Ini Dia 4 Tips Cermat yang Bisa Hilangkan Insomniamu!

Scroll down to content

Tidur merupakan salah satu kegiatan yang paling penting yang dibutuhkan manusia, karena pada saat melakukan kegiatan ini kita membiarkan seluruh tubuh dan organ yang ada di dalamnya beristirahat dan melakukan regenerasi tanpa kita sadari. Namun, masih banyak dari orang Indonesia yang sering kali mengalami gangguan tidur, misalnya mereka mengalami kesulitan tidur. Kesulitan tidur itu sendiri biasanya lebih dikenal dengan insomnia, di mana menurut National Sleep Foundation sebanyak 68 persen dari penduduk Indonesia berusia 18 hingga 29 tahun dan juga 59 persendari yang berusia 30 sampai 64 mengalami gangguan tidur ini. Layaknya di Indonesia, banyak sekali yang memiliki kesulitan untuk tertidur sehingga mereka harus menelan pil tidur. Kasus seperti yang terjadi pada Tora Sudiro dan Mieke Amalia yang kedapatan mengonsumsi obat tidur atau dumolid karena mereka tidak bisa tidur atau mengalami insomnia.

Insomnia sendiri bukanlah suatu gangguan yang akan menghantui kita untuk selama-lamanya, melainkan dapat diatasi, jika kamu memang memiliki komitmen dan memiliki keinginan untuk sembuh darinya. Untuk itu, kamu harus sekali melakukan beberapa hal penting ini untuk mengatasi masalah tidur sehingga bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik dan tubuh pun tidak akan merasa kelelahan karena kurang istirahat dan tetap sehat setiap harinya. Kamu bisa mengikuti beberapa tips cermat di bawah ini yang cukup ampuh mengurangi gangguan tidur tersebut.

1. Ubah Gaya Hidup

Untuk mengatasi insomnia, hal yang harus kamu lakukan adalah mengubah gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya, berhentilah merokok karena mengandung nikotin yang mampu membuat kamu mengalami kesulitan ketika akan tidur. Buatlah pola bangun tidur pada waktu yang sama di setiap harinya karena kebiasaan tersebut dapat menghilangkan pengaruh dari insomnia. Aturlah tampilan kamar, terutama pencahayaan agar merangsang kamu untuk merasa ngantuk sehingga dapat tertidur dengan cepat, serta terasa nyaman. Pastinya hal ini sangatlah ampuh untuk menghilangkan masalah tersebut.

2. Makanan yang Dikonsumsi

Selain mengubah gaya hidup, kamu juga harus waspada terhadap apa yang dikonsumsi setiap harinya. Jangan sampai mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan kafein, terutama sebelum kamu tidur, karena zat tersebut mampu membuat kamu kesulitan untuk tertidur. Bahkan, menurut Journal of Clinical Sleep Medicine, jika kamu mengonsumsi kafein sebanyak 400 mg selang 6 jam sebelum kamu tidur pun masih memengaruhi kualitas tidur. Pastikan untuk tidak mengonsumsi kafein dan gantilah dengan air putih. Namun, ketika malam hari jangan banyak-banyak minum air karena dapat membuat kamu terbangun tengah malam untuk buang air dan sulit untuk kembali tidur.

3. Perbanyak Aktivitas

Selanjutnya, cara jitu yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah insomnia adalah dengan memperbanyak aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Penelitian menunjukan bahwa dengan melakukan olahraga selama 20 sampai dengan 30 menit setiap harinya dan dilakukan dengan rutin selama 4 bulan mampu membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Jika kamu ingin membuang masalah tidur tersebut, perbanyak aktivitas, serta lakukan olahraga secara teratur.

4. Bantuan Kesehatan

Jika kamu ingin mengambil jalur yang lebih cepat dan instan, maka kamu bisa mendapatkan terapi dari para ahlinya. Terapi yang diberikan oleh psikolog biasanya mampu membantu untuk membentuk pola tidur yang lebih konsisten, misalnya dengan benar-benar mengurangi waktumu untuk tidur agar selanjutnya tubuh benar-benar merasa butuh tidur. Dengan begini, kebutuhan tubuh untuk tidur pun akan meningkat, sehingga kamu tidak merasa kesulitan atau mengalami masalah hanya untuk tertidur.

Nah, itulah 4 cara pintar yang bisa kamu terapkan supaya bisa membantumu tertidur dengan nyenyak dan bahkan kamu bisa merasakan kualitas tidur yang lebih baik dari biasanya. Jangan lupa untuk selalu melakukan cara-cara di atas secara rutin, teratur, dan konsisten. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

%d blogger menyukai ini: