Gaya Hidup Sehat Hindari Gangguan Pencernaan

Gaya Hidup Sehat Hindari Gangguan Pencernaan

Gangguan penceranaan bisa terjadi oleh siapa saja. Gangguan pencernaan atau juga dikenal sebagai dispepsia, adalah kondisi yang ditandai dengan sensasi panas di area perut dan bawah tulang dada. Biasanya gejala penyakit yang menyerang lambung ini yaitu perut perih, mual/muntah, selera makan turun, lemas, pusing, sesak dan keringat dingin. Namun disamping itu adapula gejala BAB berdarah, muntah darah dan nyeri dada terbakar.

Gangguan pencernaan ini bisa menjadi pertanda adanya penyakit lain seperti penyakit gastroesophageal reflux (GERD), maag, atau penyakit kandung empedu.Bila gangguan pencernaan ini cukup parah maka dapat menyebabkan masalah permanen dengan sistem pencernaan Anda seperti jaringan parut esofagus atau bagian perut Anda.

Sebenarnya, kita dapat mengetahui gangguan pencernaan itu karena dimulai dari kebiasaan makan tidak sehat diantaranya:

  1. Kebiasaan mengosumsi makanan yang berlemak dan berkolesterol tinggi
  2. Kebiasan makan makanan yang banyak mengandung zat-zat kimia tambahan seperti zat pewarna, penyedap rasa, penyedap bau dll
  3. Kebiasaan minum ber alcohol
  4. Pola makan yang tidak teratur

Untuk itu penting bagi kita menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat. Gaya hidup sehat seperti apa supaya terhindar dari masalah gangguan pencernaan ini:

  1. Konsumsi makanan yang berserat tinggi
  2. Hindari makanan yang mengiritasi lambung seperti pedas, asam, alcohol, kafein, rokok dan aspirin
  3. Makan sedikit-sedikit tapi sering
  4. Biasakan untuk BAB secara teratur

 

Sumber Foto: Freepik

%d blogger menyukai ini: