Ingin Cepat Sembuh Pasca Operasi? Baca ini, yuk!

Scroll down to content

Operasi merupakan salah satu tahap di mana seseorang harus siap dengan segala bentuk tindakan yang dilakukan oleh dokter tanpa kesadaran penuh. Umumnya setelah melakukan tahapan tersebut, seorang pasien akan mendapatkan banyak saran ataupun pantangan dari dokter untuk mempercepat penyembuhannya. Misalnya saja, tidak boleh melakukan ini, melakukan itu, makan ini, makan itu, dan masih banyak lagi lainnya. Sebenarnya berapa lama penyembuhan pasca operasi selesai, apa saja yang dapat dilakukan untuk mendukung proses tersebut? Pada artikel kali ini, akan dibahas secara lebih dalam.

Banyak jenis tindakan operasi yang dilakukan oleh seorang pasien, misalnya saja operasi usus buntu, operasi melahirkan, operasi amandel, dan masih banyak jenis lainnya. Untuk penanganan satu jenis operasi dengan lainnya tentu saja berbeda. Namun, di sini akan membahas mengenai operasi secara umum, baik melahirkan ataupun masalah kesehatan lainnya. Ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat proses tersebut seperti:

1. Jangan Terlalu Banyak Gerak

Banyak orang yang pasca melahirkan merasa dirinya sudah sehat, berbagai aktivitas sudah mulai dilakukan layaknya orang normal. Namun, dari pihak kesehatan sangat menyarankan agar lebih cepat sembuh tentu saja harus beristirahat dan tidak boleh banyak gerak. Karena terlalu banyak gerak dapat menimbulkan masalah komplikasi ataupun infeksi yang bisa saja semakin serius.

2. Istirahat Cukup

Lalu, yang kedua dengan istirahat atau tidur yang cukup. Ini merupakan salah satu cara yang terbaik untuk bisa langsung pulih pasca operasi. Tubuh yang kelelahan dengan aktivitas sering sekali mengalami kesulitan untuk dapat pulih kembali. Jika Anda memang sudah dapat diperbolehkan untuk pulang, sangat disarankan untuk istirahat minimal 7 jam pada malam hari dan 1 jam pada siang hari.

3. Makan Sehat

Ini merupakan tips paling umum sekali, tetapi setelah operasi memang perlu lebih diperhatikan lagi dalam hal makanan. Jangan sampai Anda mengonsumsi makanan yang memang dilarang dalam tindakan penyembuhan kesehatan tersebut. Untuk luka, bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein seperti daging ayam, ikan, telur, dan masih banyak jenis lainnya.

4. Hati-hati Saat Batuk & Bersin

Batuk ataupun bersin pada seseorang itu tidak bisa diperkirakan kapan akan terjadi. Supaya tidak mengalami masalah pada kesehatan pasca operasi, ada baiknya untuk melakukan dengan posisi yang tepat. Misalnya, saat akan batuk bisa tutup bagian luka terlebih dahulu dengan bantal atau tangan, lakukan batuk sepelan mungkin sehingga tidak menimbulkan gerakan yang berbahaya bagi luka.

5. Konsultasi Dokter

Meskipun sudah melakukan operasi untuk mengatasi kesehatan Anda, tetapi tidak ada salahnya untuk tetap melakukan konsultasi sampai Anda benar-benar merasa sehat. Hal ini tentu saja mengurangi risiko adanya kebocoran, komplikasi, ataupun masalah lain pasca operasi yang tidak Anda ketahui dengan baik.

6. Jangan Lupa Minum Obat Teratur

Obat yang diberikan oleh dokter merupakan salah satu yang cukup penting untuk mengatasi masalah kesehatan Anda pasca operasi. Tetaplah konsumsi obat yang sudah diberikan oleh dokter Anda. Pastikan dosis sesuai dengan petunjuk dokter untuk mendapatkan hasil terbaik bagi kesembuhan.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kesehatan setelah operasi dengan mudah dan cepat. Pada dasarnya penyembuhan seperti apa yang dapat mendorong kecepatan pasca operasi itu kembali lagi harus diperhatikan dari jenis operasinya. Intinya, perhatikan kebutuhan dari tubuh, seperti apa untuk dapat membantu pemulihan. Sekian, semoga sedikit ulasan di atas dapat bermanfaat sebagai tambahan informasi Anda.

 

Sumber Foto: HelloSehat.com

%d blogger menyukai ini: