Kanker serviks merupakan suatu keganasan yang berada di rongga serviks atau di bagian serviks atau leher rahim. Kanker serviks ini disebabkan oleh Human Papillomavirus(HPV). Human Papillomavirusyang menyebabkan kanker serviks biasanya tipe 16 dan 18 serta ada juga yang merupakan tipe 51 (berbahya).

Kanker serviks ini menempati urutan kedua dengan penderita terbanyak setelah kanker payudara.Kebanyakan penderita kanker serviks ditemukan pada stadium lanjut. Hal ini terjadi karena saat masih stadium awal, kanker serviks umumnya tidak menimbulkan gejala apapun.

Gejala Kanker Serviks

Pada dasarnya penyebab kanker serviks ini dapat dideteksi. Karena kanker ini termasuk memiliki pertumbuhannya yang lambat. Disamping itu, bilamana seorang wanita telah aktif berhubungan seksual, hendaknya lakukanlah pemeriksaan setiap tahun agar dapat memantau kondisi organ kewanitaannya.Berikut ini adalah gejala awal kanker serviks yaitu:

  1. Keputihan yang berbau
  2. Berdarah saat melakukan hubungan suami isteri
  3. Pendarahan tanpa henti selama berbulan-bulan

Setiap wanita memang beresiko terkena kanker serviks. Apabila human papillomavirusmasuk kedalam bagian dari serviks, virus tersebut masuk kedalam bersifat local serta akan berdiam selama bertahun-tahun bahkan bisa sampai 10 tahun. Oleh karena itu, gejala kanker serviks selalu muncul 10 tahun setelah pertama kali terkena HPV.

Pencegahan Kanker Serviks

Kanker serviks seringkali menyerang perempuan usia produkif. Karenanya, vaksinasi Human Papilloma Virus(HPV) pada anak perempuan pra-remaja dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker serviks atau leher rahim sebagai upaya pencegahan terjadinya kanker serviks.

Cara pencegahan kanker serviks:

  1. Jangan melakukan hubungan seksual terlalu dini
  2. Lakukan screeningsecara rutin seperti pap smearataupun hybrid captureatau tes HPV DNA untuk melihat apakah telah terjadi infeksi virus HPV
  3. Melakukan vaksinasi sebagai pencegahan
  4. Jaga kebersihan vagina

Nah, mulai sekarang lakukanlah pola hidup sehat sebagai bagian dalam upaya mencegah penyakit kanker serviks. Tidak lupa, untuk membantu meringankan beban saudara kita yang telah terkena penyakit tersebut dengan melakukan penggalangan dana di http://pedulisehat.id

 

 

Summer Foot: Freepik

 

 

%d blogger menyukai ini: