Tetap Sehat & Selamat Saat Melakukan Tradisi Mudik Lebaran

Scroll down to content

Di bulan Ramadan seperti ini, orang tidak hanya melakukan hal-hal yang berkaitan dengan ibadah, tetapi sebagian darinya juga telah mempersiapkan perjalanan untuk mudik Lebaran. Berikut ini adalah beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan agar tetap sehat dan selamat saat melakukan mudik Lebaran.

Mempersiapkan Berbagai Hal untuk Perjalanan

Sebelum kamu melakukan perjalanan mudik, lakukan pengecekan terhadap kondisi kendaraan yang akan kamu gunakan nantinya. Agar saat tiba waktu menggunakannya untuk perjalanan jauh, kendaraan tersebut dalam kondisi yang prima, sehingga penumpang atau pengemudinya merasa nyaman selama perjalanan. Ada baiknya juga, kamu membawa peralatan yang dapat membantu, bila terjadi kerusakan kendaraan di jalan. Namanya perjalanan jauh, kan tidak pernah tahu apa yang akan terjadi.

Mempersiapkan Tubuh agar tidak Mengalami Kelelahan

Mengingat perjalanan mudik ini dilakukan di bulan puasa, maka penting sekali untuk menjaga kondisi kesehatan kamu sebelum melakukan mudik. Jika kamu memilih melakukan perjalanan di siang hari, maka jangan pernah memaksakan diri untuk tetap berkendara meskipun badan telah merasa kelelahan. Jika badan mulai mengalami dehidrasi, maka segeralah untuk minum demi mencegah hal yang mungkin saja berdampak buruk dalam perjalanan kamu. Sementara itu, jika kamu memilih melakukan perjalanan mudik di malam hari, lakukan istirahat yang cukup jika kamu mulai mengantuk. Ini biasanya yang dilakukan orang agar tetap bisa berpuasa di siang harinya.

Mengambil Waktu Istirahat secara Berkala

Jika kamu memutuskan untuk berkendara sendiri, sebaiknya sering melakukan istirahat agar badan tetap dalam kondisi yang fit dan bugar selama perjalanan. Selain untuk menjaga tubuh tetap prima, istirahat juga membantu kendaraan kamu dalam mendinginkan mesin supaya tidak terjadi masalah dalam berkendara.

Kamu bisa melakukan istirahat di pos mudik yang banyak disediakan oleh pemerintah atau siapa pun itu, kamu juga bisa menggunakan rest areaatau SPBU untuk digunakan sebagai tempat beristirahat. Pada saat kamu mengambil waktu untuk beristirahat, segera lakukan peregangan untuk merelaksasi tubuh agar tidak terlalu tegang. Selain itu, pergunakan juga waktu istirahat untuk buang air kecil atau besar. Dengan melakukan hal ini akan membantu kondisi badan kamu tetap prima saat berkendara kembali.

Membawa Bekal

Meski terkesan klasik, tetapi membawa bekal juga menjadi salah satu cara agar tetap sehat dan selamat saat mudik Lebaran. Pasalnya, makanan yang dibawa dari rumah kamu siapkan sendiri sehingga bisa dipastikan kehigienisannya. Karena makanan atau jajanan yang nantinya banyak kamu temui selama perjalanan belum tentu higienis dan bersih. Kamu pun tidak tahu jika makanan tersebut telah terkontaminasi debu atau kotoran di jalan. Bekal pun bisa sebagai antisipasi saat terjadi macet panjang dan kamu mengalami kesulitan untuk menemukan penjual makanan. Jadi, selalu siapkan bekal sebelum kamu melakukan perjalanan.

Membawa serta Obat-obatan

Obat-obatan adalah hal primer yang harus dipersiapkan saat akan melakukan perjalanan jauh. Kamu tidak akan pernah tahu kondisi tubuh selama di perjalanan mudik, jadi ada baiknya membawa obat-obatan sederhana, seperti obat mabuk perjalanan, obat masuk angin, obat pusing, obat anti alergi, dan  obat maag. Obat-obatan sederhana tadi bisa digunakan sebagai pertolongan pertama, seandainya kamu mengalami permasalahan kesehatan saat perjalanan mudik.

Berkendara dengan Cara yang Aman

Salah satu tips agar tetap sehat dan selamat saat mudik menjelang Lebaran ialah berkendara dengan cara yang aman. Contohnya dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan juga menjaga kecepatan dalam batas yang aman. Usahakan untuk tidak membawa barang bawaan secara berlebihan karena hal tersebut bisa mengganggu kestabilan saat mengemudi. Jika moda transportasi yang kamu gunakan adalah motor, maka ada baiknya menggunakan masker untuk melindungi pernapasanmu dari debu, kotoran, dan polusi udara.

 

Sumber Foto: KlikDokter.com/Shutterstock

%d blogger menyukai ini: