12 Makanan yang Sebenarnya tidak Perlu Disimpan di Lemari Es

Scroll down to content

Jika sepertinya kulkasmu selalu diisi hingga penuh, itu mungkin karena kulkasmu dikemas dengan makanan yang benar-benar tidak perlu ada di sana. Untuk waktu yang lama beberapa orang berasumsi bahwa apa pun yang segar atau organik benar-benar perlu didinginkan, tetapi sebaliknya yang berlaku dalam beberapa kasus. Bahkan ada beberapa buah dan sayuran yang benar-benar akan terasa lebih buruk, jika kamu menyimpannya pada suhu yang lebih dingin. Hal yang sama berlaku untuk minyak.

Jadi lain kali kamu akan menaruh semua barang belanjaanmu ke lemari es, pikirkan 2 kali di mana barang-barang berada. Jika kamu menyimpan buah-buahan, sayuran, dan bumbu tertentu di dapur, sebagai gantinya kamu akan menghemat banyak ruang untuk hal-hal yang perlu dijaga agar tetap dingin.

Berikut, daftar makanan yang mungkin tidak perlu disimpan di lemari pendingin dan bagaimana cara menyimpannya.

  1. Alpukat

Menurut salah satu produsen alpukat Love One Today, cara terbaik menyimpan alpukat adalah menjaganya pada suhu kamar sampai buah sepenuhnya matang, karena alpukat mungkin tidak pernah matang dengan benar, jika kamu mendinginkannya terlalu cepat. Di sisi lain, mendinginkan mereka setelah matang dapat memperpanjang umur mereka beberapa hari lagi. Jika kamu sudah memotong alpukat dan ingin menyimpan setengahnya lagi untuk nanti, taburkan dengan sedikit jus lemon, masukkan ke dalam wadah kedap udara, dan masukkan ke dalam lemari es.

  1. & 3. Bawang Merah & Bawang Putih

Kamu tidak boleh meninggalkan bawang merah atau bawang putih di lemari es, karena udara yang dingin dan kering akan mengeringkan kelembapan dan rasa mereka. Alih-alih, simpanlah di tempat yang sejuk dan gelap yang berventilasi baik agar tidak berjamur dan dapurmu sempurna untuk kondisi itu. Setelah kamu mengirisnya, bawang merah  dan bawang putih harus disimpan dalam wadah kedap udara di lemari es untuk mencegah jamur terbentuk terlalu cepat. Jika kamu menggunakan bawang botolan, seperti bawang putih atau bawang bombai cincang, yang terbaik adalah menyimpannya seperti yang tertera pada label, sebagian besar akan mencatat untuk mendinginkannya setelah dibuka, meskipun beberapa mungkin tidak (karena beberapa kombinasi pengawet, garam, dan cuka dapat membantu menjaga bahan-bahan ini tanpa pendingin).

  1. Tomat

Tomat akan kehilangan rasanya dan menjadi lunak dan lembek jika kamu menyimpannya di lemari es, kata Erik Brown, koordinator produk global senior di Whole Foods Market. Dia juga menambahkan bahwa seperti halnya alpukat, menyimpan tomat di lemari es akan mencegahnya matang sepenuhnya. Ditambah lagi, menurutnya, tomat dingin tidak enak dikonsumsi. Pikirkan tomat yang paling lezat dan paling lezat yang pernah kamu makan, mungkin tidak dingin. Untuk hasil terbaik, jauhkan tomat pada suhu kamar dan jauhkan dari sinar matahari langsung, simpan di kulkas setelah kamu memotongnya.

  1. Buah Tropis

Secara umum, Brown mengatakan bahwa sebagian besar buah-buahan tropis dapat disimpan dengan aman pada suhu kamar, karena mereka berasal dari lingkungan yang lebih hangat, buah-buahan ini termasuk mangga, nanas, dan pepaya. Namun, setelah kamu memotongnya, tutup rapat di wadah penyimpanan makanan dan simpan di kulkas, sari-sarinya dapat mendorong pertumbuhan bakteri pada suhu yang lebih tinggi.

  1. Pisang

Seperti halnya alpukat dan tomat, menyimpan pisang di lemari es akan mengacaukan cara mereka matang, Brown menjelaskan. Temperatur yang lebih dingin juga bisa membuatnya empuk dan lembek, yang bisa sangat bagus untuk roti pisang, tetapi jelas tidak ideal jika kamu berencana untuk hanya memakannya. Yang terbaik adalah menjaga pisang pada suhu kamar. Namun, jika kamu memerhatikan bahwa mereka sudah mulai berubah menjadi cokelat, Anda tidak perlu membuangnya. Alih-alih, kupas, masukkan ke dalam wadah atau kantong penyimpanan makanan yang khusus freezer, dan simpan di freezer ntuk digunakan membuat smoothie.

  1. Buah Batu

Buah dengan lubang di tengah, seperti aprikot, nektarin, dan buah persik, semua harus disimpan pada suhu kamar, karena lemari es akan mengeringkannya. Pastikan untuk menjaga mereka di tempat yang sejuk dari sinar matahari langsung. Jika kamu sudah mengirisnya dan ingin menyimpannya untuk nanti, masukkan ke dalam wadah tertutup rapat di dalam lemari es.

  1. Jeruk

Tidak ada salahnya menyimpan jeruk di lemari es, tetapi kamu juga tidak harus melakukannya. Nordgren mengatakan bahwa kulit jeruk yang tebal mencegah buah ini memburuk lebih awal, sehingga secara teknis jeruk akan baik-baik saja untuk dimakan jika kamu membiarkannya begitu saja. Namun jika kamu lebih suka makan jeruk dingin, jangan ragu untuk memasukkannya ke lemari es. Dengan jenis buah ini, mendinginkannya itu benar-benar sesuai preferensi pribadi. Seperti buah basah lainnya, buah jeruk sebaiknya disimpan di lemari es begitu kamu memotongnya.

  1. & 10. Melon yang Dipotong & Labu Musim Dingin

Berkat kulitnya yang keras, varietas melon dan labu musim dingin, seperti biji acornbutternut, kabocha, dan delicate, tidak perlu didinginkan hingga setelah dipotong, menurut Nordgren. Namun, jika kamu lebih suka melon dingin, kamu mungkin ingin memasukkannya ke dalam lemari es terlebih dahulu. (Jangan khawatir, kulitnya akan melindungi bagian dalam dari kekeringan.)

  1. Minyak

Jika kamu memiliki sebotol minyak di lemari es, keluarkan secepat mungkin, karena menyimpan minyak pada suhu yang lebih dingin akan membuatnya mengeras dan kehilangan rasanya. Di sisi lain, kamu juga ingin memastikan bahwa tidak menyimpannya di dekat benda yang terlalu panas, karena panas dapat menyebabkannya menjadi berbau tengik lebih awal. Sebaliknya, simpan minyak di tempat yang sejuk dan gelap di dapur.

  1. Berbagai Jenis Bumbu

Bumbu seperti saus tomat atau mustard baik-baik saja disimpan pada suhu kamar karena kadar gula, garam, dan cuka yang tinggi membuatnya tetap terjaga. Dan hal yang sama berlaku untuk banyak bumbu lainnya, termasuk banyak saus salad, saus panas, selai, dan bahan fermentasi seperti kecap atau kecap ikan.

 

Diterjemahkan dari: SELF.com

Sumber Foto: Pixels.com

%d blogger menyukai ini: