Terhindar dari Keram Otot dengan Konsumsi Makanan & Minuman ini

Scroll down to content

Tidak sedikit orang yang merasakan keram sesaat setelah selesai olahraga ataupun saat tertidur. Sebenarnya ini bukanlah tanda yang bahaya, tetapi tidak bisa juga dibiarkan begitu saja, karena keram merupakan salah satu tanda di mana tubuh kamu kekurangan nutrisi tertentu. Tanpa perlu pengobatan khusus, umumnya memang keram bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi bisa jadi gejala ini akan kembali beberapa waktu lagi. Nah, inilah saatnya kamu memerhatikan dari jenis makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh seperti apa saja. Jangan-jangan, itu merupakan salah satu penyebabnya.

Kebanyakan orang Indonesia mengalami keram pada beberapa bagian tubuh, seperti otot kaki terutama pada betis. Umumnya ini terjadi pada usia produktif menjelang lansia, antara 35-55 yang bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Pada orang dewasa yang mengalami masalah ini sering sekali tidak sadar apa yang menjadi penyebabnya. Banyak kasus di Indonesia yang dibiarkan saja ternyata itu merupakan masalah besar, seperti kolesterol, asam urat, ataupun lainnya yang bisa menjalar atau komplikasi pada bagian tubuh yang lainnya.

Makanya sebelum semuanya terlambat, kamu yang sering mengalami masalah tersebut bisa meminimalisasi dengan melakukan pengecekan pada makanan. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang dapat mengurangi risiko keram pada otot, antara lain:

1. Pisang

Bisa dikatakan buah yang satu ini merupakan sumber kalium yang bisa didapatkan dengan mudah di pasar tradisional, supermarket, ataupun yang lainnya. Selain adanya kalium, pada pisang juga mengandung magnesium, serta kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, keram otot sendiri bisa disebabkan oleh kekurangan kalium, makanya pisang cukup direkomendasikan.

2. Ubi Jalar

Tidak berbeda jauh dengan pisang, bahan makanan yang satu ini mempunyai kandungan yang sama banyaknya, seperti kalsium, kalium, serta magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika dibandingkan dengan pisang, memang jenis ubi jalar mempunyai kandungan kalsium yang 6 kali lebih banyak. Inilah alasan kenapa ubi jalar dikatakan sebagai makanan pencegah keram pada otot.

3. Melon

Buah yang nikmat satu ini memang tidak asing lagi di masyarakat, bukan hanya rasanya yang nikmat, tetapi juga kandungan yang ada di dalamnya. Dua potong melon setiap hari saja sudah membantu menambah cairan pada tubuh setelah selesai berolahraga. Cairan yang dihasilkan tersebut dapat terkunci dalam tubuh sehingga tidak dehidrasi dan tetap seimbang.

4. Sayuran Hijau

Jika harus disebutkan satu-persatu, tentu saja ada banyak sekali jenis sayuran hijau yang bisa kamu dapatkan. Ternyata hampir rata-rata sayuran tersebut mempunyai kandungan baik untuk mencegah keram. Namun tetap perlu untuk diperhatikan dengan baik, karena beberapa jenis penyakit melarang makan sayuran hijau khusus.

5. Air Putih

Kebutuhan air di dalam tubuh lebih dari 50% membuat kamu tidak bisa untuk tidak mengonsumsi minuman yang satu ini. Maka dari itu, rajin-rajinlah untuk mengonsumsi air putih dengan seimbang, umumnya 2 liter setiap hari atau setara dengan 8 gelas air putih. Alternatif lainnya, kamu bisa pilih air kelapa muda tanpa gula untuk memperkaya mineral elektronik.

Nah, beberapa jenis bahan makanan dan minuman di atas sangat disarankan bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan dan terhindar dari keram. Pada umumnya keram sendiri sangat wajar terjadi, meskipun sederhana, tetapi sangat tidak membuat nyaman. Jika memang beberapa jenis di atas masih kurang, bisa konsumsi susu yang memang diperkaya dengan kalsium, serta beberapa nutrisi baik lainnya untuk tetap menjaga kesehatan tulang, otot, dan tubuh secara maksimal.

 

Sumber Foto: Shutterstock/Beritagar.id

%d blogger menyukai ini: