Mau Tetap Fit Selama Bulan Ramadan? Ayo Ikuti Tips Berikut!

Scroll down to content

Bulan Ramadan banyak dinanti oleh umat Muslim, banyak dari mereka yang berlomba-lomba melakukan kegiatan baik di bulan ini, seperti membayar Zakat, membagikan Takjil untuk berbuka, menolong anak yatim-piatu, dan lain sebagainya. Namun, tidak sedikit dari mereka lupa bahwa di bulan Ramadan ini kesehatan pun harus tetap dijaga, agar badan tetap fit hingga bulan puasa selesai. Hal ini tentunya merupakan hal yang penting juga, karena dalam bulan ini asupan makan dibatasi oleh jam dan jam tidur pun otomatis berubah untuk bisa melaksanakan sahur. Perhatikan tips agar badan tetap fit selama bulan Ramadan berlangsung di bawah ini.

Mengatur Waktu Tidur

Saat bulan Ramadan tiba, secara tidak langsung akan mengubah pola tidur orang yang menjalankan ibadah puasa itu sendiri. Pasalnya, mereka akan bangun jauh lebih pagi dibanding dengan biasanya untuk melaksanakan kegiatan sahur. Jadi, untuk kamu yang terbiasa tidur di jam 11 malam, sebaiknya mulai mengubah kebiasaan tidur menjadi lebih awal, seperti jam 9 misalnya. Sementara itu, idealnya jam tidur seseorang di malam hari sekitar 7-8 jam, menurut National Sleep Foundation. Jadi, tidak ada salahnya jika bisa melanjutkan tidur setelah selesai sahur, agar badan tetap dalam kondisi segar saat beraktivitas.

Mengatur Pola Makan

Jika kamu termasuk orang yang terbiasa makan 3 kali dalam sehari, maka menjelang bulan Ramadan mulailah dengan menjaga atau mengatur asupan makan untuk tubumu. Jangan mengonsumsi makanan hingga dalam keadaan yang sangat kenyang, salah-salah bukannya makanan yang dikonsumsi itu bermanfaat, tetapi malah justru membuat kondisi kesehatan menjadi menurun dan memburuk. Maka dari itu, penting dalam hal ini untuk melihat kandungan gizi dan nutrisi suatu makanan yang akan dikonsumsi. Sebut saja sebagai contohnya ialah karbohidrat. Senyawa yang satu ini sangat berguna untuk tubuh karena mempunyai fungsi sebagai sumber energi. Untuk memilih sumber energi yang baik selama menjalankan ibadah puasa ini, kamu bisa dapatkan dari beras, gandum, dan sebagainya. Selain itu, mengonsumsi protein juga bagus untuk membantu menjaga badan supaya tetap fit. Contoh protein itu seperti telur, ayam, ikan, daging, dan kacang-kacangan. Yang tidak kalah penting lagi ialah menyeimbangkan asupan sayur, serta buah-buahan. Yang terakhir ini merupakan tips agar badan tetap fit selama bulan Ramadan adalah dengan membuat semua asupan tadi menjadi sempurna dengan tambahan susu karena mengandung nutrisi yang berperan baik bagi tubuh kita.

Membiasakan Diri untuk Berolahraga

Meskipun sedang berada di bulan Ramadan, bukan berarti kamu tidak boleh melakukan kegiatan olahraga. Kamu tetap boleh berolahraga, tetapi jenis yang dipilih usahakan lebih ringan. Contohnya saja, seperti berjalan santai, melakukan jogging, dan bersepeda. Jangan lakukan olahraga yang berat karena dapat membuat kamu kelelahan dan kehabisan energi sehingga ibadah puasa pun terganggu. Jika ingin berolahraga lebih, maka bisa dilakukan setelah berbuka puasa. Olahraga tersebut membantu badanmu agar tetap membakar kalori untuk dijadikan tenaga dalam menjalani kegiatan selama seharian. Jika ini kamu lakukan secara teratur, maka kondisi badanmu bukan hanya sehat, tetapi juga bugar selama menjalankan ibadah puasa.

Nah, jika semua tips agar badan tetap fit selama bulan Ramadan di atas kamu lakukan dengan baik dan benar. Dan, mengatur sesuai kebutuhan badanmu, tentu selama bulan Ramadan ini tidak akan ada masalah berkaitan dengan kesehatan. Bahkan hingga Hari Raya tiba, kondisi kamu bakalan tetap fit.

%d blogger menyukai ini: