12 Trik Memasak Simpel Menggunakan Microwave

Scroll down to content

Baru-baru ini, beberapa orang memerhatikan bahwa koki-koki sangat memuja microwave, karena alat ini benar-benar bermanfaat. “Microwave nyaman untuk melakukan berbagai hal dalam waktu bersamaan, terutama jika kamu sudah memiliki beberapa item yang dimasak di atas kompor atau mungkin kamu sibuk dengan tugas-tugas lain, sehingga jika kamu sedang fokus pada hal itu, kamu tidak perlu khawatir tentang membakar apa pun,” Kathy Fang, juara Chopped sebanyak 2 kali dan pemilik Fang di San Francisco. “Ini juga merupakan metode memasak yang jauh lebih cepat, ideal untuk pemula, karena menghemat waktu memasak dan langkah persiapan.” Di sini, Fang dan pakar makanan lainnya menjelaskan semua hal favorit mereka dengan microwave yang meminimalkan waktu persiapan, memasak, dan pembersihan, ditambah beberapa hidangan cepat dan mudah yang dapat kamu buat dengan praktis.

  1. Rempah-rempah Kering

Karena micorwave bekerja dengan menargetkan dan memanaskan air, Abbey Sharp, R.D.blogger dan penulis Mindful Glow Cookbook, mengatakan bahwa microwave juga bisa menjadi alat yang hebat untuk mengeringkan rempah. Namun, dia mengatakan lebih baik tetap menggunakan rempah yang lebih sehat, seperti rosemary atau thyme, karena rempah yang lebih lembut seperti mint atau basil tidak tahan dengan kekuatan microwave. Untuk melakukannya sendiri, taruh bumbu di antara dua handuk tisu dan panaskan microwave selama 2 hingga 3 menit.

  1. Mengupas Bawang Putih Lebih Cepat

Muak dengan bau bawang putih yang melekat pada tanganmu, saat mengupasnya? Biarkan microwave kamu yang melakukan pekerjaan ini sebagai gantinya. “Cukup masukkan seluruh bawang putih ke dalam microwave selama sekitar 15-20 detik dan siungnya akan dengan mudahnya keluar dari kulit bawang,” kata Sharp.

  1. Mengukus Ikan

Menurut Fang, kakeknya sering mengukus ikan menggunakan microwave untuk memastikannya tidak matang berlebihan dan metode ini secara konsisten menghasilkan hasil yang sempurna. Untuk melakukannya sendiri, cukup letakkan ikan pilihan kamu ke dalam mangkuk dangkal. Tambahkan sedikit mentega atau minyak zaitun, garam, merica, dan rempah-rempah lain yang ingin kamu gunakan, lalu isi mangkuk dengan beberapa inci air, tutup rapat dengan bungkus plastik yang ramah microwave dan gunakan garpu untuk mencungkil beberapa lubang untuk memungkinkan ventilasi. Kemudian, masak dengan api besar selama 6 hingga 7 menit.

  1. Mematangkan Pisang

Ketika Buddy Valastro, pemilik Buddy V’s Ristorante, tidak sabar menunggu setumpuk pisang cukup matang untuk memanggangnya menjadi kue, ia menggunakan microwave untuk mempercepat prosesnya. Untuk melakukannya sendiri, gunakan garpu untuk membuat lubang di seluruh pisang (ini akan mencegahnya meledak). Lalu, masukkan ke dalam microwave selama 1 atau 2 menit.

  1. Melelehkan Mentega atau Cokelat

“Melunakkan mentega dan melelehkan coklat adalah 2 hal yang paling sering digunakan di microwave saya,” Mike DeCamp, eksekutif chef dan pemilik di P.S. Steak yang baru dibuka di Minneapolis. Dan benar-benar tidak ada alasan untuk mengotori alat tambahan untuk tugas-tugas sederhana ini, Daniela Moreira, koki eksekutif dan rekan pemilik Call Your Mother di D.C., menjelaskan. “Untuk melelehkan cokelat, semua orang menggunakan teknik bain-marie, di mana kamu harus memerhatikan dan butuh waktu selamanya,” dia menjelaskan, “letakkan di microwave dan biarkan begitu saja.” Untuk menghindari membakar cokelat kamu, masaklah dalam waktu 30 detik, aduk sesekali. Cara ini akan membantu menyebarkan panas secara merata dan mencegah pembakaran.

  1. Memasak Biji-bijian

“Saya suka memanaskan biji-bijian seperti nasi dan quinoa di microwave,” Priya Krishna, penulis buku masak yang baru-baru ini dirilis, Indian-ish. “Ini sangat mudah dan kamu tidak perlu menggunakan panci,” ia menjelaskan, “Saya akan memasukkan biji-bijian saya ke dalam mangkuk kaca yang juga saya gunakan sebagai mangkuk penyimpanan, jadi saya tidak perlu memindahkan apa pun,” katanya. Untuk melakukannya sendiri, gabungkan biji-bijian dengan air (sesuai instruksi) dalam mangkuk kaca yang aman untuk microwave, tutup dengan bungkus plastik yang aman untuk microwave juga, dan masak selama 15 hingga 20 menit, periksa setiap lima menit.

  1. Membuat Hidangan Telur dengan Cepat

Pencarian singkat di Google akan menghasilkan banyak hidangan telur ala microwave, tetapi favorit Fang adalah hidangan puding telur Jepang yang disebut Chawanmushi. “Ini tidak hanya sehat, tetapi juga sangat mudah dibuat,” jelasnya. Untuk membuatnya, ia mengatakan kamu akan membutuhkan 2 telur, daun bawang, garam, air, minyak wijen, dan tamari (jika kamu tidak dapat menemukan tamari, kecap juga bisa digunakan). Kocok telur dengan 2 1/2 gelas air dan sedikit garam, tuangkan ke dalam mangkuk kecil yang aman microwave, tutup rapat dengan bungkus plastik, dan buatlah beberapa lubang untuk ventilasi. Masak semuanya dengan api besar selama tiga menit, lalu tambahkan dengan daun bawang, minyak wijen, dan tamari, lalu nikmati.

  1. Membuat Jus Lemon dengan Lebih Mudah

Jika kamu kesulitan memeras jus dari lemon, cobalah memasukkannya ke dalam microwave sebentar. Sharp mengatakan bahwa hanya dalam 15 detik, maka lemon akan mengeluarkan jus lebih mudah dan banyak, serta mengurangi beban kerjamu. “Masukkan saja lemon ke dalam microwave selama 15 detik untuk melembutkannya, lalu peraslah dengan menggunakan alat perasan,” katanya.

  1. Memasak Daging

Fang mengatakan bahwa microwave juga merupakan alat yang hebat untuk memasak daging asap, tanpa harus khawatir akan mendapatkan cipratan lemak di mana-mana. Untuk melakukannya, lapisi piring yang aman untuk microwave dengan tisu, taruh daging, dan tutup dengan tisu lain (ini akan menjaga lemak daging agar tidak mengotori seluruh microwave). Kemudian, masukkan dalam microwave selama 6 hingga 7 menit, biarkan dingin, dan nikmatilah.

  1. Menyiapkan Makanan Penutup dengan Cepat

“Hal favorit saya yang harus dilakukan dengan microwave adalah membuat kue dalam cangkir kopi,” kata DeCamp. “Kamu bisa memiliki makanan penutup yang sederhana, mudah, dan lezat kapan pun kamu mau tanpa memanaskan oven.” Kamu dapat menemukan beberapa resep cangkir microwave untuk membantumu mendapat kudapan yang enak dan praktis.

  1. ”Memanggang” Kentang

Krishna sangat menyarankan memanggang kentang menggunakan microwave. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memasukkan sedikit air dan kentang ke dalam mangkuk, lalu masukkan ke dalam microwave selama 5 menit di setiap sisinya, tidak perlu digosokkan dengan minyak zaitun, dan jelas tidak perlu menyalakan oven kamu.

  1. Membuat Quesadilla dengan Cepat

Ketika Fang membutuhkan sesuatu untuk dimakan, dia bersumpah atas Quesadillas ala microwave. Dia mengatakan bahwa yang harus kamu lakukan adalah “balut kalkun dan keju dengan tortilla, lalu lipat untuk hidangan praktis. Setelah itu masukkan ke dalan microwave selama 1 hingga 2 menit. ” Tentu saja, jangan ragu untuk menggunakan jenis isian apa pun yang kamu inginkan.

 

Diterjemahkan dari: SELF.com

%d blogger menyukai ini: