Basmi Stres dengan 10 Teknik Relaksasi Berikut!

Scroll down to content

Rileks, kamu pantas mendapatkannya, ini baik untuk kamu, dan ini membutuhkan waktu lebih sedikit daripada yang kamu pikirkan. Kamu tidak perlu spa di akhir pekan atau melancong ke luar kota . Masing-masing dari kita-kiat penghilang stres ini bisa membuat kamu dari stres menjadi rileks dalam waktu kurang dari 15 menit.

  1. Meditasi

Beberapa menit dari latihan meditasi per hari dapat membantu mengurangi kecemasan. “Penelitian menunjukkan bahwa meditasi setiap hari dapat mengubah jalur saraf otak, membuat kamu lebih tahan terhadap stres,” kata psikolog Robbie Maller Hartman, PhD, seorang pelatih kesehatan dan kebugaran Chicago. Caranya mudah, duduk tegak dengan kedua kaki di lantai, lalu tutup mata kamu. Fokuskan perhatianmu pada pelafalan dengan suara keras atau dalam hati, mantra positif seperti ‘Aku merasa damai’ atau ‘Aku cinta diriku sendiri’. Letakkan satu tangan di perut kamu untuk menyelaraskan mantra dengan napasmu. Biarkan pikiran yang mengganggu melayang seperti awan.

  1. Bernapas Dalam-dalam

Beristirahatlah selama 5 menit dan fokuslah pada pernapasanmu. Duduk tegak, mata tertutup dengan tangan di perut. Tarik napas perlahan-lahan melalui hidung, rasakan napas mulai dari perut dan teruskan ke bagian atas kepala kamu. Balikkan proses ini saat kamu mengeluarkan napas melalui mulut. “Bernapas dalam melawan efek dari stres dengan memperlambat denyut jantung dan menurunkan tekanan darah,” kata psikolog Judith Tutin, PhD. Ia adalah pelatih hidup rileks bersertifikat di Rome, GA.

  1. Nikmati Momen

“Ambil waktu 5 menit dan fokus hanya pada satu perilaku dengan kesadaran penuh,” kata Tutin. Perhatikan bagaimana udara terasa di wajah kamu, ketika berjalan dan bagaimana kakimu menyentuh tanah. Nikmati tekstur dan rasakan setiap gigitan makanan. Ketika kamu menghabiskan waktu di saat itu dan fokus pada inderamu, maka kamu akan merasa ketegangan berkurang.

  1. Bersosialisasi

Jejaring sosial kamu adalah salah satu alat terbaik untuk menangani stres. Berbicaralah dengan orang lain, lebih diutamakan bertatap muka, atau setidaknya melalui telepon. Ceritakan apa yang terjadi. Kamu bisa mendapatkan perspektif baru sambil menjaga koneksimu agar tetap kuat.

  1. Dengarkan Tubuhmu

Pindai tubuhmu secara mental untuk mengetahui bagaimana stres memengaruhi tubuh setiap hari. Berbaring telentang, atau duduk dengan kaki di lantai. Mulailah dari jari-jari kaki kamu dan lanjutkan ke kulit kepala, perhatikan bagaimana perasaan tubumu. “Cukup dengan menyadari tempat-tempat di mana kamu merasa tegang tanpa mencoba mengubah apa pun,” kata Tutin. Selama 1 hingga 2 menit, bayangkan setiap napas dalam mengalir ke bagian tubuh. Ulangi proses ini saat kamu memindahkan fokus ke atas tubuhmu, perhatikan dengan cermat sensasi yang kamu rasakan di setiap bagian tubuh.

  1. Dekompresi

Tempatkan pembungkus hangat di leher dan bahumu selama 10 menit. Tutup matamu dan rilekskan otot-otot wajah, leher, dada bagian atas, dan punggung. Lepaskan bungkusnya, dan gunakan bola tenis atau rollerbusa, dan mulailah memijat untuk mengusir ketegangan di otot. “Letakkan bola di antara punggung dan dinding. Bersandarlah ke bola, dan tahan tekanan dengan lembut hingga 15 detik. Kemudian pindahkan bola ke tempat lain, dan berikan tekanan yang sama,” kata Cathy Benninger, seorang praktisi perawat dan asisten profesor di The Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus.

  1. Tertawa Keras

Tawa yang baik tidak hanya meringankan beban mental. Tawa menurunkan kadar kortisol, hormon stres tubuh kamu, dan meningkatkan bahan kimia otak yang disebut endorfin, yang membantu suasana hati. Ringankan perasaanmu dengan menyetel sitkom atau video favoritmu, membaca komik, atau mengobrol dengan seseorang yang bisa membuat kamu tersenyum.

  1. Menikmati Lagu-lagu

Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang menenangkan dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan kecemasan. “Buatlah playlist yang berisi lagu-lagu atau suara alam (lautan, sungai yang bergelembung, kicauan burung), dan biarkan pikiranmu untuk fokus pada melodi, instrumen, atau penyanyi yang berbeda dalam karya itu,” kata Benninger. Kamu juga bisa menaikkan suasana hati dengan menikmati lagu-lagu yang lebih bersemangat, atau bernyanyi dengan sekuat tenagamu.

  1. Bergerak

Kamu tidak harus berlari untuk mendapatkan nilai tinggi sebagai pelari. Semua bentuk latihan, termasuk yoga dan berjalan, dapat meredakan depresi dan kecemasan dengan membantu otak melepaskan zat kimia yang membuat kamu merasa senang dan dengan memberi tubuhmu kesempatan untuk berlatih mengatasi stres. Kamu dapat berjalan cepat di sekitar blok rumah, naik dan turun tangga, atau melakukan beberapa latihan peregangan, seperti menggerakkan kepala dan mengangkat bahu.

  1. Jangan Lupa Bersyukur

Buatlah sebuah jurnal yang berisi rasa syukurmu atau bahkan beberapa jurnal (satu di samping tempat tidurmu, satu di dompet, dan satu di tempat kerja) untuk membantu kamumengingat semua hal yang baik dalam hidupmu.“Bersyukur atas segala berkat dalam hidupmu membatalkan pikiran dan kekhawatiran yang negatif,” kata Joni Emmerling, seorang pelatih kesehatan di Greenville, NC. Gunakan jurnal ini untuk menikmati pengalaman-pengalaman menyenangkan dalam hidup kamu,seperti senyumanseorang anak, hari yang dipenuhi sinar matahari, dan kesehatan yang baik. Jangan lupa untuk merayakan pencapaian seperti menguasai tugas baru di tempat kerja atau hobi yang baru.Ketika kamumulai merasa stres, luangkan beberapa menit untuk melihat catatanmu untuk mengingatkan diri sendiri apa yang sebenarnya penting dalam hidup.

 

Diterjemahkan dari: Webmd.com

Sumber Foto: Pexels.com

%d blogger menyukai ini: