6 Cara Menghilangkan Bekas Cacar pada Kulit

Scroll down to content

Penyakit cacar air sendiri, adalah jenis penyakit yang ditimbulkan oleh Varicella-Zoster virus atau yang disebut dengan VZV. Efek dari virus ini, kulit akan terasa gatal, demam, muncul ruam di kulit, dan juga rasa lelah. Saat ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi penyakit tersebut. Namun, yang menjadi masalah kemudian adalah noda pada kulit yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi dan menghilangkan bekas penyakit cacar tersebut, seperti menggunakan cara medis dan menggunakan cara alami. Ulasan berikut ini akan membahas tentang cara mengatasi bekas cacar secara alami, yaitu:

  1. Oatmeal

Bahan alami pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi luka bekas cacar adalah oatmeal. Kandungan dalam oatmeal ini, selain mampu melembabkan kulit, juga mampu mengatasi peradangan pada kulit, dan mengandung antioksidan. Selain itu, menggunakan bahan ini, aman untuk kulit sensitif. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan oatmeal secukupnya dengan air panas. Aduk hingga menjadi adonan pasta, lalu biarkan hingga dingin. Aplikasikan ada bekas cacar, dan diamkan selama 10 menit, berikutnya bilas menggunakan air hangat.

  1. Air Kelapa

Air kelapa juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi bekas cacar. Kandungan mineral dan juga vitamin yang ada pada produk tersebut, mampu menutrisi kulit, dan membuat kulit jadi lebih sehat. Cara menggunakannya adalah dengan menggunakan air kelapa hijau. Balurkan air kelapa tersebut pada bekas cacar. Atau Anda dapat mencampurkan air kelapa dan air bersih ke dalam bathup. Berendamlah di dalam air tersebut selama beberapa menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Cara lainnya adalah dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin, setiap hari. Hal ini baik untuk memberikan nutrisi kulit dari dalam.

  1. Baking Soda

Baking soda adalah salah satu bahan yang biasanya digunakan untuk membuat berbagai macam jenis makanan, terutama aneka jenis kue. Dibalik itu semua, bahan ini, kaya akan kandungan antibakteri, antioksidan, antiseptik, dan antijamur. Cara menggunakan bahan yang satu ini adalah mencampurkan 2 sdm baking soda dengan ½ gelas air, aduk hingga adonan jadi kental. Aplikasikan adonan pada bekas cacar. Diamkan selama beberapa saat, dan bilas menggunakan air bersih.

  1. Madu

Bahan lain yang dapat digunakan untuk mengatasi bekas cacar adalah madu. Kandungan antibakteri, dan juga antioksidannya tentu baik untuk kesehatan kulit. Cara menggunakannya dengan mencampurkan madu dengan oatmeal, perbandingannya 2 : 1, aduk hingga menjadi adonan pasta. Aplikasikan adonan tersebut pada bekas cacar, diamkan selama ½ hingga 1 jam, lalu bilas menggunakan air bersih.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya kaya akan kandungan asam amino dan juga antioksidan. Kandungan tersebut tentunya mampu mengatasi berbagai macam masalah pada kulit, termasuk mengatasi luka. Caranya juga cukup mudah, ambil potongan lidah buaya, lalu ambil bagian gelnya. Aplikasikan gel tersebut pada bekas cacar, dan tunggu hingga kering. Anda dapat melakukan hal tersebut selama 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

  1. Sari Lemon

Lemon kaya akan kandungan vitamin C. Dimana kandungan tersebut kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah mampu menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki kulit yang rusak.   Cara menggunakan sari lemon ini juga cukup mudah, ambil 1 buah lemon. Kemudian belah jadi 2 bagian, ambil sari lemon, dan aplikasikan menggunakan kapas pada bekas cacar. Diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.

Sumber Foto: KlikDokter.com/Shuttestock

%d blogger menyukai ini: