregangan yang satu ini adalah untuk membuat bahu dan juga leher jadi tidak terasa kaku, dan juga pegal ketika tidur. Selain itu, gerakan ini juga membuat sistem peredaran darah pada kaki jadi lancar. Cara untuk melakukannya adalah dengan berbaring di atas kasur atau di lantai. Kemudian posisikan kaki ke arah atas. Agar lebih nyaman, Anda dapat menempelkan kedua kaki ke dinding. Pastikan posisi kaki dan bagian pinggul menyentuh dinding. Gunakan bantal untuk menyangga bagian pinggul, juga dapat Anda lakukan. Posisi tangan sebaiknya diletakkan di samping tubuh. Tahan posisi tersebut kurang lebih 5 hingga 8 menit.

  1. Reclining Bound Angle Pose

Jika Anda merasa lelah setelah seharian beraktivitas, atau bahkan duduk terlalu lama, maka gerakan yang satu ini dapat Anda lakukan. Gerakan ini akan membantu Anda untuk mengurangi ketegangan pada otot pinggul dan juga sekitar selakangan. Cara melakukannya mudah saja, berbaringlah baik di atas kasur atau di atas lantai. Kemudian tekuk kedua kaki ke arah atas, dengan posisi telapak kaki tetap di atas lantai atau di atas kasur. Dalam kondisi kaki tertekuk, buka kaki secara lebih terbuka. Atur napas dengan baik. Untuk posisi tangan dapat Anda simpan di samping kiri dan kanan. Tahan gerakan tersebut selama 5 hingga 8 menit.

Nah, itulah tadi 5 gerakan stretching yang bisa Anda lakukan supaya tidur menjadi lebih nyenyak. Lakukan gerakan-gerakan ini secara teratur dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan Anda. Selamat mencoba!

Sumber Foto: http://www.yogajournal.com

%d blogger menyukai ini: