5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Scroll down to content

Bau mulut memang menjadi permasalahan utama kebanyakan orang saat sedang menjalankan ibadah puasa. Penyebab bau mulut itu sendiri sebenarnya karena mulut yang mengalami kekeringan. Hal ini dikarenakan tidak adanya asupan makanan dan minuman selama kamu menjalankan ibadah puasa sehingga jumlah bakteri gram negatif di dalam mulut menjadi banyak.

Masalah bau mulut ini tentu akan berpengaruh pula terhadap tingkat kepercayaan diri seseorang terutama saat harus berkomunikasi secara langsung. Namun, kini jangan khawatir lagi karena ada tips mencegah bau mulut saat berpuasa untuk kamu di bawah ini.

  1. Perbanyak Mengonsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih disarankan sebanyak 8 gelas dalam sehari, kebiasaan inilah yang sering terlupakan oleh banyak orang. Padahal air putih ini banyak manfaatnya untuk tubuh dan sekaligus juga menjadi hal yang dibutuhkan tubuh. Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang sesuai dapat mencegah tubuh kamu mengalami dehidrasi dan juga membantu dalam mengurangi risiko terjadinya bau mulut saat menjalankan puasa. Karena, mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dapat mencegah mulut menjadi kering sehingga bakteri gram negatif tidak bisa bertambah banyak.

  1. Menggosok Gigi Beserta Lidah

Berikutnya yang juga tips mencegah bau mulut saat puasa selain menggosok gigi, adalah membersihkan lidah. Disebabkan karena bagian mulut yang satu ini mampu menjadi tempat penyimpanan bakteri yang menyebabkan mulut menjadi bau saat menjalankan ibadah puasa. Kamu bisa membersihkan lidah menggunakan alat khusus atau bisa juga yang ada pada bagian belakang sikat gigi yang memang digunakan untuk membersihkan lidah. Agar hasilnya maksimal, bisa dilakukan setelah sahur dan juga sebelum kamu tidur di malam hari.

  1. Hindari Makanan Berbau Tajam Saat Sahur

Selama bulan Ramadan ini, sebaiknya kamu menghindari makanan-makanan yang mempunyai bau tajam, seperti pete, jengkol, dan juga durian. Karena jika kamu mengonsumsi makanan tersebut, maka akan membuat bau mulut orang yang sedang berpuasa semakin parah. Akan lebih baik jika menghindari makanan tersebut dan menggantinya dengan mengonsumsi sayuran dan buah agar membantu menjaga kesegaran mulutmu.

  1. Berkumurlah Menggunakan Minyak Kelapa

Cara berikutnya yang juga baik dalam mengurangi ibau mulut selama bulan puasa ialah berkumur menggunakan minyak kelapa alami. Kealamian minyak kelapa ini mempunyai banyak manfaat, seperti mencegah rusaknya gigi atau gigi membusuk, menghilangkan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang, mencegah tartar terbentuk, dan yang paling penting ialah mengurangi risiko bau nafasmu menjadi tidak sedap. Cara berkumur menggunakan minyak kelapa alami ini sama seperti berkumur biasanya, hanya saja dilakukan selama 5-10 menit dan setelahnya, barulah kamu bisa menggosok gigi seperti biasanya.

  1. Jangan Merokok Pada Saat Sahur

Sebenarnya untuk yang satu ini memang dihindari saja, baik bulan puasa atau tidak. Kebiasaan buruk yang satu ini sebaiknya jangan dilakukan pada saat sahur. Selain memang memberikan dampak negatif untuk tubuh, tembakau yang terdapat pada rokok juga bisa membuat mulut kamu menjadi berbau tidak sedap. Kandungan tersebut akan membuat masalah pada gusi, bahkan meningkatkan masalah tersebut juga bisa. Lantas akibatnya bau mulut kamu saat menjalankan puasa menjadi tidak sedap. Bau mulut yang tidak sedap itulah yang akan membuat kepercayaan diri menjadi berkurang saat berkomunikasi langsung dengan lawan bicara.

Nah, itulah tips mencegah bau mulut saat menjalankan ibadah puasa sederhana yang bisa dilakukan setiap hari. Silakan dicoba dan buktikan keberhasilannya!

 

Sumber Foto: HelloSehat.com

%d blogger menyukai ini: