Banyak orang yang beranggapan penyakit stroke hanya menimpa orang tua saja, padahal banyak juga usia muda yang bisa terkena serangan penyakit stroke. Stroke adalah salah satu penyakit di bagian saraf yang menyerang pembuluh darah di otak dan merupakan penyebab kecacatan nomer 1 di dunia. Penyakit stroke paling sering menyerang laki-laki dibanding perempuan.

Stroke adalah kondisi rusak atau terganggunya otak secara mendadak karena tersumbat atau pecahnya pembuluh darah di otak. Stroke bisa dikenali dengan adanya gangguan motorik, biasanya terjadi kelemahan pada lengan atau kaki, mulut mencong, gangguan bicara atau bisa juga disertai adanya sakit kepala terlebih dahulu.

Saat ini banyak orang yang terserang stroke di usia muda, hal ini dikarenakan adanya pola hidup tidak sehat seperti menggemari makanan yang mengandung lemak jenuh, terlalu banyak mengonsumsi gula, kurang istirahat dan olahraga, kebiasaan merokok, dan terlalu banyak menanggung stres. Karena stroke bisa berakibat fatal, bahkan bisa mengancam nyawa, ada baiknya kita lebih mewaspadai serangan stroke ini.

 

Pengobatan dan Pencegahan Stroke

Penyakit stroke dibagi kedalam 3, yaitu:

  1. Stroke iskemik

Penyakit stroke iskemik adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah yang menyuplai darah ke area otak terhalang oleh bekuan darah.

  1. Stroke hemoragik

Penyakit stroke hemoragik terjadi saat pembuluh darah di otak mengalami kebocoran atau pecah.

  1. Stroke ringan

Transient ischemic attack (TIA) atau sering disebut stroke ringan adalah kekurangan darah pada sistem saraf yang berlangsung singkat, biasanya kurang dari 24 jam atau bahkan hanya dalam beberapa menit.

Pengobatan stroke dapat dilakukan dengan terapi obat-obatan ataupun operasi, bergantung kepada kondisi pasiennya. Biasanya untuk pemulihan kondisi, pasien ini akan disarankan untuk menjalani fisioterapi.

Untuk pencegahan stroke ini, dokter menyarankan untuk:

  • Menerapkan pola makan yang sehat.
  • Berolahraga secara rutin.
  • Hindari merokok atau mengonsumsi minuman keras.

Mulai sekarang lakukanlah pola hidup sehat sebagai bagian dalam upaya mencegah penyakit stroke. Tidak lupa, untuk membantu meringankan beban saudara kita yang telah terkena penyakit tersebut dengan melakukan penggalangan dana di http://pedulisehat.id

 

Sumber Foto: Freepik

%d blogger menyukai ini: