Pengganti Daging Merah untuk Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Scroll down to content

Sebuah uji coba meta-analisis yang membandingkan efek kesehatan dari konsumsi daging merah dengan diet lainnya menemukan bahwa mengganti protein nabati yang sehat sebagai substitusi daging merah membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Banyak penelitian sepanjang tahun-tahun belakangan ini telah mengaitkan konsumsi daging merah dengan penyakit kardiovaskular dan kanker, tetapi hasilnya tidak konsisten.

Sebuah studi pada tahun 2015, membandingkan efek protein nabati dan protein hewani pada risiko penyakit kardiovaskular menemukan bahwa bukti itu tidak meyakinkan. Studi-studi terbaru lebih lanjut menyelidiki hubungan antara konsumsi daging merah dan penyakit jantung, serta menemukan bahwa daging merah tidak secara signifikan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, ketika seseorang bertahan pada asupan yang direkomendasikan. Sebagian besar studi ini berfokus pada potensi bahaya daging merah, tetapi mereka tidak memasukkan analisis diet spesifik lainnya.

Peneliti dari Harvard T.H. Chan School of Public Health di Boston dan Universitas Purdue di West Lafayette, melakukan studi meta-analisis pertama dari uji coba terkontrol secara acak yang menganalisis efek daging merah dengan menggantinya dengan jenis makanan lain. Hasil studi ini dimasukkan ke dalam jurnal Circulation.

Konsumsi Daging Merah di Amerika Serikat (AS)

Pendekatan baru ini memungkinkan para peneliti untuk memeriksa sisi yang berbeda dari masalah ini. Konsumsi daging merah tetap menjadi topik yang sangat kontroversial, terutama di AS, di mana konsumsi daging merah per kapita lebih dari 200 pound pada tahun 2018, menurut Departemen Pertanian AS.

Meskipun konsumsi daging merah di AS masih tinggi, produksi dan konsumsi ayam telah meningkat. Konsumsi daging sapi AS per kapita turun dari puncaknya, tetapi masih luar biasa, jumlah ini empat kali lebih tinggi dari nilai rata-rata global, menurut Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan.

Sebuah survei baru-baru ini menunjukkan bahwa banyak orang di AS mungkin bersikap terbuka untuk mengurangi konsumsi daging di masa depan, karena mereka menjadi lebih sadar akan hubungan yang dimiliki daging merah dengan bahaya kesehatan gizi dan lingkungan. Para peneliti menyarankan bahwa kampanye pendidikan diperlukan untuk mempercepat peralihan masyarakat ke diet yang lebih berkelanjutan.

Pertanyaan ‘Apakah Daging Merah Baik atau Buruk?’ ini tidak Berguna

Dalam studi terbaru ini, para peneliti menganalisis data dari 36 uji coba terkontrol secara acak, yang mencakup total 1.803 peserta. Tim mengamati tekanan darah dan konsentrasi kolesterol, trigliserida, dan lipoprotein dalam darah pada orang yang makan daging merah. Mereka kemudian membandingkan nilai-nilai ini dengan orang-orang yang makan lebih banyak makanan lain, seperti ayam, ikan, karbohidrat, kacang-kacangan, kedelai, atau kacang-kacangan.

“Temuan sebelumnya dari uji coba terkontrol acak yang mengevaluasi efek daging merah pada faktor risiko penyakit kardiovaskular tidak konsisten,” kata Marta Guasch-Ferré, penulis utama penelitian dan ilmuwan penelitian di Departemen Gizi di Harvard T.H. Chan School of Public Health. “Namun, penelitian baru kami ini yang membuat perbandingan spesifik antara diet tinggi daging merah versus diet tinggi jenis makanan lain, menunjukkan bahwa mengganti daging merah dengan sumber protein berkualitas tinggi menyebabkan perubahan yang lebih menguntungkan dalam faktor risiko kardiovaskular,” lanjutnya.

Temuan-temuan ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam nilai kolesterol total, lipoprotein, atau tekanan darah antara mereka yang makan daging merah dan mereka yang makan lebih banyak jenis makanan lain. Namun, diet tinggi daging merah memang menyebabkan peningkatan konsentrasi trigliserida. Sebaliknya, makanan kaya protein nabati berkualitas tinggi menurunkan kadar kolesterol jahat.

“Bertanya ‘Apakah daging merah baik atau buruk?’ menjadi tidak berguna,” kata Meir Stampfer, penulis senior studi dan profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard T.H. Chan. “Pertanyaan ini harusnya disambungkan dengan pertanyaan ‘Dibandingkan dengan apa?’”

“Jika kamu mengganti burger dengan kue kering atau kentang goreng, Anda tidak menjadi lebih sehat. Namun, jika kamu mengganti daging merah dengan sumber protein nabati yang sehat, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, kamu mendapatkan manfaat kesehatan,” ungkap Prof. Meir Stampfer.

Para penulis merekomendasikan agar orang-orang mengikuti diet vegetarian dan diet gaya Mediterania yang menyehatkan, yang menyediakan banyak protein nabati berkualitas tinggi karena diet ini menawarkan manfaat kesehatan yang sangat baik dan mempromosikan kelestarian lingkungan.

 

Diterjemahkan dari: MedicalNewsToday.com

Sumber Foto: Pexels.com

%d blogger menyukai ini: