8 Hal yang Dilakukan Orang-orang Sehat Setiap Hari

Scroll down to content

Para ahli diet dan pelatih kesehatan tidak hanya membantu orang lain menjalani kehidupan terbaik mereka, tetap juga cukup baik dalam menggabungkan kebiasaan sehat ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dan tips terbaik mereka di bawah ini sangat bisa dilakukan, membuktikan bahwa hidup dengan sehat tidak berarti harus merombak seluruh hidup kita. Karena ketika berbicara tentang hidup sehat, ini bukan soal meneguk jus kubis, berkeringat dalam 90 menit dalam sesi yoga, atau memungut bunga segar dari pasar petani.

Hidup sehat memiliki arti yang berbeda bagi orang lain, tetapi ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat membantu kamu menjalani kehidupan yang lebih seimbang dan berenergi setiap hari, apa pun tujuan kamu. Jadi, masukkan tips yang disetujui para ahli ini dalam jus hijaumu dan lakukan:

  1. Minumlah Air Sebanyak Mungkin

H20 adalah teman terbaikmu. “Setiap pagi, saya menuangkan segelas besar air untuk saya sendiri, yang saya minum sebelum memasukkan apa pun di tubuh saya,” jelas Nora Minno, RD, CDN. “Tetap terhidrasi menjaga tubuh kita tetap sehat hingga ke tingkat sel dan juga membantu menjaga kita dari makan berlebihan. Seringkali kita bisa salah mengira haus sebagai kelaparan,” tambahnya, yang dapat menyebabkan lebih banyak kalori yang dikonsumsi dari makanan daripada yang dibutuhkan tubuh kita.

Alissa Rumsey, M.S., R.D., C.S.C.S., juru bicara Akademi Nutrisi & Dietetika, juga sangat menganjurkan pentingnya tetap terhidrasi. “Saya tidak pernah meninggalkan rumah tanpa botol air,” katanya. “Tujuan saya adalah minum setidaknya tiga botol penuh setiap hari. Dehidrasi dapat menyebabkan perasaan lapar, sakit kepala, dan kekurangan energi, sehingga dengan saya membawa air setiap saat membuat saya mudah untuk tetap terhidrasi.”

  1. Nikmati Makananmu dan Cobalah untuk Makan Tanpa Gangguan

Makan dengan sadar/hati-hati adalah salah satu hal yang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi layak untuk dilakukan. “Walaupun saya tidak selalu bisa lepas dari makan di depan komputer, saya mencoba untuk mengambil setidaknya 10 hingga 15 menit untuk menikmati makanan saya (tanpa gangguan),” kata Rumsey. “Tidak ada telepon, tidak ada TV, hanya saya dan makanan saya. Ini memungkinkan saya untuk benar-benar mencicipi dan menghargai makanan saya. Yang paling penting, saya dapat memerhatikan isyarat dari rasa kenyang, dan berhenti makan setelahnya.”

“Saya menemukan bahwa tidak masalah apa yang ada di atas piring saya. Jika saya terganggu, saya lebih cenderung makan berlebihan karena pikiran saya berada di tempat lain, selain piringku,” tambah Rebecca Scritchfield, RD, pembawa acara Body Kindness Podcast. “Makan adalah ritual sakral bagiku, dan meskipun kita semua sibuk, setidaknya kita berhutang pada diri kita untuk mengambil jeda di keseharian kita untuk menikmati makanan kita, berlaku untuk kentang goreng dan salad kubis.”

  1. Nikmati Udara Segar Saat Kamu Bisa

Berhentilah dan nikmati wanginya bunga-bunga mawar, atau setidaknya berjalanlah di antaranya. “Mendapatkan udara segar sangat penting untuk kesehatan mental,” kata Minno. “Bahkan jika baru saja keluar dari kantor selama 10 menit saat makan siang untuk berjalan-jalan di sekitar kantor, istirahat kecil itu dapat membuatmu merasa kembali penuh dengan energi dan membuatmu kembali dalam suasana hati yang positif.”

  1. Temukan Sedikit Cara untuk Tetap Aktif Sepanjang Hari

“Bahkan jika saya memiliki hari yang sibuk, saya selalu mencoba melakukan beberapa jenis latihan 5 kali seminggu,” kata Nazima Qureshi, R.D., M.P.H., C.P.T. “Saya tidak hanya mendapatkan manfaat dari olahraga, saya juga menggunakan waktu ini sebagai waktu ‘saya’, yang membantu saya bersantai. Saya suka mencoba sesuatu yang baru untuk mengubah rutinitas, jadi saya tidak bosan dengan latihan rutin yang lama.”

Dan, jika kamu tidak punya waktu untuk melakukan latihan penuh, cobalah membaginya. “Saya tetap akan punya waktu untuk pergi ke kelas yoga atau menghabiskan 1 jam di gym, tetapi memiliki jadwal yang tidak konsisten tidak selalu memungkinkan untuk melakukan hal itu,” kata Jessi Haggerty, RD, CPT, pencipta BodyLove Planner. “Jika saya tidak bisa mendapatkan 1 jam latihan yang ‘terstruktur’, saya pastikan untuk melakukan beberapa waktu ekstra saat waktu-waktu istirahat sepanjang hari.”

  1. Makan Sayuranmu

“Saya memasukkan setidaknya 3 hingga 5 sayuran dan 3 jenis buah dalam makanan sehari-hari saya,” kata Leah Mark, MS, RD, CDN, CPT. “Saya memastikan menunya bervariasi dalam warna dan kandungan serat.” Sayuran juga lebih rendah kalori dibanding makanan lain, jadi menyusun menu dengan makanan yang berkualitas dapat membantu kamu agar tidak makan berlebihan, belum lagi semua vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. “Memenuhi rekomendasi untuk setidaknya menyajikan 5 porsi sayuran per hari akan lebih mudah, jika kamu merencanakannya dengan benar, ditambah lagi kamu akan menuai semua manfaat kesehatan dari mengonsumsi sayuran padat gizi dan rendah kalori,” kata Emily Cope-Kyle, MS, RDN, pemilik dan konsultan ahli gizi di Emily Kyle Nutrition.

  1. Rawat Dirimu dengan Cokelat Hitam

“Saya benar-benar orang yang percaya dalam menikmati makanan, dan saya tidak pernah merasa bersalah memasukkan cemilan dalam makanan saya secara teratur,” kata Marit Harney, R.D., L.D.N., C.P.T. “Saya penikmat berat cokelat hitam (dengan kakao 85%), yang untungnya sangat rendah gula! Namun, lemak dalam cokelat hitam adalah sumber energi yang besar,” tambahnya, belum lagi antioksidan dan serat yang diberikannya. Kamu bahkan dapat memulai hari dengan sedikit kesenangan, “Saya menyetel alarm sekitar 20 menit lebih awal di pagi hari, sehingga saya dapat membuat kopi, mengambil sepotong cokelat hitam, dan melompat kembali ke tempat tidur untuk menikmatinya tanpa gangguan,” kata Tina Marinaccio, MS, RD, CPT. Memulai hari dengan kopi dan cokelat? Dengan senang hati.

  1. Tidur yang Cukup

“Semua orang yang mengenal saya tahu bahwa tidur adalah sahabat saya,” kata Minno. “Saya tidur minimal 7,5 jam setiap malam! Kadang-kadang ini bahkan berarti meninggalkan acara lebih awal atau mematikan komputer saya pada jam 9 malam (meskipun saya ingin tetap berbelanja online). Memperoleh tidur yang cukup tidak hanya membuat saya merasa bersemangat dan siap untuk menghadapi hari itu, hal ini juga membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik,” tambahnya. Tidak cukup tidur dapat mengacaukan tekadmu pada hari berikutnya dan menghilangkan hormon kamu, yang dapat memengaruhi berat badanmu.

  1. Ingatkan Diri Kamu tentang Hal-hal yang Kamu Syukuri

Bahkan jika kamu tidak sedang bermeditasi (yang juga direkomendasikan oleh banyak orang sehat), luangkan waktu sejenak untuk merenungkan apa yang kamu syukuri dapat membantumu merasa tenang. “Ketika saya bangun di pagi hari, hal pertama yang saya lakukan sebelum bangun tidur adalah memikirkan tiga hal yang saya syukuri,” kata Minno. “Ketika kamu menjadi orang yang rajin, giat, dan berorientasi pada tujuan, bisa jadi sangat mudah untuk fokus pada hal-hal yang tidak kamu miliki atau masih ingin kamu capai, jadi penting untuk mengingatkan diri sendiri tentang semua yang telah saya miliki dan saya syukuri.”

 

Diterjemahkan dari: http://www.self.com

Sumber Foto: Pixabay.com

%d blogger menyukai ini: