Yuk, Ajari Anak Gemar Makan Sayur & Buah

Scroll down to content

Orang tua selalu khawatir bila anak tidak doyan makan. Terlebih lagi banyak anak yang tidak terlalu gemar makan sayur ataupun buah. Padahal buah dan sayur adalah bagian penting dari pola makan sehat dan ideal. Buah dan sayur ini memliki kandungan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita, terutama pada anak-anak sangat diperlukan bagi tumbuh kembang anak.

Banyak tantangan yang harus dihadapi orangtua untuk membujuk anak mau makan buah dan sayur.  Mengubah anak susah makan sayur dan buah agar bisa menyukai makanan sehat tersebut adalah dengan orang tua turut serta mengonsumsi sayur dan buah sehingga tumbuh kebiasaan pada anak untuk mengonsumsi sayur atau buah-buahan.

Untuk pemenuhan asupan sayur dan buah pada anak setiap harinya adalah 50 persen buah dan sayur, 25 persen karbohidrat dan 25 persen protein. Oleh karenanya, usia anak balita dan anak sekolah wajib mengonsumsi sayur dan buah-buahan dengan jumlah total 300-400 gram perharinya.

 

Tips Agar Anak Gemar Makan Sayur dan Buah

  1. Selalu menyajikan setiap hari buah dan sayuran. Khusus untuk buah taruhlah ditempat yang mudah dijangkau oleh anak-anak.
  2. Sering mengonsumsi salad buah atau lalapan sayur.
  3. Biasakan mengonsumsi satu sayuran berdaun hijau dan kuning setiap harinya.
  4. Biasakan setiap hari makan buah sekurangnya 1 buah yang kaya vitamin C setiap harinya.
  5. Jadikan kebiasaan buah dan sayur sebagai snack si kecil. Misalnya puding buah, bola-bola bayam dsb.
  6. Orang tua harus terlibat memberi contoh untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya.

 

Sumber Foto: Freepik

%d blogger menyukai ini: