Manfaatkan Fasilitas di Taman untuk Terapkan Gaya Hidup Sehat

Scroll down to content

Weekend merupakan satu yang paling tepat untuk sejenak saja terlepas dari rutinitas kantor, maupun sekolah. Namun, jangan hanya menggunakan waktu libur tersebut untuk bersantai di rumah. Karena ada banyak sekali kegiatan bermanfaat yang dapat dilakukan di luar sana. Salah satunya adalah dengan berolahraga. Banyak orang yang kurang menyadari pentingnya berolahraga, sehingga merugi di usia tua, berbagai jenis penyakit rentan menyerang baik itu diabetes melitus karena malas bergerak, dimana angka penderitanya di Indonesia diprediksi mencapai 30 juta pada tahun 2030 nanti, hal ini tentunya patut diwaspadai, karena bisa jadi Anda salah satu yang memiliki faktor risikonya.

Sebenarnya aktivitas olahraga yang baik tidak hanya bisa dilakukan di pusat kebugaran atau tempat fitness, melainkan bisa dilakukan di rumah. Namun terkadang berolahraga di dalam rumah bukanlah pilihan terbaik karena terasa pengap, tentunya Anda sendiri membutuhkan udara yang segar dan suasana baru untuk melakukan aktivitas fisik bukan. Sekali-kali datanglah ke taman kota, karena tak hanya menyediakan lahan yang luas dan rindang, melainkan di dalamnya tersimpan beragam jenis alat olahraga yang bisa digunakan secara gratis.

Salah satu diantaranya adalah taman kota yang berada di kawasan Ibukota Jakarta yang menyediakan banyak sekali sarana olahraga yang dapat digunakan bersama, seperti diantaranya adalah:

  1. Jogging Track, taman Langsat yang berada di kawasan Kebayoran Baru diantaranya juga menyediakan jogging track dengan luas sekitar 3,5 hektar, kawasan yang paling tepat untuk lari lagi sambil menikmati udara yang masih segar dan juga sinar matahari yang kaya akan vitamin D. Biasanya pada akhir pekan baik itu pagi maupun siang akan begitu ramai dengan pengunjung.
  2. Outdoor Gym, masih di kawasan yang sama, fasilitas gym gratis juga bisa dicoba disini. Mungkin agak sedikit berbeda dibandingkan alat fitness yang umumnya ada di tempat gym, karena memang disini dirancang agar lebih tahan lama dan dapat digunakan oleh segala usia. Namun tetap memberikan manfaat yang begitu bagus untuk pembentukan tubuh.
  3. Lapangan Bulutangkis, sedangkan bagi mereka yang menggemari bidang olahraga hobi semacam bulutangkis maka tidak salah juga untuk membawa perlengkapan seperti raket dan juga cock, karena bisa bermain disini. Bisa ikut melatih keahlian dengan mencoba bermain dengan pengunjung lain di taman tersebut.
  4. Halaman yang luas, memanfaatkan halaman yang luas biasanya para ibu-ibu akan mengadakan senam, di hari Minggu pagi umumnya juga banyak diantaranya yang mendatangkan instruktur untuk senam gratis. Bisa mengikuti kegiatan sehat tersebut, selain untuk senam, halaman yang begitu luas tersebut juga banyak digunakan untuk kebutuhan olahraga yoga untuk menenangkan diri.
  5. Bisa bersepeda juga di track khusus untuk sepeda yang sudah disediakan, selain jogging track, maka ada kawasan khusus untuk bersepeda yang dapat digunakan untuk menunjang olahraga sehat tersebut. Biasanya banyak anak-anak yang ikut serta untuk bersepeda disini kala pagi hari.

Tentunya tidak hanya taman yang ada di kawasan Kebayoran Baru Jakarta saja, melainkan sekarang ini hampir setiap taman kota yang ada di berbagai kawasan di Indonesia juga sudah mulai disediakan sarana untuk menunjang aktivitas olahraga tersebut. Bisa dinikmati semua orang secara gratis dan pastinya memberikan banyak dampak positif pada tubuh, meskipun hanya dilakukan 2 kali dalam seminggu. Bisa datang bersama dengan keluarga untuk belajar gaya hidup sehat.

%d blogger menyukai ini: