Rutin Membersihkan Hidung, Bantu Terhindar dari Sakit-Penyakit

Scroll down to content

Kebiasaan untuk membersihkan wajah setiap hari dan menggosok gigi merupakan salah satu kebiasaan wajib bagi setiap orang. Namun ternyata, ada yang lebih penting lagi dari pada itu, pembersihan pada bagian lubang hidung. Tidak banyak yang paham jika ini merupakan bagian yang sangat berpotensi terhadap munculnya berbagai penyakit. Bahkan jika mengalami masalah saja pasti akan berefek pada indera penciuman dan juga penyaringan udara, makanya sangat diperlukan sekali untuk dijaga kebersihannya setiap hari.

Pada beberapa waktu yang lalu, dr. S. Hendradewi, Sp.THTKL (K), M.Si.Med, yang merupakan salah satu dokter yang berada di Rumah Sakit Moewardi Surakarta, mengampanyekan mengenai ‘Bernapas Lebih sehat dengan Cuci Hidung Setiap Hari’. Tidak dipungkiri memang jika ini merupakan salah satu bagian yang paling penting di mana udara masuk keluarnya melalui penyaringan dan berkaitan dengan paru-paru. Sebelumnya, Anda juga perlu paham terlebih dahulu alasan lain dari mencuci hidung setiap hari yang diwajibkan seperti:

1. Banyak Kotoran yang Menumpuk

Ini merupakan salah satu alasan yang dikatakan oleh dokter dalam sebuah acara, di mana hidung mempunyai peran penting dalam penyaringan kotoran. Jika selalu dibiarkan dalam waktu lama, tentu saja akan menumpuk dan mengganggu kesehatan Anda.

2. Mencegah Sinus & Peradangan

Alasan yang sangat penting lainna lagi adalah munculnya penyakit sinus dan tenggorokan yang bisa saja diakibatkan kotoran dari hidung. Mungkin untuk pertama kalinya sangat wajar, hidung tersumbat, bersin, dan lainnya. Namun tanpa Anda pahami, jika penyumbatan tersebut bisa mengakibatkan masalah yang lainnya.

3. Menurunkan Alergi

Ternyata kebiasaan baik membersihkan hidung secara rutin setiap hari itu dapat meminimalisasi kemungkinan munculnya alergi terjadi. Secara umum memang alergi tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dilakukan terapi, serta bisa juga diminimalisasi.

4. Menjaga Kelembapan Hidung

Bagian hidung itu sangat diperlukan kelembaban, jika sudah lembab tentu saja bagian udara masuk dan keluar akan lebih bersih. Secara otomatis akan mengurangi adanya resiko dari gangguan kesehatan.

5. Bisa Bersihkan Sekret yang Menumpuk

Mungkin masyarakat lebih mengenal ini dengan ingus, di mana sangat mengganggu pernapasan. Dengan membersihkan hidung secara rutin, itu artinya sekret yang ada pada hidung juga tidak akan mengalami penumpukan. Akhirnya bisa menghindari dari adanya gangguan kesehatan.

Setelah melihat beberapa alasan di atas tentu saja Anda semakin yakin seberapa pentingnya membersihkan hidung untuk menjaga kesehatan. Karena dalam dunia kedokteran, ternyata masih banyak sekali pasien yang mengalami masalah akibat kurang pahamnya akan hal atau kebiasaan baik tersebut setiap harinya. Untuk mencegah adanya masalah seperti kebanyakan orang yang mengalami gangguan kesehatan, ada baiknya untuk segera ubah pola hidup dan kebiasaan baik. Jangan pernah menyepelekan masalah kecil, seperti hanya membersihkan lubang hidung Anda setiap hari. Dengan begitu Anda sudah menjadi salah satu orang yang berusaha untuk menjaga kesehatan diri dan sudah ikut mengkampanyekan kesehatan di Indonesia.

Banyak sekali kasus atau permasalah kesehatan yang muncul di Indonesia karena kurangnya kebersihan dari diri sendiri. Seperti halnya sakit tenggorokan dan sinus, bahkan pemerintah sendiri sudah mencanangkan untuk selalu melakukan imunisasi dini supaya terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang diakibatkan dari kebiasaan sepele yang tidak diperhatikan secara baik. Nah, itulah sedikit informasi semoga dapat menjadi gambaran kepada Anda jika penting sekali untuk menjaga kesehatan mulai dari hal kecil membersihkan bagian lubang hidung.

 

Sumber Foto: Shutterstock/HelloSehat.com

%d blogger menyukai ini: