Organ jantung merupakan salah satu organ yang sangat vital pada tubuh manusia. Jantung ini memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Karenanya, menjaga kesehatan jantung diperlukan agar terhindar dari risiko penyakit jantung. Kita pun perlu mengenali tanda dan gejala serangan jantung sejak dini.

Struktur jantung ini bisa mengalami kelainan atau penyakit. Oleh karena itu dapat dibedakan penyakit jantung yang terjadi sejak lahir (kongenital), kelainan pembentukan jantung serta penyakit jantung yang didapat karena penyakit jantung koroner.

Ada beberapa penyakit jantung yang perlu kita waspadai. Beberapa jenis penyakit jantung tersebut diantaranya adalah:

  • Penyakit Jantung Bawaan (PJB)

Penyakit Jantung Bawaan ini disebabkan adanya kelainan pembentukan jantung saat masih janin dalam kandungan ibu. Penyakit jantung bawaan ini bisa berupa cacat pada sekat jantung, adanya pembuluh darah yang tidak menutup, posisi pembuluh darah tertukar, atau kombinasi berbagai kelainan. Penyakit Jantung Bawaan dibagi dalam dua kategori yaitu anak tidak tampak biru (PJB non sianosis) dan anak dapat tampak biru (PJB sianosis).

  • Penyakit katup jantung

Penyakit Katup Jantung dikarenakan adanya penyempitan atau pelebaran diameter katup. Gejala yang timbul biasanya sesak saat aktivitas. Penyakit katup jantung yang paling sering terjadi adalah stenosis mitral dan stenosis aorta.

  • Penyakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung Koroner terjadi karena adanya penyempitan arteri koroner akibat aterosklerosis. Penyakit jantung koroner ini dapat menimbulkan serangan jantung dan menyebabkan kematian mendadak.

Yuk, mulai aware terhadap kondisi kesehatan tubuh kita, sehingga kita bisa mencegah beragam penyakit terutama penyakit jantung. Tidak lupa, untuk membantu meringankan beban saudara kita yang telah terkena penyakit tersebut dengan melakukan penggalangan dana di http://Pedulisehat.id

 

Sumber Foto: Freepik

%d blogger menyukai ini: