Cara Mudah Menjaga Ginjal agar tetap Sehat tanpa Obat

Scroll down to content

Di Indonesia, penyakit ginjal termasuk penyakit yang ditakuti dengan jumlah penderita terbanyak kedua setelah penyakit jantung. Dalam kurun waktu 2014-2015, jumlah penderita penyakit ginjal kronis meningkat hampir 100%, dimana 56% penderitanya merupakan penduduk usia produktif atau di bawah 55 tahun. Mengingat biaya perawatan bagi penderita penyakit ginjal tidak murah, alangkah baiknya kita mulai menerapkan hidup sehat dengan cara menjaga ginjal kita agar tetap sehat tanpa menggunakan obat.

Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Minum air putih seringkali disepelekan terutama ketika kita sedang banyak aktivitas. Padahal minum air putih sangat baik bagi ginjal, terutama membantu proses pembilasan racun. Demi menjaga kinerja fungsi ginjal, frekuensi minum yang disarankan adalah 6-8 gelas per hari. Namun, Anda boleh mengonsumsi lebih, apabila melakukan aktivitas berat sepanjang tidak berlebihan. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, asupan cairan dalam tubuh pun tercukupi, dan terhindar dari dehidrasi, maupun penurunan fungsi ginjal. Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh juga menghindarkan Anda dari infeksi saluran kencing yang disebabkan oleh bakteri. Apabila infeksi ini dibiarkan, maka bakteri tersebut bisa menginfeksi ginjal dan mengganggu fungsi ginjal.

Aktif Bergerak

Anda juga bisa menjaga kesehatan ginjal tanpa obat dengan aktif bergerak. Mulailah aktivitas ini dengan berolahraga ringan seperti berenang, jogging, atau jalan kaki. Lakukan olahraga ringan selama 20 menit sehari agar ginjal dan organ tubuh lainnya bekerja optimal. Berolahraga secara teratur juga membantu mengendalikan tekanan darah sehingga mengurangi resiko penyakit ginjal.

Jaga Tekanan Darah

Belum banyak yang tahu bahwa penyakit ginjal bisa dipicu oleh tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi setidaknya menjadi penyebab sekitar 35% kasus penyakit ginjal. Ketika tekanan darah meningkat, aliran darah pun turut meningkat sehingga pembuluh darah akan meregang guna memudahkan aliran darah. Tetapi, peregangan tersebut justru melemahkan pembuluh darah dan menyebabkan bekas luka termasuk bekas luka di ginjal. Guna menjaga tekanan darah, cobalah mengonsumsi makanan tinggi kalium, seperti pisang, ikan, susu, kentang, dan alpukat, serta hindari stres.

Menjaga Berat Badan

Selain tekanan darah tinggi, berat badan berlebih atau obesitas juga bisa memperlemah kinerja ginjal. Obesitas takhanya memperlemah kinerja ginjal, tetapi juga organ lainnya. Untuk menjaga kesehatan ginjal, sebaiknya mulailah menjaga berat badan. Memiliki berat badan ideal juga membuat organ tubuh lainnya seperti jantung dan paru-paru bekerja lebih optimal, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Mengatur Pola Makan

Kesehatan ginjal juga bisa dikelola dengan mengatur pola makan. Jauhi konsumsi garam berlebih dan makanan olahan. Makanan berkadar garam tinggi membuat keseimbangan mineral dalam darah terganggu, sehingga kinerja ginjal semakin berat dan produksi urin sedikit. Oleh karena itu, mulailah mengonsumsi ikan, daging putih tanpa lemak, buah-buahan, dan sayuran yang ditanam secara organik.

Hindari Beberapa Suplemen dan Obat-obatan

Cara mudah menjaga kesehatan ginjal lainnya, yakni menghindari mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti anti nyeri dan antibiotik karena berpotensi merusak ginjal. Penggunaan obat non resep pil naproxen dan ibuprofen dalam jangka waktu lama juga berpotensi merusak kinerja ginjal. Demikian pula pemakaian obat herbal dan suplemen vitamin tertentu secara berlebihan cukup berbahaya bagi ginjal. Untuk mengetahui aman tidaknya suatu obat dan suplemen bagi ginjal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter langganan Anda.

Seiring dengan bertambahnya umur, kinerja ginjal juga akan menurun. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan cara mudah menjaga ginjal agar tetap sehat tanpa obat ini, guna menjaga kesehatan ginjal dan mudah diterapkan sehari-hari.

Sumber Foto: CNN Indonesia

%d blogger menyukai ini: